Fashion

4 Merek Jam Tangan Terbaik untuk Pria

By : Her World Indonesia - 2023-06-30 20:00:02 4 Merek Jam Tangan Terbaik untuk Pria

Mengenakan jam tangan bagi pria tidak hanya esensial sebagai penunjuk waktu saat bepergian, tapi juga menjadi simbol prestise dan kelengkapan outfit untuk pria. Jam tangan juga dapat memberi kesan tertentu bagi penampilan seorang pria, seperti luxurious, sporty, klasik, atau bahkan school boy. Hal ini membuat mengenakan jam tangan bagi pria adalah salah satu cara mudah untuk memberi sentuhan manis pada penampilan kita. 


Salah satu faktor penting dalam memilih jam tangan adalah merek. Ikatan batin pada merek jam tangan tertentu membuat tak sedikit pria yang bahkan lebih memprioritaskan merek yang mereka suka dibanding fungsi dari jam tangan itu sendiri. Ditambah, pemilihan merek dapat membawa nilai eksklusivitas tersendiri antara satu dan lainnya. Nah bagi kalian para pria yang mungkin baru ingin mulai rutin memakai jam tangan dan masih bingung mau memilih merek apa, Berikut beberapa merek jam tangan pilihan yang telah dirangkum oleh Her World.


(Baca Juga: 6 Style Casual Pria Indonesia, Untuk Outfit Pasangan Kamu)


1. Tissot


(Tissot Le Locle. Foto: Dok. Tissot)


Tissot bukan lagi merk yang asing di telinga para pria penyuka jam tangan. Merk ini merupakan brand jam tangan mewah asal Swiss yang telah berdiri sejak 1853. Tentu mengenakan jam tangan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri & kewibawaan seorang pria. Ketahanan dan kemewahannya tak diragukan lagi, sebab Tissot menggunakan kaca kristal sapphire yang memiliki sifat sangat transparan terhadap panjang gelombang cahaya. Selain itu, sapphire juga sangat tahan gores (scratch-resistant). 


Model-model unggulannya antara lain adalah Tissot, Gentleman, Tissot PRX, dan Tissot T-Touch. Apabila kamu mencari gaya klasik yang lebih ramping, Tissot menawarkan model “Tissot Le Locle”, dengan power reserve hingga 80 jam. Tak lupa juga dengan desain sporty, yakni Tissot T-Race.


2. Omega


(Omega Speedmaster Dark side of the Moon. Foto: Dok. Omega)


Jam tangan yang terkenal dipakai James Bond dari tahun 90-an ini juga tidak kalah bersaing. Omega memiliki desain mewah dengan mengedepankan simplicity namun tetap elegan yang dipadukan menjadi satu. Mulai dari warna-warna yang berkelas hingga polesan desain yang menggambarkan kemewahannya. Materialnya pun tidak sembarangan, seperti Speedmaster Dark Side of the Moon yang menggunakan casing keramik berbasis zirkonium untuk membuatnya lebih tahan gores. 


Merek ini awalnya dikenal sebagai La Generale Watch Co, yang dibuat oleh pembuat jam Swiss Louis Brandt pada tahun 1800-an. Seiring waktu, Omega juga kerap terlibat dalam peristiwa ikonik dalam sejarah, seperti model Speedmaster yang hingga kini masih diproduksi menjadi jam tangan yang dikenakan saat ekspedisi pertama ke bulan & Kutub Utara, lalu John F. Kennedy yang kerap mengenakan model Ultra-Thin, serta Elvis Presley yang menggunakan model Constellation. Model-model tersebut masih menjadi model unggulan hingga kini yang bisa kalian cek di website resmi Omega! Dijamin kalian pasti akan tergiur untuk membeli!


3. Rolex


(Rolex Cosmograph Daytona. Foto: Dok. Rolex)


Lagi-lagi berasal dari Swiss, merk Rolex merupakan brand jam tangan mewah dibuat oleh Hans Wilsdorf pada tahun 1908. Rolex memiliki ciri khas slogan yakni “oyster, perpetual, superlative chronometer”, yang terukir pada setiap muka arloji. Oyster menggambarkan ketahanannya terhadap air, sekaligus menandakan sebagai jam tangan pertama yang memiliki fitur kekedapan terhadap air. Kemudian, perpetual berarti bahwa kemampuan Rolex tidak akan lekang oleh waktu. Terakhir, superlative chronometer mengungkapkan keinginan dasar pendiri Rolex untuk terus melakukan yang terbaik hingga dapat melampaui pencapaian mereka selama ini.


Merek dengan logo mahkota ini memiliki berbagai model yang bisa dipilih sesuai dengan jenis aktivitas atau preferensi kita. Seperti untuk model profesional, Rolex menawarkan Yacht-master, Cosmograph Daytona, Sea-Dweller, Submariner, Explorer, GMT-Master II, dan Air King. Lalu terdapat pula model-model klasik Oyster yang dapat dipakai sehari-hari, seperti Date Just, Day Date, Oyster Perpetual, dan Perpetual 1908. 


4. Patek Philippe


(Patek Philippe Grand Complication. Foto: Dok. Patek Philippe)

Dibandingkan ketiga merek sebelumnya, Patek Philippe mungkin adalah merek jam tangan yang paling tidak terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Namun bagi kalian penggemar dunia jam tangan tentu merek ini sudah tidak asing lagi. Patek Philippe adalah manufaktur jam tangan asal Swiss tentunya, yang memegang rekor penjualan jam tangan dengan harga termahal di dunia sepanjang masa. Patek Philippe seri Grandmaster Chime Ref. 6300A-010 berhasil terjual secara lelang dengan harga 31.2 juta dolar AS atau sekitar Rp 480 miliar.


Seri produk dari pembuat jam super mewah asal geneva ini antara lain adalah Grand Complications, Complications, Nautilus, Calatrava, dan Golden Ellipse. Kalian para pria yang ingin tampil mewah dan anti-mainstream sudah pasti harus mencoba Patek Philippe. Walau masuk dalam kategori luxury brand dan memegang rekor jam tangan termahal di dunia tetapi rata-rata harga jam yang dijual di pasaran masih terbilang cukup terjangkau dibanding merek jam tangan mewah lainnya seperti Rolex. 

  

(Baca Juga: Approach S62, Jam Tangan Pintar Untuk Pemain Golf)


Berikut empat merek jam tangan terbaik untuk pria pilihan Her World yang bisa kalian coba. Keempat pembuat jam tangan di atas dijamin tidak akan membuat kalian kecewa. Corak, warna, bahkan vibe yang dibawa oleh masing-masing merek ini membawa nilai historis yang sudah turun-temurun diwariskan hingga sekarang. Jadi pastikan untuk membuat pilihan yang tepat ya! 



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)

Fashion