Hair & beauty

5 Model Kepang Rambut Pendek, Patut Dicoba!

By : Her World Indonesia - 2023-05-31 14:00:01 5 Model Kepang Rambut Pendek, Patut Dicoba!

Kata siapa kalau rambut pendek tidak bisa berkreasi dengan berbagai gaya rambut? Bisa banget, lho, misalnya gaya kepang rambut pendek. Bahkan, ada banyak jenis kepang rambut pendek yang bisa kamu coba, yang akan membuat penampilanmu tampak trendy dan cantik. Berikut ini beberapa inspirasi gaya kepang rambut pendek, antara lain: 


1. Headband Braids


(Photo by Samantha Gades on Unsplash)


Untuk rambut pendek, headband braid adalah gaya kepang rambut yang sangat cantik dan manis, serta gampang untuk dibuat. Pertama-tama, pastikan rambut kamu rapi dan halus. Setelah itu, ambil sebagian rambut bagian depan untuk dibuat kepangan seperti biasa. Selanjutnya, lingkarkan hasil kepangan tadi di atas kepala seperti headband, kemudian jepitkan ujung kepangan dengan menggunakan bobby pin. Untuk sisa rambut bagian belakang, biarkan saja terurai. 


2. Dutch Braids


Gaya kepang rambut ala Eropa ini juga menjadi salah satu gaya rambut yang terbaik untuk kamu aplikasikan pada rambut pendek. Dutch braid adalah gaya kepang rambut pendek yang gampang untuk dibuat dan memiliki tampilan yang sangat manis, trendy, dan cantik. Faktanya, dutch braid dibuat sama persis seperti French braid, hanya saja kamu menyilangkan untaian rambutnya di bawah bukan di atas. Itulah mengapa, gaya kepang rambut ini disebut juga dengan "reverse French braid". 

Mulailah dengan menyisir dan merapikan rambut terlebih dahulu, kemudian ambil tiga untaian rambut yang sama. Pegang satu untaian rambut kanan di tangan kanan, dan dua lainnya di tangan kiri, lalu buat kepangan. Ambil lagi untaian rambut tipis dari salah satu sisi rambut, buat kepangan dengan menyilangkannya dari bawah ke bagian tengah, lalu ambil untaian rambut dari sisi sebaliknya, buat kepangan dengan cara yang sama. Lanjutkan dutch braid sampai bawah rambut kamu. Terakhir, regangkan kepangan dari pangkal ke ujung rambut agar terlihat lebih bervolume. Semprotkan sedikit hair spray untuk membuatnya tetap on point.


3. Half Side Braids


Kalau kamu ingin mengaplikasikan gaya rambut kepang yang simpel dan dapat dihasilkan dalam waktu yang cepat, half side braid ini bisa jadi pilihan yang tepat. Karena gaya rambut ini bisa kamu buat dalam waktu kurang dari 10 menit. Half side braid akan menjadi pilihan yang sempurna untuk kamu yang ingin tetap bergaya dengan rambut terurai. Sesuai namanya, kamu hanya perlu membuat kepangan pada salah satu sisi rambut. Untuk membuatnya, ambil sedikit bagian rambut di salah satu sisi, buat kepangan seperti biasa. Setelah itu, bawa bagian ujung kepangan rambut ke belakang bawah rambut kamu, lalu ikat atau jepit menggunakan bobby pin


4. French Braids


Gaya kepangan rambut yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi buat kamu. Bisa dibilang, ini adalah salah satu gaya kepangan rambut yang cukup populer dan paling klasik, yang bisa memberikan tampilan manis dan cantik. Untuk membuat French braid, ambil 3 untaian rambut yang sama banyak. Lalu, gunakan tangan kanan untuk memegang untaian bagian kanan, tangan kiri untuk memegang satu untaian rambut lainnya bagian kiri, dan ibu jari serta jari tengah kedua tangan memegang untaian bagian tengah. Selanjutnya, mulailah membuat kepangan dengan cara klasik yang biasa kamu lakukan, dengan menyilangkan bagian kanan ke tengah, lalu mengambil untaian rambuat bagian kiri dan menyilangkannya dari atas ke bagian tengah. Ulangi sampai kepangan rambut mencapai area kepala yang sejajar dengan telinga. Ambil sedikit untaian rambut sebelah kanan dan silangkan dari atas ke bagian tengah, lalu ambil sedikit untaian rambut dari sisi kiri dan lakukan cara yang sama. Selesaikan sisanya sampai mendekati ujung rambut. 


5. Pigtails Braids


(Photo by cottonbro studio on Pexels)


Satu lagi gaya kepangan yang bisa kamu aplikasikan di rambut pendek kamu, yakni pigtails braid. Sedikit berbeda dengan gaya kepangan rambut sebelumnya, gaya kepangan pigtails ini memiliki dua kepangan simetris di kedua sisi kepala, kanan dan kiri. Untuk membuatnya, bagi rambut menjadi dua untaian besar; perhatikan garis tengah rambut sebagai acuan, dan pisahkan bagian rambut menjadi dua sesuai dengan garis tengah rambut. Supaya dua untaian rambut tadi tidak saling menyantu, ikat salah satu untaian. Pada untaian rambut yang tidak diikat, mulailah membuat kepangan dari atas kepala hingga ke bawah seperti biasa. Lanjutkan dengan membuat kepangan yang simetris pada untaian rambut lainnya. 


Itulah beberapa inspirasi gaya kepang rambut pendek yang bisa kamu coba. Tentunya, ini bisa membuat penampilanmu semakin bergaya, manis, dan cantik. Semua gaya kepang rambut pendek ini bisa kamu pakai untuk berbagai acara, mulai dari non formal hingga formal. 



(Penulis: Calvin)



Hair & beauty