Hair & beauty

Ketahui 6 Ciri Kulit Kombinasi Dan Cara Mengujinya!

By : Her World Indonesia - 2023-05-29 12:00:01 Ketahui 6 Ciri Kulit Kombinasi Dan Cara Mengujinya!

Apakah kamu sering bingung menentukan jenis kulit wajahmu ketika ingin beli produk kecantikan atau skincare? Jika dibilang jenis kulitmu berminyak, tidak juga, karena ada beberapa bagian yang kering. Namun sebaliknya, jika dikatakan berjenis kulit kering, ada bagian yang berminyak juga. Jika kondisi kulitmu seperti itu, berarti kamu memiliki jenis kulit kombinasi.


Memiliki kulit wajah kombinasi berarti kamu perlu memberinya perhatian dan perawatan khusus yang tidak semudah merawat wajah dengani satu jenis kulit saja. Dengan memiliki kulit kombinasi berarti kamu memiliki dua jenis kulit, yaitu kering dan berminyak yang perlu dijaga kesehatannya secara bersamaan. Masih belum yakin jika kulitmu tipe kombinasi apa bukan? Yuk, simak ciri-ciri kulit kombinasi di bawah ini!


1. Kondisi kulit yang berbeda-beda pada area wajah

Salah satu ciri umum kamu memiliki kulit kombinasi adalah sebagian kulit wajahmu berminyak dan sebagian lagi kering. Lebih tepatnya pada bagian T-zone, yaitu daerah dahi, hidung, dan dagu lebih berminyak dibanding daerah lainnya. Sedangkan di bagian pipi, sekitar mata, dan mulut cenderung terasa kering. Kulitmu juga cenderung terasa berminyak saat cuaca panas dan kering saat cuaca dingin.


2. Kulit kering tetapi sering timbul jerawat


(Kulit kombinasi walau memiliki bagian kulit yang kering, rentan timbul jerawat akibat sebum. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


Ini juga menjadi salah satu ciri yang khas bagi kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi. Kamu merasa kulitmu kering, tetapi sering ada jerawat yang muncul. Hal ini terjadi karena kamu juga memiliki kulit wajah berminyak di saat yang bersamaan. Area berminyak pada wajahmu rentan berjerawat disebabkan oleh kelenjar sebaceous. Produksi sebum yang berlebih akan bertumpuk dengan sel kulit mati sehingga menghasilkan jerawat jika wajah tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik.


(Baca Juga: Wajib Coba! 5 Rekomendasi Cushion Untuk Kulit Kombinasi)


3. Pori-pori tampak lebih besar dan mengilap di sebagian area


(Pori-pori pada area hidung cenderung lebih besar. Foto: Dok. Angela Roma/Pexels)


Jika kamu memiliki kulit kombinasi, kamu dapat menemukan bahwa pori-pori pada area area hidungmu lebih besar dan mengilap dibandingkan dengan area dagu atau pipi karena berminyak. Sel kulit mati menumpuk dan menyumbat pori-pori di daerah kulit berminyak. Kulit yang mengilap disebabkan oleh kelenjar sebaceous di bawah kulit yang memproduksi sebum berlebih.


4. Kulit bersisik pada beberapa bagian

Sering kali dikira bahwa kulit yang bersisik bahkan mengelupas merupakan ciri dari kulit kering saja. Ternyata, ciri tersebut juga dimiliki dan sering terjadi pada pemilik kulit kombinasi. Namun di sisi lain, jika kamu merasa kulit wajah yang bersisik dan mengelupas terjadi pada area wajah yang berminyak, hal tersebut bisa terjadi karena kulit terkena jamur atau bakteri.


5. Area sekitar mata dan mulut berkeriput


(Garis-garis pada area mata dan mulut yang berbeda dengan area wajah lainnya. Foto: Dok. lil artsy/Pexels)


Kamu juga bisa memerhatikan kondisi kulit pada area sekitar mata dan mulut untuk melihat apakah kamu memiliki tipe kulit kombinasi. Jika kamu memiliki kulit kombinasi, area sekitar mata dan mulut memiliki banyak keriput. Kamu dapat melihat garis pada area mata dan mulut akan berbeda dengan area kulit lainnya.


(Baca Juga: Ini 6 Rekomendasi Moisturizer Untuk Kulit Kombinasi)


6. Memiliki rambut kering tetapi juga berminyak


(Rambut kering tetapi mudah berminyak. Foto: Dok. Moose Photos/Pexels)


Ternyata, mendeteksi kamu memiliki kulit kombinasi atau tidak juga dapat kamu lakukan dengan mengobservasi kondisi rambutmu. Jika kamu memiliki rambut kering, tetapi cepat lengket atau berminyak setelah kamu tidak keramas satu hari saja, itu menjadi tanda kalau kamu memiliki kulit kombinasi, lho.


Itu dia enam ciri yang dimiliki oleh kamu yang memiliki tipe kulit wajah kombinasi. Namun, jika kamu masih berasa tidak yakin, kamu bisa mencoba dua cara ini untuk menguji tipe kulitmu.


1. Metode mencuci muka


(Cuci muka lalu diamkan beberapa saat. Foto: Dok. Vitória Santos/Pexels)


Kamu bisa mulai dengan mencuci muka seperti biasa, lalu kamu tunggu selama beberapa menit. Jika setelah beberapa menit kamu merasa T-zone mulai berminyak kembali dan pipi masih terasa kering, wajahmu dapat dipastikan masuk dalam jenis kulit kombinasi.


Sedikit tip, jika kamu memiliki kulit wajah kombinasi, disarankan untuk menggunakan sabun cuci muka yang berbahan dasar air dan memiliki teksur yang ringan dan lembut. Ketika sedang mencari produk sabun cuci muka, kamu dapat memiliki sabun cuci muka dengan label “soap free”.


2. Metode menggunakan kertas minyak

Cara yang satu ini juga sangat sederhana untuk dilakukan. Pertama, bersihkan wajah seperti biasa terlebih dahulu. Biarkan wajahmu kering hingga tiga jam tanpa menggunakan skincare apa pun. Kemudian, tempelkan kertas minyak pada area-area wajah.


Kertas akan menempel pada area wajah yang berminyak, sedangkan kertas tidak akan menempel pada bagian wajah yang kering. Bagian terpenting, kamu harus perhatikan ketika menempelkan kertas minyak di bagian T-zone. Jika kertas minyak menempel hanya di bagian T-zone, yang menandakan area tersebut berminyak, sedangkan area lainnya tidak, kamu berarti memiliki kulit kombinasi.


Berikut dua jenis metode pengujian yang sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Semoga membantu dan kamu bisa mengetahui apakah kamu memiliki tipe kulit wajah kombinasi atau bukan.


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Hair & beauty