Life & health

6 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki, Bisa Dicoba!

By : Her World Indonesia - 2023-06-24 12:00:02 6 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki, Bisa Dicoba!

Bekas luka pada kaki yang kecil, tipis, dan tidak menghitam mungkin tidak begitu mengganggu. Bekas luka seperti itu biasanya akan berangsur-angsur memudar seiring berjalannya waktu. Namun, bekas luka yang besar, kasar, dan menghitam akan sangat mengganggu penampilan dan bisa menurunkan kepercayaan diri. Sebagian besar bekas luka seperti itu cukup sulit untuk dihilangkan sepenuhnya. Namun, ada beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki yang bisa kamu coba untuk menyamarkan tampilannya. Bagaimana caranya? Simak ulasan Her World berikut ini!


1. Oleskan gel lidah buaya


(Cara menghilangkan bekas luka di kaki. Foto: Dok. Freepik)


Seperti yang diketahui, lidah buaya atau aloe vera terkenal akan segudang manfaatnya untuk kulit, seperti melembapkan kulit, meredakan peradangan, membantu mempercepat penyembuhan luka, dan mencerahkan kulit. Itulah mengapa, aloe vera dipercaya mampu membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka di kaki. 


Caranya, oleskan gel lidah buaya alami secara rutin pada bekas luka di kaki, diamkan beberapa saat dan bilas. Menghilangkan bekas luka di kaki menggunakan gel lidah buaya termasuk cara alami sehingga hasilnya tidak bisa dilihat secara instan, membutuhkan sekitar dua minggu hingga satu bulan, atau mungkin lebih lama, sampai hasilnya terlihat, tergantung dari kondisi bekas luka dan karakteristik kulit.


2. Oleskan madu


Mengoleskan madu alami pada bekas luka di kaki dipercaya bisa membantu memudarkan warna kehitamannya. Cairan manis yang dihasilkan oleh lebah ini dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan menghilangkan bekas lukanya. Ini berkat sifat antibakteri, antiradang, dan antioksidan di dalam madu yang sangat baik untuk menghilangkan bekas luka di kulit. 


Sebelum mengoleskan madu pada bekas luka di kaki, pastikan kamu sudah membersihkan area bekas luka sampai benar-benar bersih. Kemudian, ambil cairan madu alami secukupnya dan oleskan pada area bekas luka, balut dan diamkan semalaman. Keesokan paginya, buka balutan dan bilas hingga bersih. 


3. Gunakan bawang putih


Tak hanya mampu meningkatkan cita rasa pada makanan, ternyata bawang putih juga mampu membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka di kaki yang disebabkan oleh psoriasis. Kamu cukup mengoleskan bawang putih pada area bekas luka, lalu biarkan selama beberapa menit agar bawang putih bekerja pada permukaan kulit. Setelah itu, bilas menggunakan air mengalir sampai benar-benar bersih. Lakukan cara ini secara rutin hingga bekas luka di kaki tersamarkan dan hilang. 


4. Gunakan minyak esensial


Minyak esensial termasuk salah satu bahan alami yang efektif membantu mempercepat regenerasi sel-sel kulit. Kamu bisa menggunakan essential oil untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka sekaligus menghilangkan bekasnya. Namun, tidak semua jenis minyak esensial bisa digunakan, hanya coconut oil, olive oil, lavender oil, tea tree oil, almond oil, dan rose oil. Kamu bisa mengoleskan minyak esensial pada area bekas luka dan lakukan pemijatan ringan. Dengan memberikan sedikit pijatan dapat mencegah penumpukan kolagen yang menyebabkan bekas luka menonjol. Kamu bisa mencoba cara ini setiap hari, 2-3 kali secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. 


(Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Air Hangat Bagi Wajah!)


5. Rutin eksfoliasi

(Cara menghilangkan bekas luka di kaki. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Eksfoliasi bermanfaat untuk membantu mengangkat lapisan kulit yang rusak, mempercepat regenerasi kulit, dan menghilangkan bekas luka di kulit. Gunakan produk body exfoliating atau dan lakukan eksfoliasi setiap 1-2 kali dalam minggu pada area bekas luka di kaki. Kemudian oleskan body lotion setelahnya. Pilih produk body exfoliating yang gentle dan memiliki kandungan yang tidak menyebabkan kemerahan dan iritasi. 


6. Gunakan lemon


Lemon dikenal sebagai salah satu buah kaya vitamin C dan antioksidan. Lemon juga diketahui mengandung alpha-hydroxy acids (AHA) yang mampu menangkal efek radikal bebas pada kulit. Oleh sebab itu, buah bercita rasa asam ini dipercaya sangat baik untuk membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka menghitam di kaki. Kamu cukup mengoleskan air perasan lemon pada bekas luka di kaki secara rutin, dua kali sehari pada pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan kamu membersihkan area bekas luka di kaki sebelum dan sesudah menggunakan air perasan lemon untuk mencegah terjadinya iritasi. Mengoleskan air perasaan lemon pada area bekas luka di kaki secara rutin dapat membantu memudarkan warnanya dari waktu ke waktu. 


7. Gunakan minyak vitamin E 


Hampir sama dengan cara kerja minyak esensial, minyak vitamin E juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan bekas luka di kaki yang sulit dihilangkan. Kamu bisa mengoleskan minyak vitamin E pada area bekas luka dan berikan pijatan ringan agar minyak vitamin E dapat meresap dan bekerja dengan maksimal, serta mencegah penumpukan kolagen yang menyebabkan bekas luka menonjol. Diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara menghilangkan bekas luka di kaki satu ini secara rutin, minimal 2 kali sehari. Menggunakan minyak vitamin E secara rutin dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit dan menyamarkan bekas luka di kaki yang menggelap. 


(Baca Juga: Ketahui 6 Ciri Kulit Kombinasi Dan Cara Mengujinya!)


Itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami yang aman dan mudah kamu lakukan. Apabila bekas luka di kaki terasa gatal, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk diagnosa dan penanganan lebih lanjut, 


(Penulis: Calvin)


Life & health