Life & health

Ini 6 Cara Agar Sepatu Tidak Bau, Gampang Banget!

By : Fariza Rahmadinna - 2023-07-10 15:00:02 Ini 6 Cara Agar Sepatu Tidak Bau, Gampang Banget!

Apakah kamu memiliki sepatu yang bau? Ini adalah salah satu masalah yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Tentunya, masalah sepatu bau dapat mengganggu dan bisa menurunkan kepercayaan diri, terlebih bila sampai ada orang lain yang tidak sengaja menghirup aromanya. 


Faktanya, bau sepatu berasal dari bakteri dan jamur yang tumbuh subur di tempat yang hangat dan lembap. Sepatu yang lembap dan hangat karena keringat atau basah menjadi tempat ideal untuk bakteri dan jamur tumbuh subur. Itulah yang dapat menghasilkan bau yang tidak sedap pada sepatu. 


Berikut ini beberapa cara agar sepatu tidak bau. Simak rangkuman Her World di bawah ini!


1. Cuci bagian dalam dan luar sepatu 


(Cara agar sepatu tidak bau. Foto: Dok. Taryn Elliott /Pexels)


Mencuci bagian dalam dan luar sepatu secara menyeluruh dengan sabun dapat membantu melawan bakteri dan jamur penyebab bau dan membuat aromanya segar kembali.  Sabun detergen bisa cukup keras untuk sepatu. Untuk itu, sebaiknya gunakan sabun khusus pencuci sepatu yang lebih aman dan beraroma segar. Hindari mencuci sepatu dengan air panas dan sikat yang kasar, karena bisa merusak bahan dan membuat perekat atau lem pada sepatu terlepas. 


Gunakan sikat sepatu yang lembut (serta jangan menggosoknya terlalu kencang) dengan campuran air dingin dan sabun pencuci sepatu adalah cara paling baik untuk mencuci sepatu. Setelah dicuci, keringkan sepatu di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. 


2. Taburkan bagian dalam sepatu dengan serbuk penyerap bau


Bedak kaki, atau foot powder, biasanya mengandung bahan yang mampu menyerap kelembapan dan seringkali memiliki aroma dan deodorant properties untuk menutupi bau. Menaburkan bedak kaki pada kaki dan bagian dalam sepatu sebelum dipakai dapat membantu menjaga sepatu tetap kering dan menghambat pertumbuhan jamur sehingga dapat mengurangi dan mencegah bau pada kaki dan sepatu. 


3. Taburkan bagian dalam sepatu dengan baking soda


Pada sebuah ulasan tahun 2015 dalam Waste Management Journal, baking soda dapat membantu menyerap dan menghilangkan bau pada sepatu. Taburkan bagian dalam sepatu kamu dengan baking soda secukupnya, lalu masukkan koran, yang juga akan membantu menyerap basah dan bau. Setelah beberapa jam atau semalaman, keluarkan koran dan kibaskan bubuk-bubuk baking soda pada sepatu hingga bersih. 


(Baca Juga: Intip Koleksi Kolaborasi Ikonis Melissa x Marc Jacobs)


4. Kenakan kaus kaki yang menyerap keringat


(Cara agar sepatu tidak bau. Foto: Dok. Rawpixel/Freepik)


Mengenakan kaus kaki yang terbuat dari bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik, misalnya, kaos kaki nilon, kaos kaki wol, dan kaos kaki polyester, dapat menjaga kaki dan sepatu kamu tetap kering, tidak lembap, dan tidak bau—bakteri dan jamur tidak akan berkembang biak di tempat yang kering.


5. Jaga sepatu tetap kering


(Cara agar sepatu tidak bau. Photo by Nida on Pexels)


Setelah digunakan, jangan simpan sepatu di dalam tas atau tempat penyimpanan sepatu yang tertutup. Pasalnya, itu bisa menciptakan tempat ideal bagi bakteri dan jamur penyebab bau untuk tumbuh subur. Untuk alasan itu, jaga sepatu tetap kering dengan memberikan banyak udara di antara pemakaian. Kamu juga bisa melepaskan sol dalam (insole) dan mengisi sepatu dengan tissue kertas kering untuk membantu mempercepat pengeringan. 


6. Gunakan antiperspirant atau deodoran pada kaki 


Seperti yang diketahui, sebagian besar kelembapan pada sepatu berasal dari produksi keringat berlebih di kaki. Menggunakan antiperspirant atau deodoran pada kaki dapat mengatasi keringat berlebih dan menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penghasil bau. Itu juga akan memberi aroma segar pada kaki, jadi tidak ada lagi masalah bau kaki. 


Sama seperti menggunakan antiperspirant atau deodoran pada ketiak, kamu hanya perlu mengoleskan atau menyemprotkan antiperspirant atau deodoran pada kaki. Tunggu selama beberapa saat sampai mengering. Setelah itu, kenakan kaos kaki dari bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik, lalu barulah mengenakan sepatu. 


(Baca Juga: 4 Merek Jam Tangan Terbaik untuk Pria)


Itulah beberapa cara agar sepatu tidak bau yang bisa kamu coba di rumah. Jika semua cara-cara di atas masih belum berhasil mengatasi masalah sepatu bau, mungkin sudah waktunya untuk membeli sepatu baru?




Life & health