Hair & beauty

Jangan Keliru, Ini Cara Pemakaian Toner Yang Benar!

By : Her World Indonesia - 2023-07-03 15:00:01 Jangan Keliru, Ini Cara Pemakaian Toner Yang Benar!

Toner adalah produk perawatan kulit yang memiliki konsistensi cair, yang bermanfaat yang sangat baik untuk kulit. Gliserin dan bahan humektan lainnya biasanya merupakan bahan utama dalam toner. Serta, bahan-bahan lainnya seperti ekstrak herbal, rose water, antioksidan, dan bahan anti-penuaan seperti niacinamide. Semua bahan-bahan itu dapat membantu membersihkan pori-pori, mengembalikan pH kulit ke tingkat normal, dan memberikan hidrasi kulit. 

Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami cara pemakaian toner yang tepat. Itulah yang bisa membuat toner tidak bekerja secara maksimal dan mengurangi manfaatnya. Nah, berikut ini cara pemakaian toner yang benar sehingga dapat memberikan hasil yang optimal. 


1. Bersihkan wajah menggunakan facial wash


Kamu dianjurkan mengaplikasikan toner setelah membersihkan wajah menggunakan facial wash. Pastikan wajah kamu benar-benar bersih dan kering sebelum mengaplikasikan toner. Jika hari itu kamu menggunakan riasan wajah, pastikan kamu juga sudah membersihkan seluruh sisa riasan wajah secara maksimal menggunakan makeup remover dan micellar water


2. Aplikasikan toner


(Cara pemakaian toner yang benar. Foto: Dok. @KamranAydinov/Freepik)


Setelah mencuci wajah, aplikasikan toner ke wajah menggunakan tangan atau kapas. Metode pengaplikasian toner menggunakan tangan lebih cocok untuk jenis hydrating toner atau essence toner.


Cukup tuangkan beberapa tetes toner pada tangan, lalu aplikasikan ke area wajah dan leher (hindari area mata) secara menyeluruh. Tepuk-tepuk wajah secara lembut untuk membantu penyerapannya agar lebih maksimal. Setelah itu, tunggu sekitar lima menit hingga toner meresap sempurna, barulah lanjutkan ke step skincare berikutnya.  Penyerapan kedua jenis toner ini akan lebih maksimal apabila langsung diaplikasikan menggunakan tangan. Penggunaan kapas hanya akan membuat produk semakin terserap ke dalam kapas, yang membuatnya tidak mampu memberikan manfaat secara maksimal. 


Sementara itu, metode pengaplikasian toner menggunakan kapas lebih dianjurkan untuk jenis exfoliating toner. Tekstur exfoliating toner cenderung lebih cair, seperti air. Sebab, formulasinya yang ringan dan mudah terserap hingga ke lapisan kulit bagian dalam.  Penggunaan kapas untuk pemakaian exfoliating toner juga bisa membantu mengangkat sisa-sisa kotoran yang masih menempel pada wajah untuk menghindari penyumbatan pori-pori.


Cukup tuangkan beberapa tetes toner pada kapas, lalu aplikasikan ke area wajah dan leher (hindari area mata) secara menyeluruh dan usap dengan lembut. Setelah itu, tunggu sekitar lima menit hingga toner meresap sempurna, barulah lanjutkan ke step skincare berikutnya. 


3. Usap dengan gerakan keluar


(Cara pemakaian toner yang benar. @diana.grytsku on Freepik)


Supaya penyerapan toner lebih maksimal, sebaiknya usap toner dengan gerakan keluar. Caranya, buat gerakan keluar dari tengah dagu ke rahang bagian luar, lalu naik dari tengah pipi ke arah luar pipi, lanjutkan hingga ke bagian kening. Lakukan cara yang sama di sisi wajah satunya. 

Pastikan kamu membersihkan area leher agar kotoran yang masih menempel ikut tersapu. Sehingga area kulit leher ikut bersih dan lembap.


(Baca Juga: 7 Manfaat Totok Wajah Ini Bisa Bikin Kamu Ingin Mencoba)


4. Gunakan Pelembap


Setelah mengaplikasikan toner, lanjutkan dengan penggunaan lembap untuk menambah kelembapan dan hidrasi pada kulit. Perlu dicatat, jika kamu menggunakan serum, gunakan serum terlebih dahulu barulah dilanjut menggunakan pelembap. 


5. Gunakan toner dua kali sehari


Supaya hasilnya lebih maksimal, gunakan toner dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Khusus untuk exfoliating toner, gunakan dua sampai tiga kali seminggu untuk membantu membersihkan wajah hingga ke pori-pori serta mengangkat sel kulit mati dan mengelupas lapisan kulit terluar.


Tips Memilih Toner Sesuai Tipe Kulit Wajah


Seperti yang diketahui, tipe kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Namun secara umum, terdapat tiga jenis tipe kulit, yaitu normal, berminyak, dan kering. Penggunaan toner juga harus disesuaikan dengan jenis kulit agar hasilnya lebih maksimal dan tidak menimbulkan masalah kulit baru. 


Bagaimana sih cara memilih toner sesuai tipe kulit wajah kamu? Berikut tipsnya:


1. Kulit Normal


Buat kamu yang memiliki jenis kulit normal, tidak sulit untuk memilih produk toner yang cocok untuk kulitmu. Namun, sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih toner dengan kandungan hyaluronic acid, koenzim Q 10, glycerine, atau panthenol. Kandungan-kandungan dalam toner tersebut sangat baik untuk menjaga kelembapan dan hidrasi pada kulit normal kamu.


2. Kulit Berminyak


Buat kamu yang memiliki kulit cenderung berminyak harus lebih berhati-hati dalam memilih produk toner. Sebab, salah dalam memilih produk toner justru dapat menimbulkan masalah kulit baru, munculnya jerawat, misalnya. Untuk pemilik kulit berminyak, kamu direkomendasikan menggunakan toner dengan kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan bebas alkohol (alcohol-free), yang dapat membantu membersihkan wajah hingga ke dalam pori, mengangkat sel kulit mati dan mengelupas lapisan kulit terluar.


Toner dengan kandungan AHA biasanya dikategorikan ke dalam jenis exfoliating toner sehingga penggunaannya perlu diselingi dengan hydrating toner, yang dapat memberi kelembapan dan hidrasi pada kulit. 


3. Kulit kering atau Sensitif


Bagi kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif, sebaiknya hindari toner yang mengandung alkohol dan parfum. Kedua bahan itu justru dapat membuat kulit kamu semakin kering, bahkan bisa sampai mengiritasi kulit. Tetapi, pilihlan toner dengan kandungan glycerine, hyaluronic acid, green tea, air mawar, centella asiatica, atau ceramide, untuk menjaga agar kulit kamu tetap terhidrasi dan lembap. 


(Baca Juga: Punya Mata Panda? Ini Rekomendasi Eye Cream Terbaik Untukmu)


 

Itulah cara pemakaian toner yang benar untuk mengoptimalkan manfaatnya pada kulitmu. Sekaligus, tips memilih toner yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Perlu diingat, jangan sampai kamu salah memilih produk toner hanya berdasarkan popularitasnya saja. Namun, perhatikan juga bagaimana kondisi dan jenis kulit wajah kamu agar toner bisa bekerja secara maksimal di kulit kamu. 




(Penulis: Calvin)


Hair & beauty