Lakukan Ini Untuk Pola Makan Sehat, Bergizi, Dan Seimbang!


  • Lakukan Ini Untuk Pola Makan Sehat, Bergizi, Dan Seimbang!
    Pola makanan yang sehat, bergizi, dan seimbang. (Foto: Dok. Arx0nt/iStock)

    Pandemi COVID-19 ini mendorong masyarakat untuk lebih menjaga kesehatannya. Berbagai cara pun dilakukan untuk tetap sehat, seperti mengonsumsi berbagai tablet vitamin dan suplemen lainnya hingga menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah. Tak sedikit juga orang-orang yang menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan berolahraga secara rutin. Namun, nyatanya tidak hanya olahraga saja yang membuat tubuh kita menjadi sehat, tapi pola makan yang sehat, bergizi, dan seimbang harus kita terapkan juga, loh!


    Pola makan kita adalah hal yang paling penting untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Tanpa pola makan yang baik, usaha kita untuk berolahraga dan mengonsumsi berbagai vitamin tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. Maka dari itu, kita harus menerapkan pola makanan yang sehat, bergizi, dan seimbang. 




    pola makanan sehat bergizi dan seimbang

    (Empat sehat lima sempurna. Foto: Dok. Jatikom)


    Pasti kita pernah mendengar tentang "empat sehat lima sempurna". Kampanye pola makan sehat yang diadakan pemerintah sejak tahun 1955 ini mempromosikan pola makan yang benar kepada masyarakat. Pola makan ini terdiri dari makanan sehat seperti nasi, lauk-pauk. sayur-sayuran, buah-buahan, dan disempurnakan oleh susu. Pola makan ini bermanfaat sebagai sumber energi, untuk mempertahankan imunitas tubuh, memperbaiki sel-sel yang rusak, mengatur metabolisme tubuh, dan mendukung perkembangan tubuh. 


    Zat Yang Diperlukan Tubuh


    Di dalam "empat sehat lima sempurna" tersebut, kita harus mengetahui bahwa ada beberapa zat yang sangat diperlukan oleh tubuh, seperti berikut ini!


    1. Karbohidrat

    Karbohidrat menjadi sumber tenaga utama yang memasok energi ke dalam tubuh. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi, kentang, sagu, gula, jagung, dan sebagainya. Namun, karbohidrat tidak boleh kita konsumsi terlalu banyak untuk mencegah diabetes dan berbagai penyakit lainnya. 


    2. Lemak

    Lemak menjadi sumber tenaga cadangan yang diperlukan oleh tubuh ketika tenaga utama sudah habis. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi juga akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Lemak terkandung dalam beberapa makanan seperti daging hewani, alpukat, kacang-kacangan, dan mentega. Sama seperti karbohidrat, kita harus mengonsumsi lemak secukupnya karena ketika tubuh kelebihan lemak, sisa lemak yang lebih tersebut tidak akan berubah menjadi energi. 


    3. Protein

    Protein berperan sebagai zat pembangun dan pengatur energi dalam tubuh yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel tubuh serta memperbaiki sel-sel yang rusak. Protein terkandung dalam makanan daging hewani seperti daging ayam, daging merah, dan ikan. Selain itu, beberapa makanan seperti tahu, tempe, kedelai, dan kacang polong juga mengandung protein. 


    pola makanan sehat bergizi dan seimbang

    (Daging merah adalah sumber protein hewani. Foto: Dok. mali maeder/Pexels)


    4. Vitamin

    Vitamin berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh dengan fungsi yang berbeda-beda. Vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, vitamin B untuk membantu proses metabolisme tubuh, vitamin C untuk menjaga imunitas tubuh, vitamin D untuk menyehatkan tulang, vitamin E sebagai antioksidan, serta vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah. Vitamin biasanya terkandung dalam berbagai sayur-sayuran dan buah-buahan. 


    5. Air 

    Tubuh memerlukan air yang cukup untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mencegah batu ginjal, meningkatkan kesehatan kulit, dan dan sebagainya. Kita wajib minum air sebanyak delapan gelas atau dua liter per hai untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. 


    (Baca Juga: 6 Olahraga Yang Bisa Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu)


    Ikuti Cara Ini!


    Setelah mengenal zat-zat apa saja yang kita perlukan dalam pola makan kita, Her World sudah merangkum beberapa cara yang wajib kita ikuti untuk mencapai pola makan yang sehat, bergizi, dan seimbang. Yuk, kita simak berikut ini!


    1. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok

    Nasi memang mengandung karbohidrat, namun miskin kandungan protein, mineral, dan berbagai hal lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Kita membutuhkan berbagai jenis pangan untuk mencukupi seluruh kebutuhan zat gizi dalam tubuh, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan, daging, dan sebagainya. 


    2. Batasi konsumsi makanan manis, asin, dan berlemak

    Mengonsumsi makanan manis, asin, dan berlemak secara berlebihan akan meningkatkan risiko penyakit tertentu. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi tidak lebih dari empat sendok makan gula, satu sendok teh garam, dan lima sendok makan minyak per harinya. 


    3. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal

    Kita cukup melakukan aktivitas fisik ringan selama lima hingga 10 menit dan aktivitas fisik sedang selama 30 menit per harinya. Aktivitas fisik yang cukup akan menjaga berat badan kita di tingkat yang ideal dan terhindar dari penyakit obesitas. 


    pola makanan sehat bergizi dan seimbang

    (Berolahraga akan membantu pencapaian pola makanan yang sehat. Foto: Dok. William Choquette/Pexels)


    4. Konsumsi lauk pauk dengan protein tinggi

    Pilihlah makanan dengan kandungan protein tinggi dan dalam kategori rendah lemak. Protein terbagi menjadi dua, yaitu hewani (daging) dan nabati (sayur). Protein hewani dari ikan adalah yang terbaik karena rendah lemak. 


    5. Cuci tangan dengan air mengalir

    Kita juga harus menjaga kebersihan sebelum makan dengan sabun dan air mengalir untuk mencegah masuknya mikroorganisme penyebab berbagai penyakit ke dalam tubuh. Dengan melakukan cara ini, kita bisa menghentikan penyebaran kuman yang menyebabkan berbagai infeksi. 


    6. Biasakan sarapan pagi

    Banyak orang sering melewatkan sarapan di pagi hari. Padahal, sarapan adalah salah satu aktivitas terpenting untuk mencukupi kebutuhan energi kita sebelum beraktivitas sepanjang hari. Sarapan dengan menu yang sehat juga bermanfaat untuk membuat tubuh semakin ideal, meningkatkan konsentrasi, dan mencegah berbagai macam penyakit. 


    7. Cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh


    Kita wajib mengonsumsi air putih minimal sebanyak delapan gelas atau dua liter setiap harinya. Hal ini akan membantu fungsi ginjal dan mencegah tubuh dari dehidrasi. Tak hanya fungsi ginjal saja, air putih juga membantu tubuh untuk berfungsi secara keseluruhan dengan normal. 


    (Baca Juga: Mitos Pola Makan Sehat Yang Sebaiknya Diabaikan)


    Itulah beberapa cara untuk menaati pola makan yang sehat, bergizi, dan seimbang yang wajib kita ikuti. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Andrea Nathania)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below