Hair & beauty

Hambat Penuaan dengan 6 Manfaat Vitamin D untuk Wajah

By : Her World Indonesia - 2023-07-20 17:00:01 Hambat Penuaan dengan 6 Manfaat Vitamin D untuk Wajah

Banyak vitamin yang sangat penting bagi kesehatan kulit wajah dan salah satunya adalah vitamin D. Ada beberapa manfaat vitamin D untuk kulit seperti, melindungi kulit, menyembuhkan luka seperti bekas jerawat, sampai mencegah kanker kulit. Selain itu, kulit juga merupakan cadangan alami untuk dapat memproduksi vitamin D dari sinar matahari.


Kamu dapat memperoleh vitamin D dengan mengonsumsi makanan atau suplemen dan produk skincare. Untuk mengetahui lebih detailnya mengenai beberapa manfaat Vitamin D untuk wajah, yuk simak lebih dalam!


1. Melindungi Kesehatan Kulit


Manfaat vitamin D untuk wajah yang pertama adalah untuk melindungi kulit dari berbagai penyakit. Berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari dapat membantu pembentukan skin barrier. Vitamin D juga memiliki peran sebagai steroid untuk menjaga fungsi sel dan melindungi kulit dari kanker.


2. Sebagai Anti Peradangan


Selanjutnya, manfaat vitamin D untuk wajah yaitu memiliki efek sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang berguna untuk kulit wajah. Biasanya dalam perawatan kecantikan, vitamin D dapat ditemukan di produk yang berbentuk krim untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti psoriasis atau pun eksim.


3. Mengobati Jerawat


(Vitamin D untuk mengobati Jerawat yang meradang. Foto: Dok. Anna Nekrashevich/Pexels)

Khasiat vitamin D sebagai anti inflamasi untuk menenangkan jerawat yang terlihat meradang. Dengan mengonsumsi makanan yang memiliki vitamin D juga dapat mengobati luka yang timbul pada jerawat. Manfaat vitamin D untuk wajah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh yang memiliki kaitannya dengan pertumbuhan jerawat pada kulit wajah.


4. Menurunkan Dampak Polutan pada Kulit


Lingkungan sekitar kita penuh dengan polusi yang dapat merusak kulit dan meningkatkan penuaan. Oleh karena itu, manfaat vitamin D untuk wajah dapat mencegah dan melawan berbagai polutan dari lingkungan yang berefek negatif pada kulit. Lebih dari itu, sifat vitamin D yang memiliki kemampuan menjaga imun tubuh manusia masih berkaitan dalam menurunkan dampak polutan pada kulit.


(Baca Juga: 6 Manfaat Aloe Vera untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit!)


5. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV


Sinar UV dapat merusak kulit atau disebut juga photo damage. Ada pula beberapa dampak negatif lainnya dari sinar UV seperti merusak sel pada kulit, penuaan, merusak DNA, dan memicu kanker kulit. Karena itu, vitamin D bermanfaat untuk memberikan kekuatan sel pada kulit karena memiliki peran sebagai fotoprotektif.


6. Mengatasi Kulit Gatal


Lagi-lagi vitamin D yang memiliki peran sebagai antimikroba dapat mengatasi dan melawan bakteri atau pun virus. Jika vitamin D pada tubuh memiliki kadar yang rendah, pertahanan tubuh dapat mudah terganggu dan membuat kulit menjadi gatal-gatal. Banyak studi yang menemukan bahwa orang yang menderita penyakit kulit eksim dan ruam-ruam, memiliki kadar vitamin D yang rendah pada tubuh.


Sekarang kamu sudah mengetahui kan apa saja manfaat vitamin D untuk wajah? Nah, untuk memperoleh vitamin D, kamu bisa mengonsumsinya melalui suplemen atau menggunakan skincare pada wajah. Akan tetapi, ada perbedaannya lho! Her World kasih tau aja langsung nih, biar kamu lebih paham.


 (Vitamin D dalam bentuk suplemen yang biasa dikonsumsi. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)


Ternyata, kamu perlu mengonsumsi vitamin D dan memakai skincare vitamin D. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Seorang dokter bernama Dr. Marko Lens mengatakan kepada Refinery29 bahwa vitamin D yang dikonsumsi seperti suplemen memiliki manfaat bagi tubuh agar tulang dan kulit lebih sehat. Sedangkan, memakai skincare yang mengandung vitamin D pada kulit, kandungannya terdapat anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba yang memiliki manfaat untuk wajah. Selain itu, untuk mencegah kekurangan vitamin D pada kulit, kita bisa juga berjemur di bawah sinar matahari langsung selama 15-20 menit di pagi hari. 


(Baca Juga: Cerahkan Wajah dengan Serum Vitamin C Terbaru INNISFREE)


Itulah beberapa manfaat vitamin D untuk wajah dan cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh vitamin D! Jangan sampai kamu kekurangan vitamin D karena vitamin D ternyata salah satu vitamin yang sangat penting bagi kesehatan kulit dan banyak sekali manfaat vitamin D untuk wajah kamu!



(Penulis: Larasati Emiri)


Hair & beauty