Life & health

7 Tanda-Tanda Anemia Yang Sering Terjadi Pada Wanita

By : Vanessa Masli - 2023-06-06 17:00:01 7 Tanda-Tanda Anemia Yang Sering Terjadi Pada Wanita

Banyak kondisi tubuh yang penting untuk dikenali, termasuk kalau tubuhmu mengalami kondisi kurang darah atau lebih dikenal dengan anemia. Saat sel darah merah yang sehat tak berfungsi dengan baik atau justru kekurangan, kamu akan jadi sulit memiliki energi untuk beraktivitas sekaligus penampilan yang terlihat lebih pucat dari biasanya.


Mungkin sekilas seperti kamu yang kelelahan akibat pekerjaan dan stres berlebihan, tapi bisa jadi itu adalah tanda-tanda anemia yang tak disadari. Apalagi buat kamu yang kerap merasakannya saat menstruasi, rangkuman Her World di bawah ini akan membuatmu mengenali apa yang jadi tanda-tanda anemia pada wanita. Penasaran apa saja? Simak terus sampai akhir ya!


1. Mudah lelah saat melakukan aktivitas ringan


Memang pekerjaan bisa membuat kamu stres hingga kelelahan, mungkin hari yang panjang juga bikin tubuh lelah, tapi anemia juga menunjukkan gejalanya saat kamu merasa kelelahan yang tak biasa. Akibat produksi hemoglobin atau sel darah merah yang kurang maksimal, seluruh bagian tubuh sulit untuk mendapatkan oksigen ke seluruh tubuh.


Kurangnya asupan oksigen memaksa jantung untuk bekerja lebih keras mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh, jadi tak heran kamu merasa cepat lelah. Bahkan kamu bisa merasa sangat lelah setelah melakukan aktivitas-aktivitas ringan, yang biasanya tak membuatmu capek.


2. Sindrom kaki gelisah


Kerap tak disadari, tapi kakimu yang gelisah bisa jadi berkaitan pada kemungkinan tubuhmu kekurangan sel darah merah. Sebab, tak sedikit gejala anemia ditunjukkan dari kaki dan tangan yang terasa lebih dingin sehingga untuk menghangatkannya, kedua kakimu bergerak atau dikenal dengan sindrom kaki gelisah. Sindrom ini tak jarang mengganggu aktivitas di siang hari, bahkan juga mengganggu tidur di malam hari.



(Kamu jadi mudah lelah setelah melakukan aktivitas ringan. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


3. Es batu jadi camilan


Nafsu makan mendadak berkurang tanpa misi untuk menurunkan berat badan dan tak kamu sadari jadi sebuah kebiasaan, mungkin tubuhmu sedang memberi sinyal. Nah, kalau kamu sering menjadikan es batu sebagai camilan itu merupakan salah satu gejala anemia yang kerap terjadi atau dikenal dengan istilah pica.


4. Nyeri di area dada


Sinyal lebih kencang dari tubuh untuk kamu kenali lagi adalah nyeri di area dada. Anemia adalah kondisi kekurangan sel darah merah yang mengirimkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan saat sel tersebut defisit, jantung harus bekerja lebih keras untuk bisa menyalurkan oksigen yang ada ke seluruh tubuh.


Jantung yang bekerja di luar kapasitasnya akan memberi sinyal padamu dengan rasa nyeri di area dada sehingga saat kamu mulai merasakan nyeri, coba beri perhatian pada sinyal tersebut atau periksa langsung ke dokter.


(Baca Juga: Ini 6 Penyebab Umum Biduran Di Wajah & Cara Mengobatinya!)


5. Rambut rontok, kuku rapuh


Tanda-tanda anemia juga berpengaruh pada penampilanmu. Mulai dari rambut kering dan rontok hingga kuku rapuh, kondisi kekurangan zat besi ini bisa membuat rambut dan kuku tak mendapat pasokan darah maupun oksigen yang cukup untuk menjaga kondisinya tetap sehat.


Plus, kekurangan zat besi atau anemia ini juga ditandai dengan kulit yang pucat sehingga kamu tak bisa mengingkari kalau ada perubahan dalam tubuhmu dan harus segera diketahui penyebabnya.


6. Sulit tidur


Kalau kamu mengira kondisi tubuhmu yang kurang energi dan lemas karena anemia akan lebih baik saat tertidur di malam hari. Eits, faktanya tidurmu juga akan terganggu saat alami kondisi anemia. Sindrom kaki gelisah maupun nyeri di area dada memiliki potensi untuk mengganggu tidurmu sehingga situasi ini perlu kamu perhatikan karena bisa jadi merupakan gejala anemia.



(Rambutmu jadi kering dan mudah rontok. Foto: Dok. Moose Photos/Pexels)


7. Lidah membengkak


Kebiasaan mengonsumsi es batu sebagai camilan mungkin tanpa sadar kamu lakukan untuk redakan peradangan yang diakibatkan oleh kurangnya sel darah merah yaitu lidah bengkak. Kondisi tersebut dikenal dengan glossitis, saat lidah membengkak akibat rada yang dipicu kekurangan zat besi.


Tampilan lidah yang semula halus tiba-tiba berubah warna dan menimbulkan rasa nyeri. Gejala ini lagi-lagi harus kamu perhatikan karena bisa membuatmu sulit mengunyah dan menelan makanan yang akhirnya berdampak pada nutrisi tubuh yang berkurang.


(Baca Juga: Mengenal Pottery dan 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental)


Itu dia beberapa tanda-tanda anemia yang sering terjadi pada wanita. Jadi, kalau mengalami gejala tersebut, pastikan kamu beri perhatian lebih pada kondisi tubuh dan segera memeriksakannya ke dokter.


Life & health