Sex & relationship

5 Tanda Pasangan Memberi Effort dalam Hubungan

By : Her World Indonesia - 2023-06-27 20:00:01 5  Tanda Pasangan Memberi Effort dalam Hubungan

Makna effort atau usaha dalam hubungan mungkin terdengar simpel dan jelas, namun effort dalam hubungan memiliki definisi spesifik sendiri yang berarti indakan atau upaya yang dilakukan oleh satu atau kedua belah pihak untuk memperbaiki, memperkuat, atau mempertahankan hubungan mereka.


Salah satu musuh utama dalam hubungan percintaan adalah waktu. Setiap hubungan yang sudah berjalan untuk waktu yang lama pasti tidak akan semenyenangkan seperti pada awal menjalin hubungan tersebut. Biasanya akan muncul gejala-gejala seperti kebosanan, kesalahpahaman, kurangnya komunikasi, dan kurangnya gairah yang ujung - ujungnya dapat membuat hubungan yang awalnya sehat menjadi toxic.


Effort dalam hubungan dapat menjadi solusi akan masalah tersebut. Oleh karena itu, hal ini sangat penting untuk dipahami, dilakukan, dan ditunjukan. Apa sih tanda-tanda bahwa pasanganmu memberikan effort dalam hubungan kalian? Yuk! Simak pembahasannya.


(Baca Juga: Selalu Ada Rasa, Ini 4 Cara Mengatasi Hubungan Yang Flat)


1. Memberikan perhatian secara tulus


(Perhatian merupakan bentuk effort dalam hubungan. Foto: Dok. August de Richelieu/Pexels)

Perhatian tentunya sudah menjadi elemen mendasar dalam menjalin hubungan percintaan. Namun, karena sifatnya yang mendasar banyak pasangan yang sedikit melupakan aspek ini terutama pasangan yang sudah lama bersama karena memberikan perhatian dapat menghadirkan kehangatan dan kenyamanan dalam dinamika suatu hubungan.


Perhatian seperti apa sih yang perlu diberikan? Tidak perlu berlebihan dan muluk-muluk, cukup sederhana saja yang penting perhatian yang diberikan tulus dari hati dan bukan sekedar formalitas. Contohnya dengan memberikan perhatian, seperti menanyakan tentang aktivitas sehari-hari, menanyakan barangkali ada masalah yang bisa diceritakan, ikut antusias terhadap hal - hal yang disenangi oleh pasangan, dan menawarkan bantuan untuk persoalan yang barangkali membuatnya kesulitan.


2. Komunikasi yang terbuka


(Berkomunikasi secara terbuka merupakan bentuk effort dalam hubungan. Foto: Dok. Pavel Danilyuk/Pexels)

Dalam suatu hubungan percintaan kesalahpahaman sekecil apapun jika dibiarkan dapat memicu konflik berkepanjangan. Kunci utama dalam mencegah kesalahpahaman adalah keterbukaan komunikasi. Dengan menjalin komunikasi yang terbuka antar kedua pihak akan membuat dinamika hubungan menjadi lebih nyaman dan bahkan dapat membuat permasalahan besar sekali pun terselesaikan dengan mudah.


Namun jangan salah, walau terdengar simpel tapi menerapkan komunikasi terbuka tidak semudah itu. Untuk dapat melakukannya, kedua pasangan harus menghindari sikap judgmental dan temperamental. Contohnya jika kalian berbuat salah atau tidak memenuhi ekspektasi pasangan kalian maka dia tidak akan langsung mengedepankan emosi dan melontarkan ucapan-ucapan yang memperkeruh suasana. Dia akan menanyakan dulu masalahnya apa, ceritanya bagaimana, sudut pandang kalian bagaimana lalu mendengarkan dengan baik. Baru setelahnya dia akan gantian mengungkapkan kekecewaannya, tentunya tanpa emosi yang berlebihan sehingga untuk kedepannya jika terjadi masalah, kalian akan merasa nyaman untuk mengkomunikasikannya.


