Hair & beauty

5 Cara Menyimpan Perhiasan Agar Awet & Warnanya Tidak Pudar!

By : Fariza Rahmadinna - 2023-06-27 14:00:01 5 Cara Menyimpan Perhiasan Agar Awet & Warnanya Tidak Pudar!

Perhiasaan adalah salah satu aksesoris penting bagi kaum wanita untuk menunjang penampilan, seperti kalung, gelang, cincin, dan anting. Untuk alasan itu, tidak sedikit wanita yang memiliki lebih dari satu dari setiap jenis perhiasan. 


Perhiasan butuh disimpan secara khusus untuk memastikan agar warnanya tidak berubah (tarnish) dan tidak rusak. Kamu tidak boleh begitu saja mencampurkan semua jenis perhiasaan dalam satu tempat penyimpanan. Sebab, ukuran dan bentuknya bervariasi, itu perlu disimpan secara terpisah. Kalung panjang, misalnya, tidak bisa kamu simpan dalam satu tempat yang sama dengan anting-anting. 


Menyimpan semua perhiasan dalam satu tempat secara sembarangan bisa membuatnya rusak (atau kusut) dan warnanya bisa berubah (tarnish). 


Berikut ini beberapa cara menyimpan perhiasan emas agar awet, warnanya tidak berubah, dan tentunya jadi lebih rapi. Simak!


1. Gunakan kotak perhiasan khusus


(Kotak perhiasan khusus. Foto: Dok. Cornelia Ng/Unsplash)


Untuk menyimpan koleksi perhiasan emas agar awet, kamu bisa menggunakan kotak perhiasaan khusus untuk setiap jenis perhiasannya. Kotak perhiasaan untuk cincin, misalnya, yang memang dibuat dengan bantalan khusus untuk menyimpan cincin. Atau, khusus untuk koleksi perhiasan kamu yang memiliki harga yang terbilang mahal, gunakan kotak perhiasaan khusus dengan inner dari kain beludru yang biasanya hanya digunakan untuk menyimpan satu jenis perhiasan. 


2. Pisahkan perhiasaan berdasarkan fungsi dan jenisnya


(Pisahkan perhiasan berdasarkan fungsi dan jenisnya. Foto: Dok. lucielle Jewel/Unsplash)


Cara menyimpan perhiasan emas yang baik berikutnya yaitu dengan memisahkan koleksi perhiasan kamu berdasarkan fungsi dan warnanya, guna menjaga agar perhiasaan emas tidak cepat mengalami tarnishing dan lebih awet.  Ketika beberapa fungsi dan jenis perhiasan yang berbeda tercampur menjadi satu, itu bisa sangat mungkin membuat perhiasan kusut dan menyulitkan kamu saat ingin mengenakan perhiasan. 


Pisahkan perhiasaan berdasarkan fungsinya, seperti cincin, kalung, gelang, dan anting-anting. Selain itu, pisahkan juga perhiasan berdasarkan jenisnya, seperti antara gelang chunky dan bangle, antara anting-anting hoop, stud dan long dangles, atau antara kalung multichain dan statement piece


3. Selalu pastikan perhiasan kering dan bersih


Setelah memisahkan perhiasan emas sesuai fungsi dan jenisnya, setelah digunakan dan sebelum disimpan, pastikan kamu menyimpan perhiasaan ke kotak perhiasaan dalam keadaan kering dan bersih. Hal ini karena, kelembapan yang tinggi dan kotor dapat menjadi penyebab perhiasaan cepat mengalami tarnishing. Perhiasan yang terkena cairan, seperti parfum, lotion, dan keringat juga bisa cepat memudarkan warnanya. Oleh karena itu, keringkan dan bersihkan perhiasan setelah digunakan dan sebelum menyimpannya. 



(Baca Juga: Frank & co. Rayakan 27th Anniversary Dengan Koleksi Spesial)


4. Pertahankan suhu ruangan yang konsisten


Berikutnya, simpan perhiasaan di tempat dengan suhu normal, tertutup, di tempat dengan kelembaban tidak tinggi, dan tidak panas. Pertimbangkan untuk memiliki dehumidifier di ruangan tempat kamu menyimpan perhiasan. Atau, gunakan paket silika untuk kotak perhiasan yang berguna menyerap kelembapan berlebih. Itu semua bisa menjaga koleksi perhiasan kamu tetap awet dan warnanya tidak memudar. 


Hindari menyimpan kotak perhiasan di tempat yang panas dan terbuka dengan suhu ekstrem, seperti tepat di dekat jendela yang terbuka. 


5. Coba semprotkan pelindung perhiasan 


Satu lagi tips menyimpan perhiasan emas agar awet yaitu dengan menyemprotkan pelindung perhiasan, atau jewelry protectant coating spray. Cairan ini diformulasikan khusus untuk melindungi perhiasan emas kamu dari elemen-elemen yang berkontribusi pada proses tarnishing. Bahkan, itu juga bisa melindungi kulit kamu dari alergi akibat penggunaan perhiasan, seperti iritasi, ruam, dan gatal-gatal, terutama pada kulit yang ekstra sensitif. 



(Baca Juga: Penuh Makna, Ini 8 Barang Seserahan Pernikahan untuk Wanita!)


Itulah lima cara menyimpan perhiasaan agar awet yang akan mencegah proses tarnishing, tidak rusak dan kusut, serta jadi lebih rapi. 




Hair & beauty