Hair & beauty

Kuku Mudah Patah? Ada 6 Cara Untuk Merawat dan Mengatasinya

By : Vanessa Masli - 2023-06-23 15:00:02 Kuku Mudah Patah? Ada 6 Cara Untuk Merawat dan Mengatasinya

Tak hanya kulit dan rambut yang perlu diberi perhatian dengan berbagai perawatan, kuku pun juga memerlukan perhatian yang sama. Apalagi kalau kamu rutin melakukan nail art dengan berbagai bentuknya, penting untuk menjaga kondisi kuku tetap kuat dan sehat. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kuku-kuku tanganmu mudah patah dan rapuh.


Namun, banyak juga cara yang bisa dilakukan untuk merawat kuku agar tak mudah patah. Buat kamu yang sedang mencari caranya, mungkin rangkuman Her World bisa jadi referensi yang kamu butuhkan. Kira-kira apa saja? Simak terus sampai akhir ya!


1. Jaga kebersihan tanganmu


Mungkin hal ini sudah menjadi kebiasaan yang relatif rutin, apalagi sejak pandemi melanda, cuci tangan jadi salah satu menu wajib untuk dilakukan. Namun, untuk menjaga kekuatan kuku, pastikan kamu mencuci tanganmu sampai bersih, termasuk membersihkan area kuku.


Untuk memberikan perawatan ekstra, kamu bisa mengeksfoliasi kuku serta kulit di sekitarnya dengan sabun dan sikat gigi bersih. Pastikan kamu menghindari bahan-bahan kimia yang keras saat membersihkan tangan dan kuku.



(Cuci tangan dan kuku hingga bersih. Foto: Dok. Anna Shvets/Pexels)


2. Tingkatkan asupan biotin


Cara untuk merawat kuku agar kuat dan tak mudah patah itu juga perlu dilakukan dari dalam. Asupan biotin dalam pola makanmu yang seimbang juga memberi andil dalam menjaga kekuatan kuku-kuku tangan. Biotin atau vitamin B kompleks ini bisa kamu dapatkan dari protein-protein hewani seperti telur, ayam, dan ikan salmon.


Namun, untuk alternatif biotin dari sayur-sayuran bisa didapatkan dari konsumsi kacang-kacangan, bayam, dan ubi. Apapun sumber yang kamu pilih, rutin mengonsumsi biotin menjadi penting kalau kamu ingin menghindari insiden kuku patah.


3. Jaga kelembapan kutikula kuku


Tak jauh berbeda dari kulit tubuh pada umumnya yang butuh dijaga kelembapannya, termasuk kutikula kuku. Kalau kamu sering menggunakan cat kuku, pastikan ada ruang bagi kuku-kukumu untuk sejenak bernapas. Saat itulah, kamu fokus menjaga kesehatan kutikula kuku, mulai dari kelembapannya.


Bisa menggunakan krim atau minyak kuku yang khusus atau beberapa minyak alami seperti minyak kelapa, minyak argan, hingga minyak jojoba. Cara pengaplikasiannya cukup dengan mencelupkan kapas, lalu menepuk-nepuknya ke kutikula sampai benar-benar meresap.


(Baca Juga: Lakukan 8 Tips Ini Agar Lipstik Anti Luntur Saat Makan!)


4. Sesekali potong dan rapikan kuku


Sama seperti rambut, kalau kamu ingin kukumu tumbuh lebih kuat, rutin memotong dan merapikannya jadi kebiasaan yang esensial. Meski saat mengaplikasikan cat kuku atau nail art, lebih terlihat cantik di kuku panjang, Nah, kalau fokusmu saat ini untuk menjaga kondisi kuku agar tak mudah patah, kamu perlu sesekali memotongnya.


Kebiasaan ini membantu hindari penyebaran kotoran dan bakteri yang bisa sebabkan infeksi kuku. Setelah itu, kikir area kuku agar tetap halus.


5. Sederhanakan manicure-mu


Tak ada yang salah memberikan perawatan ekstra bagi kukumu, manicure tetap bisa jadi bagian dalam agenda perawatan mingguan atau bulananmu. Namun, agar bisa menjaga kondisi kuku-kukumu, sederhanakan perawatan manicure-mu. Cukup menghapus cat kuku, potong sesuai bentuk yang kamu inginkan, dan sapukan base coat sebagai pelindung. Kalau biasanya, kamu suka bermain warna dengan cat kuku, hindari sementara waktu.



(Sederhanakan rangkaian perawatan manicure-mu. Foto: Dok. Cottonbro Studio/Pexels)


6. Beri ruang kuku untuk bernapas


Kalau kamu terbiasa melapisi kuku dengan berbagai nail polish dan ragam desainnya, penting untuk mengambil momen tanpa cat-cat tersebut. Sesekali menghabiskan satu hingga dua bulan tanpa cat kuku, fokus menjaga kerapian dan kebersihan kuku serta kelembapan kutikula. Cara ini memberi ruang kuku-kukumu untuk bernapas sejenak yang tentunya berdampak pada kekuatan dan kondisi kuku.


(Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Air Hangat Bagi Wajah!)


Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kuku agar tetap kuat dan tak mudah patah. Kira-kira cara apa yang ingin kamu coba terapkan dalam rangkaian perawatan kuku versimu? Semoga bermanfaat!


Hair & beauty