Hair & beauty

8 Cara Agar Rambut Cepat Panjang, Kuat, Dan Tebal!

By : Her World Indonesia - 2023-06-30 15:00:02 8 Cara Agar Rambut Cepat Panjang, Kuat, Dan Tebal!

Menumbuhkan rambut agar lebih panjang memang dibutuhkan kesabaran ekstra. Selain itu, setiap orang memiliki kecepatan pertumbuhan rambut yang berbeda-beda. Hal itu tergantung pada usia, kondisi kesehatan rambut masing-masing, dan jenis rambut. 

Akan tetapi, ada beberapa cara agar rambut cepat panjang yang bisa kamu lakukan. Simak caranya!


1. Rutin memijat kepala


(Cara agar rambut cepat panjang. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Ternyata, memijat-mijat kulit kepala terlebih saat keramas, bisa menjadi salah satu cara sederhana tapi cukup efektif untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Pasalnya, itu diduga dapat membantu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit kepala, yang bisa merangsang pertumbuhan rambut yang lebih cepat, tebal, dan kuat. Plus, memijat-mijat kepala saat keramas juga bisa membantu mengurangi stres dan membuat lebih rileks. 


2. Hindari membungkus rambut basah


Rambut yang basah cenderung lebih lemah dibandingkan saat rambut kering. Inilah yang bisa membuat rambut kamu rusak dan mudah patah. Oleh karena itu, agar rambut kamu tetap sehat dan cepat panjang, lebih baik jangan biasakan membungkus rambut basah dengan handuk. Termasuk juga hindari menyisir rambut yang masih basah.


3. Memotong bagian ujung rambut


Memotong bagian ujung rambut, atau trim rambut, bisa dijadikan cara agar rambut cepat panjang berikutnya. Mengapa? Itu karena, trim rambut bisa mencegah kerusakan pada rambut, misalnya rambut bercabang, rambut mudah patah, dan sebagainya. Rambut yang sehat tentunya bisa mempercepat pertumbuhan rambut. 


(Baca Juga: Rambut Anti Rusak, Ini 3 Rekomendasi Hair Dryer Untukmu)


4. Perbaiki asupan sehari-hari


(Cara agar rambut cepat panjang. Foto: Dok. Ba Tik/Pexels)


Dari pola konsumsi makanan sehari-hari, itu bisa berpengaruh pada kecepatan pertumbuhan rambut. Mengonsumsi makanan yang kurang sehat dapat memicu pertumbuhan rambut yang tidak optimal. Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang dipenuhi nutrisi, seperti protein, vitamin, dan mineral, dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih optimal dan cepat. 

Beberapa makanan kaya nutrisi yang baik untuk pertumbuhan rambut sekaligus menjaga rambut tetap sehat, seperti ikan, daging (non lemak), telur, buah beri-berian, alpukat, kacang-kacangan, dan baya, 


5. Melembapkan rambut


Menjaga kelembapan rambut juga bisa membantu agar rambut cepat panjang, kokoh, dan tidak mudah patah. Serta juga bisa mempertahankan elastisitas rambut. Supaya kelembapan rambut kamu tetap terjaga, bisa dengan rutin memakai masker rambut. 

Selain masker rambut, menggunakan essential oil pada rambut juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memberi kelembapan pada rambut. Essential oil dapat memberikan nutrisi dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Beberapa pilihan essential oil yang bagus untuk pertumbuhan rambut seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak rosemary, minyak jojoba, dan minyak peppermint


6. Jangan sering-sering menggunakan alat styling rambut


Cara agar rambut cepat panjang lainnya yaitu dengan mengurangi frekuensi penggunaan alat styling rambut, termasuk hair dryer, curling iron, ataupun flat iron. Hal ini karena, terlalu sering menggunakan alat styling rambut bisa saja merusak rambut dan mengganggu pertumbuhannya. 


7. Kelola stres dengan baik


Ketika stres tidak dikelola dengan baik, itu bisa memicu produksi hormon kortisol atau hormon stres secara berlebihan yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Itulah yang membuat rambut kamu lebih lama untuk tumbuh, dan bahkan bisa memengaruhi kesehatan rambut. 

Tak hanya bisa membantu agar rambut lebih cepat panjang, mengelola stres dengan baik juga dapat menjaga kesehatan mental (dan fisik) kamu secara keseluruhan. 


8. Gunakan lidah buaya


(Cara agar rambut cepat panjang. Foto: Dok. Freepik)


Salah satu manfaat utama lidah buaya adalah untuk memberi kelembapan dan nutrisi pada rambut. Saat kelembapan dan nutrisi rambut terjaga, itu dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Sekaligus, menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. 

Untuk bisa mendapatkan manfaat lidah buaya, kamu bisa mengaplikasikan gel lidah buaya langsung pada rambut secara merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, dan bilas sampai rambut benar-benar bersih. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan cara agar rambut cepat panjang ini secara rutin, 1-2 kali dalam seminggu. 


(Baca Juga: 12 Model Rambut Sanggul Modern Simple Yang Paling Trendi!)


Itulah beberapa cara agar rambut cepat panjang yang bisa kamu terapkan. Dengan beberapa cara di atas, rambut kamu bisa cepat panjang, kuat, dan tebal. 




(Penulis: Calvin)


Hair & beauty