Food & travel

8 Korean Food di Indonesia yang Wajib Dicicipi

By : Her World Indonesia - 2023-07-18 19:00:01 8 Korean Food di Indonesia yang Wajib Dicicipi

Semua hal yang berhubungan dengan budaya Korea Selatan lagi ngetren banget nih! Contohnya seperti Kpop, drama Korea, sampai makanan khasnya. Saking populernya, sudah banyak industri food and beverages yang memulai berbisnis Korean food. Beberapa Korean food di Indonesia yang paling ngetren yaitu Tteokbokki, Odeng, Ramyeon, Jjangmyeon, Kimchi, dan Korean Fried Chicken dan lainnya.


Kalau kamu penasaran dengan Korean food di Indonesia yang lagi populer ini, Her World udah merangkum buat kamu agar lebih terbayang sebelum mencoba makanannya. Without further ado, langsung aja simak lebih lanjut!

1. Tteokbokki


Tteokbokki atau disebut juga topokki merupakan makanan tradisional khas Korea yang sudah populer di seluruh dunia. Korean food yang satu ini ternyata berbentuk kue beras bertekstur kenyal disajikan dengan kuah kental yang pedas dari Gochujang, saus khas Korea. Selain itu, Tteokbokki di Korea biasanya banyak dijual dipinggir seperti pedagang kaki lima. Tidak hanya itu, Tteokbokki juga dijual dalam bentuk kemasan seperti halnya mie instan yang dapat dibeli di supermarket.


2. Odeng


Korean food di Indonesia lainnya yang wajib dicicipi yaitu Odeng atau fishcake. Bentuk dari Odeng ini seperti sate karena ditusuk dengan tusukan yang biasa digunakan dengan sate. Bahan dasar utama dari odeng adalah ikan yang telah diolah dan direbus dan kemudian ditusuk dengan tusukan sate. Sama seperti Tteokbokki, Odeng juga sering dijual oleh pedagang kaki lima di Korea. Banyak juga restoran-restoran sampai minimarket di Indonesia yang menjual Odeng akibat dari ngetrennya budaya Korea.


3. Ramyeon


Ramyeon juga merupakan Korean food di Indonesia yang bisa dibilang sangatlah populer karena makanan ini dikemas mie instan pada umumnya. Ramyeon adalah mie ala Korea yang berbentuk curly noodles yang direbus. Seperti kebanyakan makanan Korea, Ramyeon disajikan dengan kuah pedas yang tajam dari Kimchi. Biasanya Ramyeon dilengkapi dengan sayur-sayuran dan topping lainnya bisa seperti telur rebus dan lainnya.


(Baca juga: 5 Resep Mudah Bikin Kreasi Roti Pisang Ala Rumahan)


4. Jjangmyeon 


Salah satu mie asal Korea yang unik adalah Jjangmyeon karena mie ini dihidangkan dengan sausnya yang terbuat dari kacang hitam sehingga memberikan warna hitam yang cukup pekat. Saus kacang hitam ini biasanya dilengkapi dengan daging pilihan dan sayur-sayuran. Jjangmyeon juga Korean food di Indonesia yang banyak diminati karena cita rasanya yang manis dan gurih sehingga pas untuk lidah orang Indonesia.

5. Bibimbap



(Bibimbap salah satu Korean food yang populer di Indonesia. Foto: Dok. baris_belly/Instagram)


Hidangan khas Korea yang satu ini namanya Bibimbap yang sangat mendunia juga. Bibimbap adalah Korean food di Indonesia yang disukai banyak orang karena dihidangkan dengan nasi putih sehingga mengenyangkan.


Selebihnya, Bibimbap terdiri dari sayuran-sayuran dan telur yang kemudian dicampurkan dengan saus pedas gochujang atau saus-saus khas Korea lainnya. Banyak orang yang suka memodifikasi Bibimbap dengan mencampurkannya dengan topping seperti lelehan keju.

6. Kimbap


Kemudian, ada juga hidangan Korea yang mirip sushi yaitu kimbap dan merupakan Korean food di Indonesia yang ngetren juga. Bedanya dari Sushi Jepang, nasi kimbap dicampurkan dengan minyak wijen bukan dengan cuka beras. Selain itu, kimbap berisikan sayur-sayuran seperti wortel dan lobak yang dilengkapi dengan protein seperti telur dan daging sapi.


7. Kimchi

Kimchi merupakan hidangan tradisional khas Korea yang terkenal menyehatkan. Makanan ini terbuat dari campuran sayuran, bawang putih, cabai, jahe, dll. Kemudian campuran ini difermentasi dan setelah itu menghasilkan rasa yang asam. Lalu, Lebih dari itu, Kimchi merupakan Korean food di Indonesia yang cukup populer karena rasa pedasnya yang digemari banyak orang.


(Baca juga: 6 Rekomendasi Ramen Halal di Jakarta Untuk Buka Puasa)

8. Yangnyeom Chicken

Ada lagi Korean food di Indonesia yang banyak digemari yaitu Yangnyeom Chicken atau Korean Fried Chicken. Hidangan ini cukup versatile karena bahan utamanya ini adalah ayam goreng tanpa lunak yang banyak disukai banyak orang. Ayam goreng ini dicampurkan dan dilapisi dengan saus kental dengan cita rasa yang pedas manis. Beberapa industri food & beverages yang menjual makanan Korea di Indonesia juga menghidangkan menu Yangnyeom Chicken ini.

Itulah Korean food di Indonesia yang kamu wajib cicipi! Menarik banget kan hidangan-hidangan Korea ini? Sekarang kamu langsung cari aja restoran-restoran dengan makanan khas Korea terdekat agar kamu ga penasaran lagi! Selamat mencoba!



(Penulis: Larasati Emiri)


Food & travel