Hair & beauty

Mau Rambut Keritingmu Sehat? Ikut 7 Tips & Trik Ini!

By : Her World Indonesia - 2023-05-19 13:00:02 Mau Rambut Keritingmu Sehat? Ikut 7 Tips & Trik Ini!

Memiliki rambut keriting membuatmu terlihat unik dibanding kebanyakan wanita Indonesia lainnya yang biasanya memiliki rambut lurus. Namun, memiliki rambut keriting juga menjadi hal yang tricky ketika berurusan dengan cara merawatnya. Rambut keriting memang memerlukan perawatan yang tidak sesederhana rambut lurus. Jika tidak mendapat perawatan yang baik dan benar, rambut keriting dapat rusak, kering, dan semakin mengembang. Maka dari itu, yuk ketahui tujuh tips dan trik ini agar rambut keritingmu tampil sehat dan menawan!


1. Gunakan sampo dan kondisioner yang tepat


(Hindari sampo yang mengandung sulfat karena dapat membuat rambut keriting semakin kering. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)


Sampo yang tidak tepat dapat berdampak buruk pada rambut keriting. Bukannya mendapat rambut yang sehat dan berkilau, malahan membuat rambutmu semakin rusak. Beberapa produk sampo yang direkomendasikan untuk mencuci rambut keriting adalah yang mengandung:


Minyak alami (minyak kelapa, minyak jojoba, minyak bunga matahari, minyak alpukat)

Shea butter

Lidah buaya

Keratin

Panthenol dan provitamin


Hindari sampo yang mengandung bahan kimia beracun, seperti sulfat, silikon, alkohol, paraben yang dapat membuat kulit kepala iritasi. Selain itu, sulfat yang merupakan bahan detergen penghasil busa akan membuat rambut keritingmu semakin kering. Padahal, rambut keriting umumnya cenderung kering dan rapuh sejak awal.


(Baca Juga: Ini 8 Kebiasaan Yang Bisa Bikin Rambut Cepat Panjang)


2. Jangan terlalu sering keramas


(Keramas terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)


Sampo dirancang untuk membersihkan kulit kepala dan menghilangkan minyak berlebih. Cuci rambut keritingmu minimal satu sampai dua kali dalam seminggu agar rambut keritingmu tidak semakin kering. Hal ini disebabkan, ketika terlalu sering keramas, minyak alami yang dihasilkan kulit kepala akan hilang.


3. Lakukan teknik scrunch

Ternyata teknik mengeringkan rambut, juga memengaruhi kualitas rambutmu, lho. Tekstur rambut yang berbeda, memiliki teknik mengeringkannya yang berbeda juga. Cara mengeringkan rambut yang disarankan untuk kamu yang memiliki rambut keriting adalah dengan teknik scrunch.


Caranya, setelah selesai keramas, balikkan rambutmu ke depan dan lakukan gerakan scrunch, yaitu gerakan meremas sambil mengerinkan rambut. Teknik scrunch ini dapat bermanfaat untuk mempertahankan tekstur rambutmu yang keriwil. Selain itu, teknik ini juga dapat bantu mengembalikan ikal rambutmu yang alami sehabis keramas.


4. Gunakan sisir bergerigi jarang


(Sisir bergerigi jarang akan mengurangi kusut pada rambut keriting. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)


Rambut lurus saja bisa kusut saat disisir, apa lagi dengan rambut keriting. Untuk itu, kamu disarankan untuk menggunakan sisir bergerigi jarang untuk menghilangkan kusut pada rambut keritingmu. Sisir rambutmu mulai dari bawah ke atas agar rambut tidak kusut. Pastikan juga kamu menyisir dengan lembut agar rambutmu tidak patah atau rontok.

Sedikit tips, gunakan sisir yang memiliki kualitas yang tinggi. Pilihlah yang berbahan dasar dari bulu alami, bukan plastik. Atau kamu juga bisa memilih untuk tidak menggunakan sisir sama sekali. Kalau tipe rambut keritingmu adalah yang sangat lentur, kamu bisa menggunakan kondisioner tanpa bilas, lalu usap rambut basahmu dengan ujung-ujung jarimu.



5. Hindari penggunaan hairdryer, gunakan diffuser

Angin panas yang dikeluarkan oleh hairdryer dapat membuat rambut keritingmu mengembang berantakan. Namun, jika kamu sedang terburu-buru dan ingin mengeringkan rambut secara cepat, kamu bisa mencoba untuk menggunakan diffuser yang berbentuk seperti corong yang dipasang di mulur hairdryer.


Corong ini membantu agar angin yang keluar dari hairdryer tidak terlalu kencang, membuat rambutmu menjadi tetap rapih. Selain itu, diffuser dapat membantu mempertahankan bentuk keritingmu dan membuatnya lebih bervolume.


6. Potong rambut untuk menghindari ujung rambut bercabang


(Buang ujung rambut bercabang dengan rutin potong rambut. Foto: Dok. RDNE Stock project/Pexels)


Rambut bercabang akan memberi tampilan rambut yang tidak sehat. Untuk itu, kamu perlu melakukan cara-cara untuk menghindari agar rambut tidak bercabang. Salah satu caranya adalah dengan memotong rambut. Potong rambutmu setiap enam sampai delapan minggu untuk menghilangkan ujung rambut bercabang yang rusak.


Disarankan untuk memotong rambut keriting dengan membiarkan ikalnya mengering dan mempertahankan bentuk alaminya dibanding kamu membasahinya terlebih dahulu. Jika kamu memotong rambut keriting saat basah, kamu akan mendapat pola ikal yang longgar. Saat kering nanti, rambut keritingmu akan terlihat lebih pendek dibanding ketika basah karena penyusutan.


7. Gunakan hair oil


(Gunakan hair oil untuk menjaga kelembapan dan membuat rambut mudah diatur. Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)


Salah satu cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mencegah rambut keritingmu dari kering dan kusut adalah dengan menggunakan hair oil atau minyak rambut. Teknik hair oiling ini sering dikenal juga dengan hair slugging. Berikut tahapannya:


1. Bersihkan rambut terlebih dahulu

2. Lumurkan hair oil, minyak alami, atau pelembap ke selurh rambut (atau pada ujungnya saja). Hindari bagian kulit kepala dan gunakan lebih banyak pada bagian ujung rambut.

3. Gunakan jarimu untuk menarakan seluruh minyak atau pelembap. Tidak perlu menggunakan sisir.

4. Ambil kaus kaki, masukkan seluruh rambutmu ke dalamnya.

5. Ikat menggunakan scrunchie, tetapi jangan terlalu kencang.

6. Diamkan selama semalaman, lalu bilas hingga bersih di pagi hari.


Minyak-minyak alami yang bagus dan bisa kamu gunakan adalah minyak argan, minyak zaitun, marula, kelapa, atau grape seed. Minyak alami merupakan salah satu teknik perawatan rambut murah karena harganya terjangkau. Perawatan rambut keriting dan mengembang ini bergunana untuk menjaga kelembapan, membuat rambut terasa lebih lembut, mudah diatur, dan berkilau.


Yuk lakukan tips dan trik ini untuk merawat rambut keritingmu agar menjadi sehat dan berkilau. Rambut yang sehat dan berkilau tentunya akan menambah kepercayaan dirimu, lho!


(Penulis: Nathania Adella Putri)


Hair & beauty