Hair & beauty

6 Manfaat Aloe Vera untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit!

By : Her World Indonesia - 2023-07-04 18:00:01 6 Manfaat Aloe Vera untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit!

Sudah sejak lama, lidah buaya atau aloe vera dikenal memiliki segudang manfaat untuk kulit. Mulai dari melembapkan kulit, menenangkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, hingga berfungsi sebagai anti-aging. Manfaat aloe vera untuk wajah tidak terlepas dari kandungan di dalamnya yang terdiri dari vitamin E, vitamin C, vitamin A, vitamin B12, dan antioksidan. 

Lebih lanjut, berikut ini manfaat aloe vera untuk wajah dan cara menggunakannya yang perlu kamu ketahui. 


1. Melembapkan wajah


Lidah buaya terkenal baik dalam memberi kelembapan pada kulit. Itulah mengapa, aloe vera diyakini dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kering pada wajah. Kulit kering adalah masalah yang sering terjadi ketika lapisan kulit paling atas tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, hingga pecah-pecah.


Penyebab kulit kering bisa bermacam-macam, ini termasuk radikal bebas, paparan sinar matahari, hingga pola hidup tidak sehat. Aloe vera diperkaya akan kandungan vitamin C, A, E, dan antioksidan yang semuanya bisa berfungsi sebagai pelembap alami kulit. Kamu hanya perlu mengoleskan produk gel lidah buaya secara merata pada wajah, lalu biarkan meresap selama beberapa menit. Jika kamu menggunakan gel lidah buaya alami, setelah dioleskan ke wajah dan didiamkan selama beberapa menit, bilas wajah sampai bersih. 


2. Mengatasi sunburn


(Manfaat aloe vera untuk wajah. Photo by Freepik)


Sebagaimana diketahui, paparan sinar matahari langsung bisa berbahaya untuk kulit. Salah satunya, itu bisa menyebabkan kulit terbakar atau sunburn yang ditandai dengan munculnya kemerahan dan rasa perih. Plus, lidah buaya mampu membantu menenangkan kulit yang sunburn

Gel lidah buaya dapat memberikan cooling pada kulit kamu yang terasa perih dan kemerahan. Kamu hanya cukup mengoleskannya gel lidah buaya pada wajah atau area kulit yang mengalami sunburn, lalu diamkan sampai meresap. Lakukan cara ini sampai kulit sunburn kamu sembuh. 


3. Meratakan dan mencerahkan kulit


Lidah buaya juga mampu membantu meratakan warna kulit yang tidak merata dan membuat kulit tampak lebih cerah. Sertamembantu menyamarkan noda hitam pada wajah. Ini berkat kandungan zat aloin dalam lidah buaya yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin dan meningkatkan proses regenerasi kulit. Seperti yang kamu ketahui, melanin bisa mengakibatkan kulit menggelap—menyebabkan warna kulit tidak merata. 


4. Mencegah penuaan dini


(Manfaat aloe vera untuk wajah. Foto: Dok. Cookie_Studio/Freepik)


Penuaan dini bisanya ditandai dengan munculnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Gel aloe vera memiliki kandungan vitamin E, vitamin C, dan beta karoten yang dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Gel ini juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen untuk mencegah munculnya garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan lainnya, sehingga kulit kamu tampak lebih kencang dan sehat. 


5. Mempercepat penyembuhan luka


Aloe vera diketahui juga mengandung antioksidan dan kalsium yang baik untuk mempercepat pembelahan sel keratinosit dan menguatkan jaringan kulit, sehingga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit kamu. Kamu bisa mengoleskan gel aloe vera pada wajah atau area kulit yang terluka untuk membantu mempercepat penyembuhannya. 


6. Mencegah jerawat


Satu lagi manfaat aloe vera untuk wajah yakni dapat membantu mencegah munculnya jerawat. Sifat anti-mikroba dan antiseptik di dalam aloe vera diyakini dapat membantu mencegah munculnya jerawat dan melindungi kulit kamu dari bakteri penyebab jerawat. 


(Baca Juga: 7 Manfaat Totok Wajah Ini Bisa Bikin Kamu Ingin Mencoba)


Bagaimana cara mendapatkan manfaat dari aloe vera?


Ada beberapa cara menggunakan aloe vera untuk wajah agar bisa mendapatkan manfaatnya, antara lain: 


1. Oleskan langsung pada wajah


Cara paling gampang menggunakan aloe vera untuk wajah agar memperoleh manfaatnya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya langsung pada kulit wajah. Namun, sebelum mengoleskan gel lidah buaya, selalu pastikan wajah benar-benar bersih dan kering. Jika kamu mengoleskan gel lidah buaya alami langsung pada wajah, setelah didiamkan selama beberapa menit, bilas dan bersihkan wajah sampai bersih. 


2. Gunakan masker dengan kandungan aloe vera


Selain menggunakan gel lidah buaya, kamu juga bisa menggunakan masker dengan kandungan aloe vera di dalamnya. Ada banyak produk masker dengan kandungan aloe vera yang bisa kamu beli, biasanya dalam bentuk sheet mask yang lebih praktis. Gunakan sheet mask aloe vera pada wajah sesuai dengan petunjuk penggunaan. Itu dapat membantu melembapkan kulit, mencerahkan kulit, dan membuat kulit lebih glowing



(Baca Juga: Kuku Mudah Patah? Ada 6 Cara Untuk Merawat dan Mengatasinya)


Nah, itulah beberapa manfaat aloe vera untuk wajah dan cara menggunakannya yang perlu kamu ketahui. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. 




(Penulis: Calvin)


Hair & beauty