3. Tidak gengsi untuk meminta maaf

(Berani meminta maaf merupakan bentuk effort dalam hubungan. Foto: Dok. azerbaijan_stockers/freepik)


Terkadang meminta maaf terasa begitu sulit karena membuat kita merasa lemah dan payah, terutama bagi pria yang mengidap toxic masculinity. Namun, hal ini harus mulai diubah karena dapat berpotensi untuk mempersulit alur komunikasi dalam hubungan. Meminta maaf dan mengakui kesalah juga merupakan salah satu bentuk effort dalam hubungan. Alih-alih membut kita terlihat lemah, berani untuk meminta maaf merupakan bentuk kedewasaan dan kendali ego yang baik.


Meminta maaf dan mengakui kesalahan juga bisa sangat membantu dalam upaya resolusi konflik. Kata maaf dapat menjadi restart button untuk permasalahan yang sedang terjadi antara kedua pasangan. Namun, perlu menjadi catatan bahwa setelah meminta maaf harus diikuti aksi nyata untuk berdamai dan mencoba lebih baik agar kata maaf yang dilontarkan menjadi lebih berbobot dan bermakna.


4. Meluangkan waktu bersama


(Meluangkan waktu bersama merupakan bentuk effort dalam hubungan. Foto: Dok. Uriel Mont/Pexels)

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwasannya waktu adalah musuh utama bagi hubungan percintaan, tetapi jika dikelola dengan tepat waktu juga bisa menjadi sekutu utama dalam menjalin hubungan percintaan. Meluangkan waktu bersama merupakan bentuk effort yang sangat sederhana namun sangat penting dalam hubungan.


Gunakan waktu bersama kalian untuk menciptakan momen-momen seru dan bermakna agar hubungan yang kalian jalani tidak terasa hambar dan membosankan. Tentu kendala utama dari hal ini adalah kesibukan masing - masing. Apalagi, mungkin bagi pekerja kantoran yang memiliki jam kerja pasti dan padat. Namun, apapun kendalanya jika memang pasangan ingin berusaha dan menganggap serius hubungan yang sedang dijalani maka pasti akan bisa menemukan jalan tengah antara work life dan love life.


(Baca Juga: 5 Rekomendasi Taman Kota di Jakarta Untuk Piknik dan Kencan)


5. Berkomitmen untuk masa depan


(Berkomitmen untuk masa depan merupakan bentuk effort dalam hubungan. Foto: Dok. Monika Balciuniene/Pexels)

Terakhir, keberanian untuk berkomitmen pada masa depan hubungan tentu merupakan bentuk effort yang serius dan tidak main-main. Komitmen untuk masa depan menandakan bahwa pasangan kalian siap untuk melakukan usaha-usaha bahkan pengorbanan demi mempertahankan hubungan cinta yang sedang dijalani dan baginya hubungan kalian tidak lagi bisa dianggap remeh.


Tentunya ini bukan hal yang mudah karena semua orang pasti menyadari bahwa tidak ada hubungan percintaan yang isinya hanya suka dan senang, melainkan pasti banyak kesulitan dan hambatan yang akan menghadang. Oleh karena itu jika pasangan kalian sudah berani merencanakan masa depan bersama, menentukan tujuan dan cita-cita hubungan maka ini menandakan dia sudah siap untuk menghadapi suka dan duka bersama dengan orang yang dicintainya.


Berikut lima tanda effort dalam hubungan yang telah dirangkum oleh Her World. Tentu bentuk effort dalam hubungan sangat bervariasi karena semua pasangan memiliki coraknya masing-masing dalam memberikan effort. Namun, kelima hal ini adalah pilar utama jika kalian ingin melihat apakah pasangan kalian memiliki niat untuk tetap menjalin hubungan asmara bersama.



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Sex & relationship