Life & health

Bukan Mistis! Ini 4 Manfaat Utama dari Mandi Kembang

By : Her World Indonesia - 2023-07-06 15:00:01 Bukan Mistis! Ini 4 Manfaat Utama dari Mandi Kembang

Mandi kembang seringkali diasosiasikan dengan ritual mistis di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini mungkin memang betul bagi kalian yang percaya, tetapi diluar kemistisannya masih jarang diketahui bahwa mandi kembang sebenarnya juga memiliki khasiat yang nyata bagi kesehatan dan perawatan tubuh. Manfaat dari mandi kembang akan sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.


Secara gamblang, aroma bunga jika dihirup pada saat mandi akan membuat pikiran tenang dan terasa damai. Ditambah lagi, mandi kembang juga bisa membuat kulit lebih bersih, terlindung dari radikal bebas, dan masih banyak lagi. Penasaran apa saja manfaat mandi kembang? Yuk!, simak pembahasannya berikut ini.


(Baca Juga: Tak Mudah Sakit, Ini 6 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari)


1. Meredakan stres

Dewasa ini, stres hingga depresi sangat erat dengan kehidupan anak muda Indonesia terutama pada masa-masa quarter-life crisis. Mandi kembang bisa menjadi salah satu pilihan sederhana untuk kalian mengatasi stres. Aroma bunga memiliki kemampuan sedatif alami yang dapat mengurangi rasa cemas dan gelisah. Kalian bisa coba mandi dengan bunga melati dan lavender untuk mengurangi kecemasan bahkan meningkatkan mood agar stres pada dirimu hilang.


2. Mengatasi jerawat

Penyebab utama jerawat adalah bakteri jenis Propionibacterium acnes. Mandi kembang dengan kelopak bunga mawar dapat membantu membunuh bakteri ini karena kelopak bunga mawar memiliki kandungan anti-bakteri dan antiseptik alami yang ampuh. Selain kelopak bunga mawar, bunga calendula juga bisa menjadi alternatif yang efektif karena bunga ini juga terbukti memiliki kemampuan anti-inflamasi, anti-bakteri hingga anti-jamur,


3. Kulit halus dan sehat

Kelopak bunga mawar memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit secara efektif sehingga dapat membantu kulit kering agar tidak sampai pecah-pecah. Jika ditambahkan bunga matahari dalam mandi kembang kalian maka khasiatnya akan jadi lebih luas dan efisien lagi. Bunga matahari dapat membuat kemampuan regeneratif kulit meningkat sehingga jika kalian memiliki kulit rusak akan menjadi cepat pulih dan terjaga kesehatannya.



(Mandi kembang dapat menyehatkan kulit. Foto: Dok. Tatiana Castrillon/Pexels)

4. Melindungi dari sinar matahari

Sebagian besar bunga yang dipakai dalam mandi kembang pasti mengandung zat antioksidan seperti vitamin C. Hal ini menyebabkan kulit lebih mudah terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C sendiri dapat melindungi kulit dari peradangan akibat paparan UV sehingga bisa menjadi sunscreen alami yang bebas efek samping. Ditambah lagi, vitamin C akan menunjang regenerasi kolagen pada kulit yang dapat membuat kulit lebih elastis dan kuat.


(Baca Juga: 6 Cara Menggunakan Masker Wajah untuk Hasil Maksimal)


Berikut empat manfaat utama dari mandi kembang yang telah dirangkum oleh Her World. Sangat menarik bukan? Hanya dengan aktivitas sederhana dan mudah kalian bisa mendapatkan begitu banyak kebaikan. Jadi jangan ragu untuk menambahkan mandi kembang pada rutinitas harian kalian dan tidak perlu memikirkan tentang kemistisannya, ya!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Life & health