Life & health

4 Manfaat Penting dari Mengkonsumsi Brokoli Putih

By : Her World Indonesia - 2023-07-12 13:00:01 4 Manfaat Penting dari Mengkonsumsi Brokoli Putih

Brokoli putih atau kembang kol adalah salah satu sayuran yang lezat, mudah untuk dijadikan berbagai masakan, dan pastinya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Meski mirip dengan brokoli, tapi sebenarnya brokoli putih memiliki rasa dan kandungan berbeda dengan brokoli. Meski sayuran ini berwarna pucat, bukan berarti memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih sedikit dibanding sayuran hijau. Brokoli putih memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa menyehatkan badan dengan efektif. 


Brokoli putih sangat serbaguna untuk diolah menjadi makanan sehari-hari. Dapat menjadi alternatif nasi putih, dijadikan bahan sup, ditumis, hingga disajikan sebagai steak. Sayuran ini juga mudah untuk ditambahkan ke dalam menu diet kamu. Bisa dinikmati secara mentah, dikukus, dijadikan puree, dihaluskan, diparut hingga dipanggang. Jadi, ingin tahu apa saja manfaat brokoli putih? Yuk, simak pembahasannya!


(Baca Juga: Turun Berat Badan, Ini 6 Sayuran Yang Baik Untuk Diet Cepat)


1. Mengurangi risiko kanker

Layaknya brokoli hijau dan kubis, kandungan sulforaphane pada brokoli putih memiliki sejumlah manfaat kesehatan termasuk mengurangi risiko kanker. Sulforaphane memiliki kemampuan untuk menghambat tumbuhnya sel kanker dengan berbagai cara, salah satunya dengan melindungi sel dari kerusakan DNA serta menonaktifkan karsinogen (zat penyebab kanker).


2. Menjaga kesehatan usus

Kaya akan sulfur, brokoli putih dapat mendukung kesehatan usus dan sebagai hasilnya meningkatkan pertahanan Anda terhadap infeksi. Hal Ini karena sulfur mendukung produksi glutathione yang penting untuk menjaga keutuhan lapisan usus serta mendukung regenerasinya. Sebagai antioksidan kuat, glutathione bekerja di seluruh tubuh untuk melindungi sel dari kerusakan inflamasi.



(Brokoli putih dijadikan bahan panggangan. Foto: Dok. karolina grabowska/pexels)


3. Menjaga kesehatan otak

Brokoli putih adalah sumber kolin, nutrisi penting yang kita butuhkan untuk membantu menjaga mood dan daya ingat. Ditambah, kolin adalah salah satu bahan utama penyusun asetilkolin, yaitu zat kimiawi yang berfungsi dalam menghantarkan pesan dan pensinyalan pada sistem saraf pusat sehingga asupan ini memiliki peran penting dalam perkembangan otak.


(Baca Juga: Manfaat Daun Mint Sebagai Solusi Berbagai Permasalahan)


4. Menjaga keseimbangan hormon

Sayur brokoli putih mengandung indole-3-carbinol (I3C) yang berperan sebagai hormon estrogen pada tanaman. Jika dikonsumsi oleh manusia maka zat ini dapat membantu menyeimbangkan hormon dengan mengatur kadar estrogen pada tubuh. Menurut banyak penelitian, I3C juga bisa mengurangi risiko kanker payudara dan reproduksi baik pada wanita atau pria.


Berikut empat manfaat brokoli putih yang telah dirangkum oleh Her World. Dapat disimpulkan bahwa sayuran yang satu ini selain memiliki rasa yang enak dan mudah diolah, juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita sehingga sangat bermanfaat untuk mengkonsumsinya secara rutin. Jadi jangan ragu untuk menjadikan brokoli putih sebagai pilihan menu sayuran kalian, ya!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)




Life & health