Hair & beauty

Ikuti 7 Cara Ini Untuk Hilangkan Ketombe Pada Rambut

By : Her World Indonesia - 2023-05-26 13:00:02 Ikuti 7 Cara Ini Untuk Hilangkan Ketombe Pada Rambut

Ketombe menjadi salah satu permasalahan rambut yang dialami oleh banyak orang. Ketombe berasal dari pengelupasan sel kulit mati pada kulit kepala. Ada berbagai penyebab bisa munculnya ketombe, antara lain kebersihan kulit kepala dan rambut yang tidak terjaga, kulit kepala yang kering, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok, sampai infeksi jamur.


Kemunculan ketombe sering memunculkan rasa gatal di kulit kepala. Rasa gatal yang mengganggu ini akhirnya diatas dengan cari digaruk oleh sebagian besar orang. Akhirnya, ketombe-ketombe ini akhirnya berjatuhan ke baju dan dapat dilihat jelas oleh orang lain. Selain rasa gatal dan tanda kulit kepalamu sedang tidak baik, permasalah ketombe ini sering menurunkan kepercayaan diri. Oleh karena itu, berikut tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ketombe!


1. Cuci rambut secara rutin


(Cuci rambut secara rutin dan gunakan produk perawatan rambut yang tepat. Foto: Dok. Armin Rimoldi/Pexels)


Cara menghilangkan ketombe paling sederhana adalah dengan mencuci rambut secara rutin. Apa lagi, untuk kamu yang kulit kepalanya berminyak, disarankan untuk mencuci rambut secara teratur. Hal ini menjadi penting karena ketika sering mencuci rambut secara sering, sel-sel kulit mati dan kotoran pada kepala dapat terangkat.


2. Gunakan sampo anti-ketombe

Produk sampo anti-ketombe sudah menjadi produk perawatan rambut yang umum dan mudah untuk didapatkan. Sampo anti-ketombe biasanya mengandung natrium lauril sulfat, natrium lauret sulfat, dimethicone, cocamidopropyl betaine, zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, selenium sulfida, natrium benzoat, methylchloroisothiazolinone, dan mentol. Zat-zat ini yang efektif mengurangi ketombe pada kepala, sekaligus mengurangi rasa gatal.


(Baca Juga: Coba 6 Masker Alami Ini Atasi Rambut Yang Mudah Lepek)


3. Manfaatkan tea tree oil


(Tea tree oil mengurasi pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Foto: Dok. Dominika Roseclay/Pexels)


Minyak yang satu ini terkenal karena manfaatnya yang beragam, terutama dalam penyembuhan jerawat. Ingat, bukan? Kalau salah satu penyebab ketombe dapat disebabkan oleh jamur. Nah, tea tree oil dapat bekerja mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan mengurasi rasa gatal yang muncul.


Cara penggunaannya untuk membasmi ketombe adalah dengan mencampurkannya pada sampo yang kamu gunakan. Kamu juga bisa mencoba cara lain dengan mengoleskan tea tree oil murni yang sudah dicampur dengan lidah buaya ke kulit kepala secara merata. Jangan lupa untuk kemudian dipijat-pijat selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.


4. Oleskan minyak kepala


(Minyak kelapa dapat melembapkan kulit kepala yang kering. Foto: Dok. Towfiqu barbhuiya/Pexels)


Minyak alami yang satu ini juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi ketombe pada rambut. Tidak perlu dicampur seperti tea tree oil, kamu bisa langusng mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala secara langsung dan diamkan untuk beberapa menit agar minyak terserap dengan baik ke rambut dan kulit kepala, lalu tinggal dibilas. Minyak kepala bekerja untuk mengatasi masalah ketombe yang disebabkan oleh kulit kepala kering karena minyak kelapa memberi kelembapan pada kulit kepala.


5. Pakai baking soda


(Baking soda menyurangi minyak berlebih pada kulit kepala. Foto: Dok. Kaboompics .com/Pexels)


Bahan yang satu ini juga terkenal sebagai bahan pembersih alami. Ternyata, baking soda juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe membandel. Kamu perlu mencampurkannya dengan beberapa tetes air, lalu langsung digosokkan ke seluruh bagian kulit kepala.


Setelah itu, bilas menggunakan air panas dan jangan gunakan sampo terlebih dahulu karena berisiko membuat rambut kering. Baking soda akan bekerja dengan mengelupas dan menghilangkan sel-sel kulit mati, serta efektif mengurangi minyak berlebihan pada kulit kepala.


(Baca Juga: Ini 8 Kebiasaan Yang Bisa Bikin Rambut Cepat Panjang)


6. Gunakan cuka sari apel

Bahan lain yang biasanya ditemukan di dapur, tetapi efektif atasi masalah ketombe adalah cuka sari apel. Hal ini disebabkan, cuka sari apel memiliki sifat antijamur yang dapat mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Selain itu, kandungan asamnya dapat membantu untuk mengembalikan pH kulit kepala yang normal.


Cara penggunaannya, kamu perlu mencamputkan setengah cangkir cuka sari apel dengan satu setengah cangkir air dingin. Setelah tercampur rata, aplikasikan pada seluruh area kulit kepalamu. Setelah selesai, jangan lupa untuk dibilas dengan air biasa dan gunakan konsidioner.


7. Masker air lemon

Ternyata air lemon terdiri dari kandungan-kandungan yang dapat menunjang kesehatan rambut, lho. Di antaranya ada vitamin C, asam sitrat, flavonoid, dan zat besi. Kandungan tersebut dapat mengatasi permasalahn ketombe dengan menyeimbangkan pH kulit kepalamu. Selain itu, ada asam sitrat yang bekerja sebagai pengatur pH alami kulit kepala.



(Kandungan pada lemon mampu memperkuat sel kulit kepala. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Air lemon akan bekerja menyesuikan pH kulit kepala hingga 5.5. Selain efektif mengatasi ketombe, air lemon bisa juga mencegah reaksi peradangan kulit. Vitamin C dan B yang terkandung juga bekerja sebagai antioksidan kuat yang dapat memperkuat akar folikel rambut dan meningkatkan produksi kolagen. Kedua vitamin ini dapat membantu memperkuat sel kulit kepala yang rusak.


Ternyata, air lemon punya banyak manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Cara pengaplikasiannya juga mudah. Kamu hanya perlu menggunakan dua sendok teh perasan air lemon ke kepalamu. Lalu, diamkan selama 10 sampai 15 menit dan tinggal bisa hingga bersih.


Ternyata, masalah ketombe yang sangat mengganggu ini dapat diatasi dengan beragam cara yang cukup sederhana. Terutama dan yang terpenting, dapat dicegah dengan mencuci rambut secara rutin dan penggunakan produk pembersih rambut yang tepat. Namun, jika sudah terlanjut, kamu bisa ikuti tujuh cara di atas untuk mengatasinya. Selamat mencoba!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Hair & beauty