Hair & beauty

Coba 6 Masker Alami Ini Atasi Rambut Yang Mudah Lepek

By : Vanessa Masli - 2023-03-10 18:00:02 Coba 6 Masker Alami Ini Atasi Rambut Yang Mudah Lepek

Ada banyak masalah yang mungkin kamu alami berkaitan dengan rambut dan kulit kepala. Mulai dari rambut gampang rontok hingga kulit kepala berminyak sehingga rambut lepek jadi situas harian yang kerap kamu alami. Tentu, kondisi rambut yang mudah lepek tak jarang membuat penampilanmu jadi kurang prima dalam beragam situasi.


Mulai dari sampo hingga perawatan, mungkin sudah banyak yang kamu coba untuk mengatasi kondisi rambutmu agar tak mudah lepek. Nah, sebagai tambahan, mungkin kamu bisa mencoba beberapa masker alami yang sudah Her World rangkum di bawah ini untuk temukan solusi baru atas rambutmu yang gampang lepek.


1. Buah apel dan bir



(Apel dan bir jadi kombinasi menarik atasi rambut lepek. Foto: Dok. Jonh Finkelstein/Pexels)


Kombinasi yang mungkin jarang kamu dengar tapi tak ada salahnya mencoba. Cukup menggunakan dua bahan yaitu buah apel dan bir. Kamu hanya perlu menghaluskan satu buah apel dan campurkan satu sendok makan bir hingga memiliki tekstur seperti pasta.


Setelah tercampur rata, aplikasikan langsung ke kulit kepala dan rambut, diamkan selama 20 menit, dan bilas sampai bersih. Buah apel sendiri menyimpan ragam vitamin dan asam malat yang dapat mengatasi berbagai masalah di kulit kepala, seperti gatal dan menjaga keseimbangan pH alami di area tersebut. Kamu campurkan dengan bir yang kandungan alkoholnya bisa membantu kontrol minyak di area kulit kepala.


2. Lidah buaya, lemon, dan madu


Tiga bahan alami yang memiliki keunggulannya masing-masing menjadi kombinasi wajib untuk atasi rambutmu yang mudah lepek. Asam terkandung dalam lemon menjadi penolong dalam menghilangkan minyak maupun kotoran di area kulit kepala, ditambah lidah buaya yang juga mengurangi minyak berlebih tanpa menimbulkan kerusakan pada rambut. Plus, madu yang bermanfaat untuk mengurangi gatal akibat kulit kepala berminyak.


Cara membuat masker ini juga mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok makan sari buah lemon dengan satu sendok makan madu, lidah buaya, dan satu kuning telur. Campurkan dan aplikasikan langsung ke kulit kepala secara merata. Diamkan selama 20 menit sebelum kamu bilas dengan air hangat. Setelah bersih, lanjutkan dengan mencuci rambut seperti biasa.


3. Tomat



(Tomat menyimpan nutrisi untuk seimbangkan level pH di kulit kepala. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Buah atau sayur satu ini menyimpan ragam nutrisi yang bisa jadi solusi rambutmu agar tak mudah lepek. Tomat membantu seimbangkan level pH pada kulit kepala sehingga mengurangi produksi minyak berlebih. Kamu hanya butuh satu buah tomat yang sudah matang dan mengambil sari buahnya.


Setelah sarinya sudah kamu ambil, campurkan dengan fuller’s earth sebelum diaplikasikan ke seluruh rambut. Bungkus kepala dengan shower cap selama 30 menit untuk memastikan maskernya bekerja optimal. Setelah itu, bilas hingga bersih menggunakan air dingin.


(Baca Juga: Mau Smoothing Rambut? Ini 9 Cara Ampuh Hanya di Rumah Saja)


4. Tepung maizena


Tak perlu dibilas, cukup disisir. Hidupmu akan dipermudah dengan memanfaatkan tepung maizena sebagai masker alami. Tepung maizena dapat menyerap pengendapan dan minyak berlebih di area kulit kepala sehingga rambutmu akan terlihat lebih segar, bervolume sekaligus bebas lepek.


Kamu hanya perlu taburkan tepung maizena langsung ke rambut yang benar-benar kering, gunakan shaker untuk memastikan pengaplikasiannya merasa. Diamkan selama 10 menit dan kamu tak perlu membilasnya, cukup menyisirnya perlahan sampai tepungnya benar-benar hilang.


5. Teh hitam



(Asam tanat dalam teh hitam jadi juara untuk atasi rambut lepek. Foto: Dok. Olga Mironova/Pexels)


Kandungan asam tanat dalam teh hitam bisa jadi solusi untuk rambut lepekmu. Minyak berlebih yang diproduksi di kulit kepalamu bisa berkurang dengan memanfaatkan teh hitam selagi tetap melindungi kulit kepala dan mengecilkan pori-pori di area tersebut.


Kamu hanya perlu menyeduh dua sendok makan daun teh hitam dan biarkan terseduh selama 10 menit. Setelah mendidih, langsung menyaring teh dan diamkan hingga suhunya menurun. Saat kamu rasa suhunya sudah cukup hangat, aplikasikan ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci rambut dengan sampo dan kondisioner seperti biasa.


6. Yoghurt


Masker alami yang terbuat dari yoghurt juga bisa bantu atasi rambut agar tak mudah lepek. Kandungan probiotik di dalam yoghurt menjadi jagoan karena kaya akan antioksidan dan vitamin yang bisa menutrisi rambut sekaligus mengontrol minyak berlebih di kulit kepala.


Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan setengah cup yoghurt, dua sendok makan sari buah lemon, dan satu putih telur. Campurkan secara menyeluruh hingga membentuk pasta. Aplikasikan langsung ke kulit kepala dan bungkus selama 30 menit dengan shower cap. Setelah itu, bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, rutin aplikasikan masker ini setiap minggu.


(Baca Juga: Ini 8 Kebiasaan Yang Bisa Bikin Rambut Cepat Panjang)


Itu dia beberapa masker alami yang bisa atasi rambut agar tak mudah lepek. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Hair & beauty