Hair & beauty

4 Bahan Makanan untuk Bantu Mengatasi Rambut Rontok

By : Her World Indonesia - 2023-07-03 19:00:01 4 Bahan Makanan untuk Bantu Mengatasi Rambut Rontok

Memiliki rambut yang bebas dari masalah kerontokan tentunya merupakan idaman semua orang baik pria maupun wanita. Untuk meraihnya, melakukan perawatan rambut yang tepat akan sangat membantu. Namun, agak sering dilupakan bahwa merawat rambut yang tepat tidak hanya dari luar saja, tetapi Kamu juga harus melakukan perawatan dari dalam. 


Salah satu cara paling mudah untuk merawat rambut dari dalam adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan membuat akar rambut kuat. Dengan begitu, rambut akan semakin terjaga dan terlindungi dari risiko kerontokan. Apa saja makanan yang dapat menjaga rambut kalian dari kerontokan? Apakah rumit dan sulit dicari? Tentu tidak! Inilah daftarnya, disimak baik-baik, ya!


(Baca Juga: 6 Rekomendasi Produk Hair Oil Terbaik Untuk Rambut Rontok)


1. Telur


(Telur merupakan sumber nutrisi. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


Siapa yang tidak kenal telur? Bahan makanan satu ini sangat mudah didapatkan dan sudah dikenal secara umum sebagai salah satu sumber nutrisi terbaik untuk tubuh. Telur, mengandung banyak nutrisi penting yang terbukti bermanfaat untuk mencegah rambut rontok seperti: protein, zat besi, asam lemak omega 6, dan zinc. Rutin mengkonsumsi telur akan membuat rambutmu menjadi lebih bernutrisi dan terhindar dari kerontokkan berlebih


2. Salmon


(Omega 3 pada salmon membantu rambut rontok. Foto: Dok. Ehioma Osih/Pexels)


Selain terkenal lezat, daging ikan salmon juga terkenal akan kandungan omega 3 yang melimpah. Kandungan omega 3 ini dapat menguatkan akar dan helai rambut supaya tidak mudah mengalami kerontokan. Ditambah lagi, daging salmon yang memiliki banyak lemak ikan juga akan menyehatkan dan melembabkan kulit kepala. Rutin makan salmon setidaknya satu minggu sekali bisa membantu mengatasi permasalahan rambut rontok.


3. Almond


(Almond membantu mengatasi rambut rontok. Foto: Dok. Subash C/Pexels)

Kacang almond punya kandungan lemak sehat dan protein yang baik untuk rambut. Almond juga kaya akan kandungan vitamin E dan biotin yang mampu menguatkan akar rambut dan menutrisi kulit kepala. Kacang almond sendiri relatif mudah ditemukan di pasaran sebagai camilan sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi almond jika kalian ingin terbantu dari kerontokkan rambut.


4. Sayur bayam


(Bayam kaya akan zat besi. Foto: Dok. Jacqueline Howell/Pexels)

Hampir semua sayuran hijau sehat untuk dikonsumsi dan memiliki segudang kandungan gizi yang bermanfaat untuk membantu mencegah dan mengurangi rambut rontok. Namun sayur bayam lebih istimewa lagi karena bayam kaya akan zat besi yang penting untuk melancarkan sirkulasi darah yang akan meningkatkan kemampuan regeneratif rambut. Rutin mengkonsumsi bayam memaksimalkan peredaran darah ke akar rambut sehingga mencegah terjadinya kerontokan rambut.


(Baca Juga: Mau Rambut Keritingmu Sehat? Ikut 7 Tips & Trik Ini!)


Berikut beberapa bahan makanan rekomendasi Her World yang akan sangat bermanfaat bagi kalian dengan permasalahan rambut rontok. Semuanya harus dikonsumsi secara rutin dan disipilin jika ingin mendapatkan hasil maksimal. Ditambah juga perawatan dari luar seperti menggunakan sampo anti rambut rontok yang tepat.



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Hair & beauty