Life & health

Ini 6 Penyebab Umum Biduran Di Wajah & Cara Mengobatinya!

By : Her World Indonesia - 2023-05-31 10:00:02 Ini 6 Penyebab Umum Biduran Di Wajah & Cara Mengobatinya!

Tidak sedikit orang yang pernah mengalami biduran di wajah. Biduran adalah reaksi kulit yang ditandai dengan munculnya bentol-bentol merah yang sangat gatal, yang seringkali diakibatkan oleh alergi terhadap makanan atau sesuatu yang bersentuhan dengan kulit. Biduran terjadi ketika tubuh melepaskan histamin sebagai respons terhadap alergen. Pelepasan senyawa inilah yang menyebabkan munculnya bentol-bentol merah. Tidak hanya bisa muncul pada wajah, biduran juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya, terutama yang bersentuhan dengan alergen. Selain disebabkan karena alergi makanan atau sesuatu yang bersentuhan dengan kulit, biduran juga bisa diakibatkan dari konsumsi obat-obatan tertentu, stres, adanya penyakit tertentu, dan genetik. 


Lebih lanjut, berikut ini beberapa penyebab biduran di wajah dan cara tepat untuk mengobatinya. Simak!


Penyebab Biduran Di Wajah


1. Makanan


Sebagaimana diketahui, ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu reaksi alergi pada kulit, seperti seafood, makanan olahan susu, telur, ikan, kerang, kacang, dan kedelai. 


2. Obat-obatan


Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antibiotik dan ibuprofen, juga bisa memicu munculnya biduran di wajah; bentol-bentol merah gatal. 


3. Adanya Penyakit tertentu


Biduran hingga pembengkakan pada wajah sering kali juga terjadi sebagai bagian dari respon tubuh terhadap penyakit tertentu maupun gangguan sistem kesehatan lainnya. Tak jarang, aktivitas transfusi darah, penyakit lupus, hingga infeksi bakteri dan virus bisa menyebabkan munculnya biduran di wajah.


4. Faktor umum dan lingkungan


Faktor ingkungan juga kerap menjadi penyebab umum munculnya biduran di wajah. Beberapa faktor lingkungan seperti serbuk sari, bulu binatang, atau paparan panas sinar matahari yang terkena atau bersentuhan dengan kulit bisa menyebabkan munculnya kemerahan, peradangan, dan bentol-bentol merah yang sangat gatal. 


5. Stres


Dikutip dari laman Cleveland Clinic, tampaknya ada kaitan antara biduran dengan stres ekstrim. Kamu mungkin bisa mengalami biduran di wajah (dan area tubuh lainnya) selama periode stres yang ekstrim. 


6. Genetik


Satu lagi penyebab biduran di wajah, yaitu terjadi karena faktor genetik yang diwariskan. Faktor genetik menyebabkan protein darah yang berperan mengatur sistem kekebalan tubuh tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Itulah yang bisa menyebabkan munculnya biduran. 


Cara Tepat Mengobati Biduran Di Wajah


Walaupun tidak berbahaya, tetapi biduran bisa terasa cukup mengganggu kenyaman dan penampilan. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi biduran di wajah, meliputi: 


1. Kompres Air Dingin


Mengompres area biduran dengan air dingin bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi biduran. Hal ini karena, air dingin dapat membantu mengurangi iritasi dan pembengkakan sekaligus gatal-gatal pada wajah atau area tubuh lainnya yang mengalami biduran. Caranya, ambil kain bersih dan lembut, lalu rendam di dalam air dingin. Kemudian, peras kelebihan airnya dan tempelkan pada area biduran selama 10-15 menit. Pastikan, kamu tidak menggunakan air dingin dengan suhu tinggi, karena justru bisa membuat rasa gatal semakin menjadi-jadi.


2. Mengoleskan Gel Lidah Buaya


Seperti yang diketahui, gel lidah buaya memiliki segudang manfaat, termasuk bisa membantu mengatasi biduran pada kulit. Caranya, kamu cukup mengoleskan sedikit aloe vera gel ke wajah atau area tubuh lainnya yang mengalami biduran. Ini bisa memberikan efek dingin yang dapat mengurangi rasa gatal dan menenangkan sensasi panas pada biduran. Namun, pastikan kamu sudah melakukan patch test sebelumnya untuk mengetahui apakah kulit kamu cocok atau tidak dengan bahan tersebut. 


3. Gunakan Masker Oatmeal


Sudah sejak lama oatmeal dipercaya dan dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit tertentu, termasuk biduran di wajah. Bukan tanpa alasan, oatmeal mengandung sejumlah zat yang mampu meredakan peradangan dan kemerahan, serta mengurangi rasa gatal pada biduran. Kamu bisa menggunakan masker oatmeal untuk mengatasi biduran di wajah. Caranya, sediakan 2 sendok oatmeal yang sudah dihaluskan, lalu tambahkan 1 sendok teh madu dan yoghurt, serta air sedikit demi sedikit sampai mengental seperti pasta. Aduk rata dan aplikasikan secara merata pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas wajah sampai bersih. 


4. Gunakan lotion calamine


Lotion yang memiliki kandungan calamine di dalamnya telah terbukti ampuh untuk meredakan rasa gatal, memberikan efek dingin, dan menenangkan sensasi panas pada biduran. Caranya, cukup oleskan lotin calamine pada kulit yang mengalami biduran secara rutin. 


5. Menghindari Alergen


Apabila biduran di wajah yang kamu alami diakibatkan dari serangga, serbuk sari, atau bulu hewan, cara efektif untuk mengatasi biduran pada wajah adalah dengan menghindari alergen penyebab biduran. 


6. Konsultasi Ke Dokter


Walaupun tidak selalu berbahaya, namun ada baiknya jika kamu segera memeriksakan diri ke dokter ketika mengalami ruam, gatal, dan gejala lainnya pada kulit. Umumnya, dokter akan menyarankan beberapa pemeriksaan seperti tes alergi dan pemeriksaan darah.

Jika gejalanya masih ringan, kamu mungkin tidak memerlukan perawatan lebih lanjut dan akan sembuh sendiri dengan beberapa bantuan obat resep. Namun, jika gejala sudah parah, dokter akan memberikan perawatan lebih lanjut yang diperlukan sekaligus beberapa obat resep. 



Itulah beberapa penyebab biduran di wajah sekaligus cara-cara efektif untuk mengobatinya. Walaupun biduran tidak berbahaya dan seringkali dapat sembuh dengan sendirinya, namun ada baiknya jika kamu segera ke dokter kulit jika mengalami gejala-gejala lainnya. 




(Penulis: Calvin)


Life & health