Sex & relationship

Mengenal Situationship dan 4 Tanda-Tandanya, Apa Saja?

By : Vanessa Masli - 2023-06-30 18:00:01 Mengenal Situationship dan 4 Tanda-Tandanya, Apa Saja?

Ada banyak istilah yang digunakan untuk menggambarkan sikap pasangan hingga jenis hubungan yang terjalin. Mulai dari gaslighting hingga ghosting, friend zone hingga red flag, tanpa terkecuali hubungan yang terjalin antara kamu dan dia layaknya sepasang kekasih tapi enggak ada komitmen yang mengikat kedekatan itu atau dikenal dengan situationship.


Mungkin sekilas tak jauh berbeda hubungan tanpa status, saat kamu dan dia sama-sama menjalin kedekatan tapi salah satu dari antara kalian berdua belum berani untuk membangun komitmen sehingga enggak ada label yang memberi kejelasan akan hubungan tersebut.


Situationship vs Hubungan tanpa status


Memang sekilas terlihat serupa, tapi ternyata enggak sama. Kalau hubungan tanpa status, ada peluang kamu dan dia sama-sama paham akan komitmen satu sama lain. Kalian berdua enggak takut untuk membicarakan hal-hal seputar perasaan dan arah hubungan tersebut. Secara implisit, kamu dan dia menyadari komitmen terhadap satu sama lain, hanya tanpa label yang menjelaskan.


Sedangkan dalam situationship, kamu dan dia seolah-olah berkencan atau berkomitmen. Mungkin flirty terhadap satu sama lain, mungkin saling memberi perhatian, tapi enggak ada obrolan atau kejelasan akan arah hubungan tersebut. Kamu atau dia yang belum berani berkomitmen menjadikan hubungan ini sefleksibel mungkin tapi enggak benar-benar jelas. Nantinya, situationship justru membuat hati lelah karena ambiguitasnya.


(Baca Juga: Apa Itu Red Flag dalam Hubungan? Kenali Jenis-Jenisnya!)


Tanda-tanda kamu berada di dalam situationship


Buat kamu yang sedang dekat dengan seseorang tapi bertanya-tanya kemana arah hubungan ini, Her World sudah merangkum beberapa tanda kalau dia membuatmu berada di dalam situationship. Penasaran apa saja? Simak rangkumannya di bawah ini!


1. Rencana yang selalu jangka pendek


Kamu dan dia enggak harus selalu membuat rencana dengan rapi untuk jangka panjang. Namun, bukan berarti kalian berdua selalu membuat rencana last minute dan untuk jangka pendek. Kalau dia mendadak baru telepon untuk mengajakmu ke acara keluarganya atau mendadak ajak bertemu, mungkin itu tanda kamu dan hubungan ini enggak menjadi prioritasnya.


2. Enggak merasa ada kedekatan emosional


Secara fisik, kalian lengket luar biasa. Bisa menghabiskan waktu bersama seharian, dari luar terlihat seperti sepasang kekasih yang dimabuk asmara. Namun, situationship akan membuatmu sadar bahwa kedekatanmu ini enggak bikin hatimu merasa sepenuhnya nyaman bersamanya. Enggak ada kedekatan emosional dari kemesraan yang tersurat di mata banyak orang.



(Terlihat dekat secara fisik, tapi hatimu enggak pernah dekat. Foto: Dok. Katerina Holmes/Pexels)


3. Enggak konsisten


Dia muncul kalau dia butuh, mungkin begitu juga kamu ke dia. Kalau ini yang kamu anggap sebagai hubungan, percayalah ini bukan. Saat pasangan kekasih berkomunikasi secara rutin, karena ini yang jadi kuncian dalam semua hubungan, situationship justru enggak konsisten berkomunikasi. Mungkin kamu selama satu minggu bisa bertemu, tapi belum tentu minggu berikutnya sama.


4. Kamu gampang bosan


Lebih gampang bosan tapi enggak ada effort untuk menemukan cara agar hubungan ini kembali menyenangkan buatmu maupun dia. Sedangkan, kalau dalam hubungan serius, kamu dan pasanganmu akan berusaha mencari cara untuk lawan kejenuhan tersebut sampai sudah enggak ada lagi yang bisa dilakukan.


(Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Memberi Effort dalam Hubungan)


Sudah lebih kenal dengan situationship? Mungkin tanda-tanda ini membuatmu sadar akan kedekatan yang terjalin antara kamu dan dia.


Sex & relationship