Hair & beauty

12 Model Rambut Sanggul Modern Simple Yang Paling Trendi!

By : Her World Indonesia - 2023-06-15 12:00:02 12 Model Rambut Sanggul Modern Simple Yang Paling Trendi!

Saat ini, menyanggul rambut tidak hanya sebagai tatanan rambut untuk acara formal saja, tetapi juga bisa sebagai tatanan rambut untuk sehari-hari. Ada banyak model rambut sanggul, dari model sanggul klasik hingga model sanggul modern simple. Menyanggul rambut bisa membuat penampilan kamu terlihat lebih trendy, bergaya, anggun dan cantik. Berikut ini beberapa model sanggul untuk setiap acara, dan yang terbaik, antara lain:


1. Big Bun


Model rambut sanggul ini sangat cocok untuk acara makan malam santai bersama sahabat. Sesuai namanya, big bun adalah model sanggul modern simple yang memiliki ukuran sanggul besar. 


Mulailah dengan mengambil seluruh rambut dan ikat ponytail. Namun pada ikatan rambut terakhir, buat hanya menjadi setengah ikatan. Lingkarkan sisa rambut menutupi pengikat rambut dan sematkan bobby pin untuk membuatnya tetap rapi dan tidak terlepas. Selanjutnya, pertemukan sisi sebelah kanan dan kiri sanggul menuju tengah rambut dan bentuk menjadi sebuah sanggul besar dengan menggunakan bobby pin. 


2. Messy Bun


Sesuai namanya, messy bun adalah model rambut sanggul modern simple yang tampak sedikit berantakan namun tetap terlihat trendi, cute, dan bergaya (dan gampang untuk dibuat). Ambil seluruh rambut kamu dan ikat ponytail. Namun pada ikatan rambut terakhir, buat hanya menjadi setengah ikatan. Lingkarkan sisa rambut secara horizontal menutupi pengikat rambut dan sematkan bobby pin untuk membuatnya tetap rapi dan tidak terlepas. Terakhir, buat sentuhan sedikit messy dengan menarik-narik rambut keluar dari ikatan sebanyak yang kamu inginkan. 


3. Top Knot Dengan Poni


Top knot adalah model rambut sanggul basic yang tampak lebih bergaya dan cute dengan tambahan poni. Untuk membuat model sanggul ini, ambil semua rambut dan buat ponytail. Bagi rambut menjadi dua bagian sama banyak, lalu silangkan keduanya membentuk sanggul kecil. Sematkan bobby pin untuk membuat sanggul tetap rapi dan tidak terlepas. Terakhir, rapikan poni rambut kamu untuk membuat keseluruhan penampilan semakin bergaya dan trendi. 


4. Messy Topknot


Sama dengan model rambut sanggul top knot, hanya saja memiliki tampilan yang sedikit messy atau berantakan. Untuk membuat model sanggul ini, ambil semua rambut dan buat ponytail. Bagi rambut menjadi dua bagian sama banyak, lalu silangkan keduanya membentuk sanggul kecil. Sematkan bobby pin untuk membuat sanggul tetap rapi dan tidak terlepas. Buat sentuhan sedikit messy dengan menarik-narik rambut keluar dari ikatan sebanyak yang kamu inginkan. 


5. Sleek Bun



Ini adalah model rambut sanggul yang sangat menawan, yang sangat cocok baik itu untuk tatanan rambut formal maupun non-formal. Model sleek bun seperti ini juga mampu memberikan efek face-lift alami pada wajah. Untuk membuat sleek bun ini hanya melibatkan beberapa step, dan benar-benar membutuhkan waktu beberapa menit untuk membuatnya. 


Step pertama adalah buatlah rambut lebih sleek dan rapi dengan menyemprotkan air. Semprotkan hingga rambut lebih damp tapi tidak terlalu basah. Atau, kamu juga bisa menggunakan hair serum untuk membuat rambut lebih lembap. Selanjutnya, sisir rambut sampai benar-benar rapi sebelum mengikatnya menjadi ikatan low ponytail. Terakhir, buat sanggul rendah dari ikatan low ponytail tadi dan gunakan bobby pin atau pengikat rambut untuk membuatnya tetap kencang dan tidak mudah terlepas. 


6. Half-up Bun


Sudah jelas dari namanya, half-up bun adalah model setengah sanggul yang lebih casual, manis, dan bergaya. Ini juga merupakan model rambut sanggul modern simple paling favorit, termasuk di kalangan para selebritis terkenal dunia. Tidak hanya cocok untuk rambut panjang, half-up bun juga sangat cocok untuk wanita berambut pendek. 


