Food & travel

6 Makanan Tradisional Jawa Barat yang Wajib Kalian Coba!

By : Her World Indonesia - 2023-06-12 17:00:01 6 Makanan Tradisional Jawa Barat yang Wajib Kalian Coba!

Indonesia merupakan negara besar yang melimpah akan keanekaragaman suku bangsa, budaya, seni, dan tentunya makanan tradisional. Semua daerah di Indonesia memiliki variasi kuliner yang menjadi ciri khas masing-masing, tak terkecuali Provinsi Jawa Barat.


Daerah dengan julukan Bumi Pasundan ini merupakan kampung halaman dari sejumlah makanan tradisional yang telah tersohor secara nasional seperti batagor, seblak, dan cireng. Tetapi masih banyak lagi lho kuliner asli Jawa Barat yang pastinya akan memuaskan indra pengecap kalian. Yuk! Simak daftarnya berikut ini:


1. Mi Kocok 


(Gurih dan segarnya mi kocok bandung. Foto: Dok. mihkocokmangdadengasli/Instagram)

Membahas daftar makanan tradisional Jawa Barat tentu paling pas dimulai dengan hidangan dari Ibu kotanya. Mi kocok merupakan sajian khas Kota Bandung yang bercita rasa kuah kaldu sapi gurih dan segar, dipadukan dengan tekstur kenyal dari mie kuning. Mi kocok biasanya disajikan dengan topping yang beragam antara lain irisan kikil, bakso, kecambah, dan terkadang babat sapi, serta dilengkapi dengan garnish berupa irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Kemudian bisa ditambahkan perasan jeruk nipis yang akan menyempurnakan perpaduan rasa gurih dan segar dari hidangan istimewa satu ini. 


(Baca Juga: 6 Makanan Khas Sunda Yang Unik & Lezat, Dijamin Ngiler!)


2. Nasi Tutug Oncom


(Nikmatnya nasi tutug oncom. Foto: Dok. nasitutugbaqa.id/Instagram)

Hidangan nasi yang satu ini merupakan sajian khas dari Kabupaten Tasikmalaya. Nasi tutug oncom memadukan nikmatnya nasi putih pulen dengan umami dari oncom. Nasi putih yang telah dicampur dengan oncom kemudian dibalut menggunakan daun pisang dan disajikan dengan sambal serta berbagai pilihan macam lauk pauk. Yang paling umum biasanya terdiri dari ayam goreng, tahu goreng, dan tempe goreng. Nasi tutug oncom memang tidak begitu banyak dijumpai di luar Provinsi Jawa Barat. Jadi bagi kalian yang sedang berkunjung ke Jawa Barat, khususnya Tasikmalaya jangan lupa untuk mencicipi hidangan ini, ya!


3. Karedok


(Karedok khas jawa barat. Foto; Dok. resepmasaksebaysul/Instagram)

Indonesia memiliki banyak jenis makanan dengan kombinasi sayuran dan bumbu kacang yang nikmat. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah karedok. Secara khusus, karedok berasal dari bogor, namun juga sudah banyak ditemukan hampir di seluruh penjuru Jawa Barat bahkan Indonesia. Hidangan ini terdiri dari beragam jenis sayuran mentah seperti mentimun, tauge, kol, kacang panjang, ubi, labu siam, daun kemangi, dan terong atau leunca kemudian diberi twist berupa oncom bakar yang sudah pasti umami.


4. Sate Maranggi


(Sate maranggi khas Purwakarta. Foto: Dok. satepanur/Instagram)


Sate merupakan jenis makanan yang begitu merakyat di Indonesia. Ada begitu banyak variasi yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Salah satunya adalah sate maranggi yang berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Sate maranggi menggunakan bahan utama daging sapi yang dimarinasi dengan campuran kecap manis dan beberapa rempah istimewa kemudian dibakar di atas arang yang membuatnya kaya akan rasa dan empuk. Kemudian, sate maranggi akan lebih nikmat jika disantap bersama sambal tomat, sambal oncom, atau bahkan ketan bakar.


5. Dodol Garut


(Salah satu produk dodol garut. Foto: Dok. barokah_jaya_snack/Instagram)


Sesuai dengan namanya, dodol garut merupakan camilan yang berasal dari dari Garut, Jawa Barat. Bahan utamanya yaitu tepung ketan, gula merah, dan santan. Beberapa varian rasa lain seperti cokelat, strawberry, durian, dan lain sebagainya pun sekarang sudah tersedia di pasaran untuk menggugah selera sekaligus meningkatkan daya jual. Sekilas, dodol garut memiliki kemiripan dengan jenang kudus khas Jawa Tengah. Tetapi perbedaannya terletak pada teksturnya yang lebih halus dan konsistensinya yang lebih padat dan kering.


6. Batagor


(Hidangan batagor lengkap dengan sambal. Foto: Dok. Ikarahma/freepik)


Hidangan yang satu ini rasanya sudah tidak perlu banyak pengenalan lagi. Batagor merupakan makanan tradisional dari Jawa Barat yang sudah sangat tersebar luas dan populer di seluruh Indonesia. Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Sesuai namanya, batagor dibuat dari tahu yang dilembutkan dan diisi dengan adonan berbahan ikan tenggiri dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola yang digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang dan renyah, kemudian disajikan dengan bumbu kacang, kecap, kemudian bisa ditambahkan sambal dan jeruk nipis untuk menyempurnakannya.


(Baca Juga: 10 Makanan Indonesia yang Terkenal di Mancanegara)


Itulah beberapa varian makanan tradisional ciri khas Provinsi Jawa Barat yang telah dirangkum oleh Her World. Tentu, Jawa Barat masih memiliki begitu banyak ragam kekayaan kuliner yang tersebar di seluruh kota dan kabupatennya. Setiap jenis hidangannya memiliki cita rasa khas tersendiri dan sudah pasti akan memanjakan lidah kalian. Jadi jika kalian sedang berada di Provinsi Jawa Barat, pastikan untuk menjelajahi setiap variasi kulinernya, ya!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Food & travel