5 Rekomendasi Taman Kota di Jakarta Untuk Piknik dan Kencan


  • 5 Rekomendasi Taman Kota di Jakarta Untuk Piknik dan Kencan
    (Rekomendasi taman kota di jakarta untuk piknik dan kencan. Foto: Dok. YakobchukOlena/iStock)

    Piknik merupakan salah satu aktivitas yang saat ini hits kembali pada masa pandemi COVID-19. Beberapa orang memilih piknik saat akhir pekan bersama keluarga atau pasangan untuk menghibur diri dengan nuansa alam terbuka, tapi tidak dalam waktu lama. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, ada sejumlah tempat piknik yang bisa jadi pilihan.

    1. Hutan Kota GBK 


    (Hutan Kota GBK bisa menjadi pilihan untuk piknik atau kencan. Foto: @superadventure_id/Instagram)

    Hutan Kota GBK jadi rekomendasi pertama taman untuk piknik di Jakarta. Taman seluas empat hektar ini cocok buat bersantai sambil menikmati suasana sejuk di jantung kota, terutama pada sore hari. Hutan Kota GBK dulunya adalah lapangan golf Driving Range di Gelora Bung Karno (GBK) yang telah disulap menjadi ruang terbuka hijau. 




    Aksesnya cukup mudah karena GBK dikelilingi moda transportasi umum. Kamu bisa menggunakan moda transportasi  MRT dengan tujuan Stasiun Istora Mandiri atau Trans Jakarta tujuan halte Gelora Bung Karno. Masuk ke area taman ini pun gratis, tetapi bila membawa kendaraan akan dikenakan tarif parkir.


    Di sana tidak ada penyewaan tikar piknik, sehingga kamu disarankan untuk membawa tikar piknik sendiri. Bawa serta camilan favoritmu, obat pengusir serangga, dan payung untuk berjaga-jaga. Bagi kamu yang ingin mengambil foto, spot di Hutan Kota GBK ini instagramable banget, apalagi saat senja ditambah pemandangan hijau. Keren banget deh pokoknya! 


    2. Taman Piknik Satria Mandala 

    Taman kota jakarta
    (Taman piknik Satria Mandala memberikan pemandangan gedung bertingkat dan transportasi udara. Foto: @tamanpiknik/Instagram)


    Rekomendasi taman selanjutnya ada Taman Piknik Satria Mandala yang baru saja dibuka pada Februari 2021. Taman ini menghadirkan panorama gedung bertingkat dan transportasi udara militer di sekelilingnya karena berada di area Museum Satria Mandala. Para pengelola taman di sana menyewakan perlengkapan piknik, seperti tikar, keranjang makanan hingga payung cantik. Selain itu menu makanan yang ada juga beragam dan cocok untuk semua kalangan. Ketika berada di area ini, suara hiruk pikuk kendaraan seolah langsung redam. Ditambah lagi area makannya langsung di atas tanah dan ditengah rimbunnya pepohonan.


    Taman ini juga pas untuk dikunjungi bareng keluarga dan anak-anak. Selain berkeliling di taman, di dekat resto ini juga ada monumen pesawat tempur dan roket milik TNI sehingga bisa jadi sarana belajar sekaligus berfoto. Namun kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu, setidaknya satu hari sebelumnya agar kamu kebagian tempat. 


    (Baca Juga: 5 Kafe Bernuansa Taman di Jakarta)


    3. Taman Tabebuya 

    Taman kota jakarta
    (Taman Tabebuya menghadirkan suasa teduh dengan kolam ikan yang ditumbuhi bunga teratai. Foto: @tamanhutandki/Instagram)


    Taman Tabebuya merupakan salah satu pilihan taman favorit yang menawarkan ketenangan dan keunikan tersendiri dibandingkan taman lainnya. Sesuai namanya, tabebuya atau pohon terompet emas menjadi ikon utama karena tumbuh menghiasi taman. Letaknya yang persis dipinggir jalan memudahkan setiap orang untuk berkunjung ke taman ini. 


    Selain suasana teduh, di sana terdapat kolam ikan yang ditumbuhi bunga teratai yang indah dan gazebo perpustakaan mini untuk menemani waktu bersantai para pengunjung. Karena itulah, taman ini menjadi tempat piknik di Jakarta Selatan yang kerap dikunjungi warga sekitar. Kamu bisa melepas penat bersama pasanganmu sejenak sambil menghirup udara segar di Taman Tabebuya.


    Berlokasi di Jalan Moh Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Taman Tabebuya menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. 


    4. Taman Suropati 


    (Menghirup udara segar di Taman Suropati. Foto: @explore_jakarta/Instagram)


    Jika kamu tinggal di kawasan Menteng, Jakarta Utara ada satu taman yang menawarkan ketenangan dengan pepohonan yang asri, yakni Taman Suropati yang bisa menjadi pilihan untuk piknik karena banyak pohon yang rimbun dan udara di sini terasa sangat segar. 


    Selain piknik, kamu juga bisa kencan bersama pasanganmu di sekitar air mancur maupun pepohonan sambil menghirup udara segar. Saat menikmati ketenangan taman, kamu juga bisa menjumpai banyak burung merpati dengan memberinya makan berupa remahan roti ataupun nasi. Untuk masuk ke taman ini kamu tidak dikenakan biaya alias gratis, jadi kamu tinggal menikmatinya saja. 


    (Baca Juga: 13 Area dan Taman di Jakarta yang Nyaman untuk Olahraga)



    5. Taman Cattleya 

    Taman kota jakarta
    (Selain piknik, Taman Cattleya juga bisa dijadikan sebagai area jogging atau bersepeda. Foto: @temantaman.jkt/Instagram)


    Bergeser sedikit ke Jakarta Barat, ada sebuah taman yang menjadi oase di antara gedung-gedung tinggi yang menjulang di sekitarnya. Nama taman ini adalah Taman Cattleya yang berada di kawasan Tomang, di pinggir Interchange Tol Tomang sehingga lokasinya mudah diakses. Di sini, kamu dan pasangan bisa bersantai di antara tanaman dan pepohonan sambil menyaksikan pemandangan gedung-gedung tinggi. 


    Selain itu, kamu dan pasangan juga bisa melakukan kegiatan sehat, seperti jogging, bersepeda, dan menyaksikan pemandangan langit nan indah saat cuaca cerah. Pokoknya kalau kencan disini bakal enjoy dan happy banget deh.



    Yups, itu dia beberapa pilihan taman kota di Jakarta yang cocok sebagai tempat piknik dan juga kencan. Suasananya yang asri, nyaman, dan mudah diakses sangat sesuai untuk menikmati suasana romantis dan menghilangkan rasa penat setelah full bekerja. Selain itu, biayanya juga hemat dan tak menguras kantong karena beberapa di antaranya gratis. Keren banget kan? Jadi, siapa bilang kencan di Jakarta harus di kafe dan mal? Yuk masukin ke list kamu sebagai tempat tujuan saat akhir pekan nanti. 


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below