Sex & relationship

4 Cara Jitu Menghadapi Pasangan Yang Selingkuh

By : Vanessa Masli - 2023-07-10 18:00:01 4 Cara Jitu Menghadapi Pasangan Yang Selingkuh

Entah dalam cerita serial yang bikin kesal hati atau justru terjadi dalam sebuah hubungan di dunia nyata, perselingkuhan menjadi salah satu isu yang kerap hinggap dalam hubungan, entah pacaran maupun sudah menikah. Tentu saat kamu mengetahui kalau pasanganmu selingkuh, perasaan kecewa dan keinginan untuk mengonfrontasi pasti ada dalam hati.


Nah, di bawah ini ada beberapa cara jitu yang Her World sudah rangkum buat kamu dalam menghadapi pasangan yang selingkuh. Penasaran apa saja caranya? Simak terus sampai akhir ya!


1. Kumpulkan bukti sebanyak dan sekonkrit mungkin


Kalau kamu sudah mulai melihat tanda-tanda kalau dia selingkuh, menghadapi atau mengonfrontasinya enggak bisa dengan tangan kosong. Penting untuk mengumpulkan bukti sebanyak dan sekonkrit mungkin sebelum kamu menghadapi pasanganmu yang selingkuh.


Sebab, kalau kamu datang tanpa bukti yang kuat, hanya kejujuran (yang saat ini enggak bisa kamu percaya) untuk jadi pegangan. Bahkan, pasanganmu bisa menutupi perselingkuhannya karena kamu enggak datang dengan bukti yang kuat. With proof, there might be a closure that you need.


2. Ajak dia ketemuan langsung


Enggak ada cara yang lebih baik untuk menghadapi pasangan yang selingkuh selain mengajaknya bertemu langsung. Tentukan tempat dan waktu untuk bertemu, hindari melabrak (kami tahu mungkin ini yang ingin kamu lakukan untuk luapkan kekecewaanmu), dan pastikan enggak ada hal yang mengganggumu sepanjang konfrontasi tersebut.



(Ajak ketemu dan obrolin isu ini secara langsung. Foto: Dok. Cottonbro Studio/Pexels)


(Baca Juga: Mengenal Situationship dan 4 Tanda-Tandanya, Apa Saja?)


3. Tulis apa yang ingin kamu ungkapkan


Kalau kamu bingung harus mulai dari mana atau takut intensimu untuk menghadapi dia yang selingkuh justru enggak tersampaikan dengan baik, kamu bisa mempersiapkannya lebih dulu. Coba tuliskan apa yang ingin kamu utarakan saat kamu bertemu pasanganmu dan mengonfrontasi perselingkuhan yang dia lakukan.


Cara ini bisa membuatmu lebih tenang dalam menyampaikan apa yang ingin kamu sampaikan dan bisa melepaskan kekecewaanmu tanpa harus menguras energi untuk marah-marah.


4. Kontrol emosimu


Tentu ada rasa kecewa, ada amarah yang tersimpan, dan mungkin rasanya ingin kamu luapkan kepada dia yang bertanggung jawab atas perasaan tersebut. Namun, saat menghadapi pasangan yang selingkuh dan mengonfrontasi, emosi berperan penting terhadap pesan yang ingin kamu sampaikan.


Dengan mengontrol emosi, kamu juga bisa lebih bijak dalam menghadapi kemungkinan dia memutarbalikkan fakta atau menjadikan kamu alasan dia berselingkuh. Kalau kamu enggak menunjukkan ketenangan, dia dengan mudah bisa mempermainkan perasaanmu.


(Baca Juga: Apa Itu Red Flag dalam Hubungan? Kenali Jenis-Jenisnya!)


Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat menghadapi pasangan yang selingkuh. Semoga bermanfaat!


Sex & relationship