Untuk membuat half-up bun, benar-benar hanya membutuhkan beberapa menit dan step saja. Pisahkan setengah bagian atas rambut dan mengikatnya menjadi high ponytail. Kemudian buatlah bun yang rapi dan gunakan bobby pin atau ikat rambut untuk membuatnya tetap kencang dan tidak terlepas. Terakhir, sisir sisa rambut yang tergerai dan biarkan rambutmu terurai dan jatuh bebas di sekitar bahu atau punggungmu. Jika ingin tampilan yang lebih messy, tarik sedikit rambut keluar dari bun. Kamu juga dapat menambahkan aksesori rambut agar style-mu lebih feminin dan cute!


(Baca Juga: 5 Model Kepang Rambut Pendek, Patut Dicoba!)


7. Braided Bun


Ternyata, kombinasi kepang dan sanggul bisa membuat keseluruhan penampilan menjadi semakin menarik dan bergaya. Braided bun adalah model sanggul modern simple yang mengombinasikan antara kepangan rambut dan sanggul. Untuk membuatnya, kamu cukup membagi dua rambut sama banyak, lalu kepang seperti biasa dari atas hingga ke bawah rambut. Setelah itu, silahkan kedua kepangan rambut dan buat sanggul bawah. Sematkan bobby pin untuk membuat sanggul tetap rapi dan tidak mudah terlepas. 


8. Low Bun



Ingin gaya yang elegan dengan nuansa klasik? Model rambut low bun adalah pilihan yang pas buat kamu. Untuk membuat low bun, langkah pertama adalah pastikan rambut benar-benar rapi atau tidak kusut. Setelah itu, kumpulkan semua rambut ke belakang kepala, di sekitar leher bagian bawah. Kamu dapat menentukan tinggi dari low bun sesuai dengan preferensimu. Rapikan rambut dengan jari-jari tanganmu dan pastikan tidak ada bagian yang terlepas atau berantakan. Setelah itu, mulailah melingkarkan rambut mengelilingi ikatan atau pusat rambutmu, membentuk bun yang terletak di bagian bawah kepala. Sematkan bobby pin untuk mengencangkannya dan membuatnya tidak mudah terlepas. Untuk memberi sentuhan volume, tarik-tarik keluar sedikit rambut bagian atas. Simple bukan?


9. Low Double Bun


Seperti namanya, low double bun adalah model rambut sanggul modern simple dengan dua sanggul bawah. Low double bun akan membuat penampilan kamu semakin cute, menarik, dan sangat bergaya. Untuk membuat low double bun, bagi dua rambut sama banyak, lalu masing-masing buat sanggul seperti biasa. Gunakan bobby pin atau ikat rambut untuk mengencangkannya dan membuatnya tidak mudah terlepas. 


10. Space Bun


Hampir sama dengan low double bun, hanya saja sanggul tidak berada di bawah melainkan berada di atas kepala. Model rambut sanggul ini menampilkan kesan mirip dua antena pada bagian kanan dan kiri kepala. Untuk membuat model sanggul ini, bagi dua rambut sama banyak, lalu buat ponytail menggunakan ikat rambut. Selanjutnya, masing-masing buat sanggul seperti biasa. Sangat unik dan cute, kan?


11. Scarf Bun


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat sanggul terkesan feminin, menarik, dan bergaya. Salah satunya dengan menambahkan penggunaan scraf pada sanggul. Ambil semua rambut lalu ikat ponytail. Pada bagian bawah rambut, ikatkan scraf seperti biasa. Kemudian, gulungkan rambut ke arah dalam sampai ke atas membentuk bun, dan ikat bun menggunakan scraf tadi. Tambahkan bobby pin pada beberapa sisi untuk membuatnya tetap kencang dan tidak terlepas. 


12. French Twist Bun



Mungkin model rambut sanggul yang satu ini masih sedikit asing, namun french twist bun sebenarnya sudah cukup populer. Untuk membuat model sanggul ini, ambil semua rambut lalu gulung rambut ke bagian dalam. Ambil sedikit rambut untuk menutupi gulungan rambut tadi. Rapikan dan gunakan beberapa bobby pin untuk membuat sanggul tetap kencang dan tidak mudah terlepas. 


(Baca Juga: Ikuti 7 Cara Ini Untuk Hilangkan Ketombe Pada Rambut)


Itu dia beberapa inspirasi model rambut sanggul yang bisa bikin penampilanmu lebih trendi dan menawan. Selamat mencoba!





(Penulis: Calvin)

Hair & beauty