Sex & relationship

Jangan Dibutakan Cinta, Ini 9 Tanda Pria Hanya Memanfaatkan!

By : Her World Indonesia - 2023-07-15 12:00:01 Jangan Dibutakan Cinta, Ini 9 Tanda Pria Hanya Memanfaatkan!

Ada istilah yang mengatakan bahwa cinta itu buta, yang berarti orang tidak bisa melihat kesalahan atau kekurangan orang yang dicintainya. Sederhananya, jatuh cinta bisa bikin kamu jadi kurang peka melihat tanda-tanda pria yang hanya memanfaatkanmu saja. Pria seperti ini biasanya disebut juga sebagai pria manipulatif, yang sering kali melakukan hal-hal baik hanya untuk mendapatkan keinginannya. Plus, setelah dia sudah mendapatkan keinginannya, dia akan pergi, sulit dihubungi, dan menghilang dari hidup kamu. 


Nah, sebelum kamu terjebak semakin jauh ke dalam hubungan cinta bersama dengan tipe pria seperti ini, berikut beberapa tanda pria hanya memanfaatkan wanita yang bisa kamu ketahui. Simak!


1. Dia tidak selalu ada untukmu


(Tanda pria hanya memanfaatkan wanita. Foto: Dok. Liza Summer/Pexels)


Tentu saja, dia mungkin memang benar-benar sedang sibuk dengan kehidupannya. Tapi, pria yang baik pasti akan tetap meluangkan waktunya untuk kamu, terlebih disaat kamu sedang membutuhkannya. 

Pria yang hanya memanfaatkan wanita biasanya lebih fast respon ketika dia membutuhkanmu. Namun, ketika kamu membutuhkannya, ia sering kali sulit dihubungi dan menghilang. Jika dikemudian hari ia membutuhkanmu lagi, bukan tidak mungkin jika ia akan datang lagi ke dalam hidup kamu.


2. Sering membuatmu merasa bersalah


Tanda pria hanya memanfaatkan wanita lainnya, yakni dia sering membuatmu selalu merasa bersalah—padahal, kamu tidak benar-benar bersalah. Ia sering melakukan playing victim dan berlagak sebagai korban, sehingga kamu akan merasa bersalah dan meminta maaf. Entah kenapa selalu kamu yang menjadi pihak yang paling merasa bersalah. Ia tidak pernah mengucapkan maaf terlebih dahulu atas kesalahan-kesalahan yang ia perbuat.


3. Menuntut validasi


Ketika sedang menghabiskan waktu berdua, coba perhatikan topik atau hal-hal yang paling sering ia bicarakan. Jika ia selalu membicarakan dirinya sendiri, cenderung suka pamer dan angkuh akan kelebihan yang dimilikinya, serta secara tidak langsung ingin kamu melakukan validasi atau memujinya atas pencapaiannya tersebut, sebaiknya jangan terlalu dekat dengannya, ya. Pria seperti ini hanya akan menguras waktu dan tenaga kamu yang berharga.


4. Menjadikan objek


Pujian memang suatu hal yang indah untuk didengar, terlebih jika datang dari pria yang disukai. Tapi hati-hati, sebaiknya kamu berpikir jernih menghadapi pujian yang ia lontarkan padamu.

Bisa jadi ia hanya memuji kamu memiliki badan yang menarik, cantik, seksi, dan hal lain yang berhubungan dengan fisik. Bisa jadi ia hanya menjadikan kamu sebagai objek agar fisikmu bisa dilihat terus menerus.


5. Merayu banyak wanita


(Tanda pria hanya memanfaatkan wanita. Foto: Dok. Budgeron Bach/Pexels)


Kalau kamu bertemu dengan pria yang gemar merayu dan memuji kamu, sebaiknya jangan terbawa perasaan terlebih dahulu. Bisa jadi, ia juga melakukan hal yang sama ke banyak wanita. Pria yang suka merayu banyak wanita biasanya tidak benar-benar serius ingin menjalin hubungan denganmu. Ia hanya memanfaatkanmu untuk kesenangan dan hiburannya semata. 


(Baca Juga: 4 Cara Jitu Menghadapi Pasangan Yang Selingkuh)


6. Mudah marah saat kamu menolak permintaannya


(Tanda pria hanya memanfaatkan wanita. Foto: Dok. Timur Weber/Pexels)


Pria yang hanya ingin memanfaatkan kamu biasanya lebih mudah marah ketika kamu tidak bersedia atau menolak permintaannya. Padahal, kamu mungkin mempunyai alasan yang jelas mengapa kamu tidak bisa mengiyakan permintaannya. Pria seperti ini biasanya ingin kamu menuruti perintahnya.

Pria yang benar-benar mencintai kamu tidak akan rela membuatmu sedih atau tersakiti. Ia tidak akan sampai hati untuk menyakitimu hanya karena tidak bersedia memenuhi permintaannya. 


7. Sering Meminta Bantuan


Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan menolong orang lain. Itu adalah perbuatan baik dan terpuji. Tetapi, jika ia sering sekali meminta bantuan secara terus menerus, bahkan terkesan sangat merepotkan buatmu. Bukankah itu terasa seperti kamu sedang dimanfaatkan olehnya? 

Ia mungkin saja mendekati kamu karena ia menganggap kamu bisa membantu membereskan SEMUA permasalahannya. 


8. Tidak ingin membahas hal serius tentang hubunganmu dengannya


Hubungan kamu dengannya sudah semakin dekat, tetapi ketika kamu ingin membahas kelanjutan hubungan kamu berdua, ia justru menghindar dan mengalihkan pembicaraan. Dia juga sering menunjukkan bahwa ia kurang antusias saat kamu membahas tentang hubungan kamu berdua. Sikapnya yang seperti itu bisa berarti bahwa dia tidak benar-benar ingin menjalin hubungan serius denganmu dan hanya memanfaatkanmu saja. 


9. Terlalu sering membatalkan janji 


Satu lagi, tanda pria hanya memanfaatkan wanita yaitu terlalu sering membatalkan janji-janji yang mungkin dibuatnya sendiri. Dia akan selalu berusaha mencari alasan untuk tidak menepati janjinya. Seringkali alasannya terdengar tidak masuk akal. 

Kalau menetapi janji saja sulit, bagaimana ia bisa berkomitmen denganmu. Hal kecil saja bisa dengan mudahnya dibatalkan, apalagi hal-hal yang cukup besar.


(Baca Juga: Apa Itu Red Flag dalam Hubungan? Kenali Jenis-Jenisnya!)


Itulah beberapa tanda pria hanya memanfaatkan wanita yang harus kamu ketahui. Kalau si dia memiliki satu atau lebih dari tanda-tanda di atas, sebaiknya hindari menjalin hubungan serius dengannya. Jangan sampai kamu terjebak dalam hubungan yang tidak baik untuk dirimu, yang akhirnya bisa merusak kebahagiaan dan kedamaian hidupmu. 




(Penulis: Calvin)

Sex & relationship