Fashion

Jane Birkin yang Menginspirasi Dunia Fashion Meninggal Dunia

By : Her World Indonesia - 2023-07-17 19:00:01 Jane Birkin yang Menginspirasi Dunia Fashion Meninggal Dunia

Jane Birkin terkenal dengan brand yang menginspirasi dunia fashion yaitu Hermes Birkin yang sangat populer. Tidak hanya itu, Jane juga merupakan seorang aktris sekaligus juga penyanyi yang terlahir dikeluarga Inggris-Prancis. Namun, tepat pada tanggal 16 Juli 2023 kemarin, Jane Birkin meninggal dunia pada usia ke-76 tahun.

Berawal dari seorang penyanyi


Jane Birkin lahir di London tetapi terkenal pertama kali sebagai penyanyi di Prancis yang kemudian berpindah lokasi ke Prancis setelahnya. Jane berduet dengan Gainsbourg dan membuat sang penyanyi terkenal di seluruh dunia dengan lagunya, “Je t'aime... moi non plus." Oleh karena itu, Emmanuel Macron, presiden Prancis, menyebut Jane sebagai seorang “French Icon” yang melampaui satu generasi ke generasi lainnya.

(Jane Birkin dan perannya sebagai fashion icon. Foto: Dok. herworldindonesia/Instagram)

Jane Birkin dan Dunia Fashion

Selain menjadi penyanyi, Jane Birkin juga menitis karirnya sebagai seorang model dan datang menjadi fashion trendsetter yang dikenal secara internasional karena Birkin handbag-nya. Kemudian, brand mewah Hermes asal Prancis memproduksi tas tersebut yang dipopulerkan oleh Jane Birkin.


Sebelumnya, Jane Birkin sedang di penerbangan Air France dan tidak sengaja menjatuhkan tasnya di depan CEO dari brand Hermes. Menurut situs web Hermes, tas dengan style Birkin terlahir karena kurangnya tas yang besar dan cukup luas di pasaran, terutama untuk para ibu. Salah satu tas eksklusifnya berkisar seharga lebih dari sepuluh juta dollar Amerika Serikat dan memerlukan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk mendapatkannya. Sebuah gaya dari tas Birkin tersebut menjadi sangat populer di dunia fashion. Selain itu, banyak juga yang membuat imitasi atau peniruan akan tas tersebut pada tahun 2006. 


(Baca Juga: Tren Warna Baju Yang Akan Cocok Dikenakan di Tahun 2023)


Kelanjutan Karir Jane Birkin Sebagai Penyanyi Sekaligus Aktris

Birkin memainkan beberapa film yang berjudul Blow Up (1966), Death on the Nile (1978) and Evil Under the Sun (1982). Ia juga merilis albumnya yang ditulis sendiri yang berjudul Arabesque. Ada pula beberapa koleksi rekaman langsungnya di tahun 2009 dengan judul Jane at the Palace.


(Baca Juga: Intip Busana ala Selena Gomez yang Bisa Jadikan Inspirasimu)


Namun, pada tahun 1990an akhir, Jane didiagnosa dengan penyakit Leukemia dan pada bulan September 2021, sang penyanyi terkena serangan stroke. Itu dia sosok ikonis seorang Jane Birkin yang menjadi inspirasi banyak orang. 


(Penulis: Larasati Emiri)

Fashion