Brides

Penuh Makna, Ini 8 Barang Seserahan Pernikahan untuk Wanita!

By : Her World Indonesia - 2023-05-17 15:00:02 Penuh Makna, Ini 8 Barang Seserahan Pernikahan untuk Wanita!

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum menggelar pesta pernikahan, mulai dari venue, dekorasi, katering, makeup dan busana, hingga seserahan untuk wanita. Membawa seserahan dari calon mempelai pria untuk calon mempelai wanita merupakan salah satu tradisi pernikahan di Indonesia, yang memiliki makna dalam. 


Berbeda dengan hantaran yang biasanya berisi makanan, sembako, dan buah-buahan, seserahan biasanya berisi barang-barang yang digunakan oleh calon mempelai wanita setiap harinya. Bukan tanpa alasan, hal itu dimaknai sebagai bentuk kemampuan calon mempelai pria untuk memenuhi kebutuhan calon mempelai wanita setelah memulai kehidupan rumah tangga. 


Sederhananya, barang-barang seserahan untuk wanita yang diberikan pria ini menunjukkan bahwa si calon suami siap dan mampu menafkahi dan memenuhi kebutuhan si calon istri. Berikut ini beberapa barang-barang seserahan untuk wanita yang wajib ada, meliputi: 


1. Perlengkapan Ibadah


Salah satu barang seserahan untuk wanita yang wajib ada yaitu perlengkapan ibadah, khususnya bagi pasangan yang beragama Islam. Makna seserahan ini yaitu sebagai pengingat agar kedua mempelai bisa semakin meningkatkan ibadahnya, agar rumah tangganya selalu diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa. 


Selain itu, memberikan perlengkapan ibadah sebagai seserahan untuk wanita juga bisa menunjukkan bahwa si calon suami siap menjadi imam untuk si calon istrinya. Dalam kotak seserahan perlengkapan ibadah, biasanya diisi dengan berbagai perlengkapan sholat seperti mukena, sajadah, Al-Qur’an, dan tasbih, yang ditata dengan sangat cantik. 


2. Perhiasan


(Kalung sebagai seserahan untuk wanita. Foto: Dok. Cornelia NG/Unsplash)


Berbeda dengan mahar pernikahan, perhiasan juga harus ada dalam seserahan pernikahan untuk wanita (tapi, sesuaikan dengan kemampuan). Seserahan perhiasan bermakna bahwa nantinya si calon mempelai wanita akan tetap bersinar dan berkilauan seperti perhiasan setelah menikah. Ini juga bermakna bahwa si calon suami siap dan bersedia membelikannya perhiasan untuk mempercantik calon istrinya.


Biasanya isi dalam kotak seserahan perhiasan, seperti anting, kalung, gelang dan cincin. Untuk beratnya, bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kesepakatan antara pihak pria dan pihak wanita. 


3. Pakaian


Seserahan pernikahan untuk wanita berikutnya yakni pakaian yang dibagi menjadi dua kategori, pakaian sehari-hari dan pakaian pesta. Makna pakaian sebagai isi seserahan yaitu sebagai harapan agar bisa menjaga rahasia kehidupan rumah tangga sebagai pasangan suami istri. Hal ini juga merupakan simbol bahwa si calon mempelai pria mampu memenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan untuk calon istrinya. Pakaian yang biasanya dipilih sebagai seserahan untuk wanita, seperti set lingerie, pakaian tidur, pakaian kerja, dan pakaian pesta; dress atau kebaya. 


(Baca Juga: Ini 4 Cara Mudah Mengatur Pengeluaran Untuk Pesta Pernikahan)


4. Skincare


Skincare adalah salah satu barang penting bagi wanita yang dipakai setiap harinya. Untuk itu, skincare jadi barang penting lainnya yang wajib ada dalam seserahan untuk wanita. Seserahan ini memiliki makna bahwa si calon suami mampu memenuhi kebutuhan untuk perawatan kulit si calon istri. Sekaligus dimaksudkan agar si istri bisa menjaga penampilannya dan selalu tampil cantik di depan suami. 


Untuk produknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan si calon mempelai wanita. Namun, beberapa produk skincare yang cukup umum digunakan oleh wanita, termasuk pembersih wajah (face wash), pelembap, toner, serum, eye cream, pelembap, dan sunscreen. Supaya lebih bermanfaat, kamu bisa meminta si calon suami untuk membelikan produk skincare yang cocok dengan tipe dan kebutuhan kulit kamu, ya


5. Perlengkapan Mandi


Tak hanya skincare, produk perawatan tubuh dan perlengkapan mandi juga wajib ada dalam seserahan untuk wanita. Seserahan ini menjadi simbol bahwa si calon mempelai pria bisa menafkahi dan memenuhi kebutuhan sehari-hari calon istrinya. Beberapa produk perawatan tubuh dan perlengkapan mandi yang umum dipilih sebagai seserahan, seperti sabun mandi, sampo dan kondisioner, sikat gigi, body lotion, dan body scrub


6. Makeup


(Makeup sebagai seserahan untuk wanita. Foto: Dok. zhugewala/Pexels)


Makeup jadi barang penting berikutnya yang wajib ada dalam seserahan pernikahan, yang dimaksudkan agar si calon istri bisa menjaga penampilannya dan selalu tampil cantik di depan suaminya kelak. 

Beberapa produk makeup yang biasa digunakan wanita dan dipilih untuk seserahan, seperti foundation/cushion, bedak, blush on, highlighter, pensil alis, eyeliner, dan lipstik. 


7. Handuk Pasangan


Handuk pasangan, atau sering disebut juga dengan handuk couple, juga biasa ada dalam seserahan pernikahan untuk wanita. Makna dari seserahan ini adalah agar si calon kedua mempelai sebagai seorang suami dan istri harus selalu menjaga kebersihannya baik lahir maupun batin. Supaya terasa lebih personal, kamu bisa menuliskan inisial nama kamu dan pasangan. 


8. Sepatu


Satu lagi barang seserahan pernikahan yang wajib ada, yaitu sepatu. Seserahan ini merupakan simbol bahwa si calon mempelai pria dan wanita akan selalu berjalan beriringan bersama-sama menghadapi segala situasi dalam kehidupan rumah tangga. 



(Baca Juga: Simak, Inspirasi Gaya Foto Prewedding Indoor)


Itulah beberapa isi seserahan untuk wanita yang wajib ada, dari calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita. Makna dari seserahan ini sebenarnya cukup dalam dan penuh harapan baik. Jadi, bicarakan dengan pasangan kamu, jangan sampai seserahan ini memberatkan calon mempelai pria. 





(Penulis: Calvin)


Brides