Sex & relationship

9 Cara Melewati Masa Putus Cinta Biar Cepat Move On!

By : Her World Indonesia - 2023-07-12 21:00:02 9 Cara Melewati Masa Putus Cinta Biar Cepat Move On!

Putus cinta adalah salah satu fase menyakitkan dan menyedihkan dalam hidup. Meskipun rasa sakit yang kamu rasakan mungkin bersifat sementara, tetapi itu pasti bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilewati. Coba mengembalikan senyum setelah gagal menjalin hubungan percintaan memang tidak semudah mengembalikan telapak tangan.


Namun, daripada kamu terlalu berlarut-larut dalam kesedihan, Her World punya beberapa cara melewati masa putus cinta menurut psikolog. 


1. Hapus semua kenangan dengan mantan


(Cara melewati masa putus cinta. Foto: Dok. Liza Summer/Pexels)


Menghapus SEMUA HAL tentang mantan, termasuk foto dan video di galeri serta barang-barang yang bisa membangkitkan kenangan masa lalu bersamanya, itu dapat membantu kamu melupakan mantan dan move on.


Menurut Patrick Wanis, Ph.D., seorang pakar perilaku manusia, terlalu fokus pada kenangan positif sambil berusaha melupakan sama saja dengan menghidupkan kembali aspek positif, euforia, dan kesenangan dari peristiwa bersama orang di masa lalu. Itulah yang akhirnya membuat kamu terus berlarut-larut dalam kesedihan dan semakin sulit move on. Jangan berharap dia akan menyesal dan kembali kepadamu. Harapan seperti ini hanya dapat melukaimu lebih dalam lagi. Kamu harus belajar merelakan dan menerima apa yang terjadi. 


2. Menonaktifkan sosial media…sementara waktu


Keinginan untuk mencari tahu keadaan terkini mantan memang terkadang sulit dikendalikan; Apa yang ia lakukan bersama teman-temannya setelah putus cinta? Apakah ia sudah move on? Apakah ia sudah memiliki kekasih baru? Keinginan dan pertanyan dalam diri itu bisa mendorong kamu untuk terus memeriksa laman sosial medianya atau stalking. Atau bahkan mendorongmu untuk terus menghubungi atau mengiriminya pesan singkat. 


Jika kamu masih mempertahankan kontak dengan mantan dan/atau masih mengikutinya di sosial media sambil terus memeriksa laman sosial medianya, itu bisa membuatmu semakin sulit untuk move on. Kalau begini, pertimbangkan untuk istirahat sejenak dari media sosial. Kalau kamu  perlu, berhenti mengikuti dan blokir sosial medianya. Aturan memutuskan kontak dengan mantan adalah cara terbaik untuk membantu memulihkan perasaanmu dan move on.


3. Berhenti mendengarkan lagu-lagu sedih


Awal putus cinta, tidak apa-apa untuk meringkuk sambil menangis dan mendengarkan lagu sedih tentang patah hati. Mungkin itu bisa membuat perasaamu lebih baik dan lega. Namun, jangan terus berlarut-larut bersedih sambil mendengarkan lagu-lagu galau. Buat orang-orang yang sedang tidak bersedih saja lagu-lagu seperti ini bisa bikin menitikkan air mata, apalagi kamu yang benar-benar sedang sedih karena putus cinta. Setelah beberapa waktu, cobalah untuk berhenti mendengarkan lagu-lagu sedih, tetapi dengarkan lagu-lagu yang memberikan semangat positif dan meningkatkan mood


4. Fokus ke karier atau pendidikan


Setelah patah hati, alihkan perasaan sedihmu dengan lebih fokus pada hal-hal penting yang bisa meningkatkan hidupmu, misalnya, fokus pada karier atau pendidikan. Coba ingat lagi mimpi-mimpi apa yang ingin kamu capai; ingin menambah skill untuk pengembangan karir atau ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Masa putus cinta bisa kamu jadikan momen untuk fokus dengan masa depan yang selama ini dambakan. 


5. Pergi liburan


(Cara melewati masa putus cinta. Foto: Dok. Monica Turlui/Pexels)


Cara melewati masa putus cinta dan move on lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan pergi berlibur. “Berlibur, bagaimanapun, memungkinkan kamu untuk melepaskan diri dari semua rasa sedih dan sakit, memberikan ruang bagi fisik dan mental untuk sembuh,” kata Dr. Yvonne Thomas, psikolog. 


“Itu dapat membantu kamu melihat situasi dari perspektif lain dan menyadari ada lebih banyak hal di dunia ini untuk kamu eksplorasi daripada hanya berdiam diri di rumah dan menangis,” tambahnya. Tidak perlu bepergian jauh hingga ke luar negeri, kamu bisa bepergian ke pantai atau mendaki gunung yang tidak terlalu jauh dari kotamu. Jika perlu, ajak sahabat dekatmu untuk menemanimu berlibur bersama. 


(Baca Juga: Apa Itu Red Flag dalam Hubungan? Kenali Jenis-Jenisnya!)

6. Lakukan hal-hal yang kamu sukai


Sama seperti pergi berlibur, melakukan hal-hal yang kamu sukai juga bisa membantu kamu melewati masa putus cinta dan merasa lebih baik. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan, termasuk melakukan perawatan tubuh, pijat, pergi ke salon, shopping, atau makan di tempat favorit. 


7. Berolahraga


Banyak penelitian telah membuktikan bahwa olahraga sangat efektif untuk meningkatkan mood kamu menjadi lebih baik setelah patah hati. Faktanya, saat tubuh aktif bergerak, berolahraga, misalnya, itu bisa merangsang pelepasan hormon endorphin yang bisa meredakan rasa sakit dan mengurangi rasa sedih akibat putus cinta. 


Kamu bisa melakukan olahraga yang kamu sukai agar tidak hanya membuat fisik lebih sehat, itu juga bisa membuat perasaan kamu lebih baik dan tidak lagi terus menerus memikirkan mantan


8. Jangan terlalu sering sendirian


Di hari-hari biasa—tidak sedang patah hati—mungkin berdiam diri di dalam rumah sendirian adalah momen yang paling nyaman. Namun, berbeda saat mengalami patah hati atau putus cinta. Sebisa mungkin, hindari berdiam diri di dalam rumah sendirian, karena bisa membuatmu semakin galau, kesepian, dan sedih. 


Saat sedang patah hati, cobalah untuk berada di dekat orang-orang yang kamu cintai, seperti keluarga atau sahabat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Association of Relationship Research tahun 2021 menemukan bahwa, interaksi sosial dapat melindungi dari perasaan kesepian dan depresi. 


Itu artinya, dengan dikelilingi oleh orang-orang yang kamu cintai, itu dapat membantu kamu melewati masa-masa sedih dan menyakitkan setelah putus cinta. 


9. Bersabar dengan proses move on


Terkadang, meskipun setelah berbulan-bulan lamanya dan kamu pun sudah merasa baik-baik saja, tetapi perasaan sedih dan sakit hati itu bisa tiba-tiba muncul kembali saat teringat dengan mantan. Tidak apa-apa, itu adalah hal yang lumrah. 


Di saat seperti ini, jangan menghindar dari perasaan yang kamu rasakan. Tidak apa-apa untuk menangis (lagi), kok. Tapi, sekali lagi, cobalah untuk menerima perasaan sedih dan sakit hati itu, dan perlahan-lahan berdamailah dengan perpisahan dan patah hati, yang akan membantumu melupakan mantan dan move on. Yakinkan diri kamu sendiri bahwa kamu bisa melewati semua proses ini dan optimis bahwa ada kebahagiaan yang lebih baik setelah patah hati. 


(Baca Juga: 4 Cara Jitu Menghadapi Pasangan Yang Selingkuh)


Itulah beberapa cara melewati masa putus cinta yang bisa kamu lakukan agar bisa melupakan mantan dan move on. Jika perlu, kamu bisa mencari bantuan profesional dari psikolog untuk membantumu melewati masa putus cinta yang menyedihkan dan menyakitkan. 





(Penulis: Calvin)


Sex & relationship