Life & health

15 Lagu Putus Cinta Terbaik, Dengarkan Saat Patah Hati!

By : Fariza Rahmadinna - 2023-05-30 09:00:01 15 Lagu Putus Cinta Terbaik, Dengarkan Saat Patah Hati!

Putus cinta adalah salah satu fase menyedihkan dan menyakitkan dalam hidup—dan kita semua pernah berada di dalam fase ini. 


Ketika suatu hubungan berakhir dengan menyakitkan, satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah menangis sambil diiringi (dan bernyanyi) lagu putus cinta. Terbukti secara ilmiah, itu dapat membantu kamu merasa lebih baik, tenang, dan segera move on! 


Ada banyak lagu putus cinta yang bisa kamu dengar ketika patah hati. Berikut ini beberapa lagu putus cinta terbaik. Ini daftarnya!


1. We Are Never Ever Getting Back Together – Taylor Swift



Dalam sebuah wawancara, Taylor Swift menjelaskan bahwa lagu “We Are Never Ever Getting Back Together” tentang perasaannya ketika akhirnya memutuskan untuk berhenti memedulikan dan menjauh dari mantan pacarnya. Dan, dia merasa gembira tentang hal itu. “We are never, ever, ever getting back together.” 


2. Thank U, Next – Ariana Grande



Lagu “Thank U, Next” merupakan sebuah lagu putus cinta terbaik milik Ariana Grande yang dirilis tahun 2019. Lagu ini terinspirasi dari hubungan masa lalu Ariana sendiri dengan empat mantan kekasihnya (Pete Davidson, Mac Miller, Big Sean and Ricky Alvarez), dan pelajaran apa yang bisa ia ambil dari patah hatinya itu. Lewat lagu ini Ariana Grande coba menunjukkan bahwa dalam fase yang menyakitkan dalam hidup selalu ada hal baik yang bisa dipetik dan disyukuri. “One taught me love / one taught me patience / and one taught me pain / now, I'm so amazing.”


3. It’ll Be Okay – Shawn Mendes



Dilihat dari lirik lagunya, “It’ll Be Okay” milik Shawn Mendes ini adalah sepenuhnya lagu tentang putus cinta yang terinspirasi dari kisah cintanya sendiri dengan Camila Cabello. Setiap liriknya ditulis Shawan Mendes sendiri dengan sangat menyentuh hati dan terasa memilukan, “??I will love you either way.” 


4. Malibu Night – LANY



Lagu “Malibu Night” benar-benar mendefinisikan tema album kedua dari Band pop indie asal Amerika LANY. Patah hati jadi inspirasi LANY merilis album bertajuk “Malibu Night”. Lirik lagu ini menceritakan tentang patah hati, kesedihan, dan kesepian setelah putus cinta dan terus terbayang-bayang oleh kenangan memilukan itu. 


5. Drivers License – Olivia Rodrigo



“Drivers License” adalah salah satu lagu hit dari album “Sour” milik Olivia Rodrigo. Lagu ini bercerita tentang seorang remaja yang patah hati dan masih merindukan mantan pacarnya. Dengan liriknya yang menyentuh hati dan gaya bernyanyi Olivia Rodrigo yang sangat khas dan powerful, bisa membuat kamu (secara harfiah atau kiasan) menangis dan ikut meratapi setiap liriknya. 


6. We’re Good – Dua Lipa



Lagu 'We're Good' dari Dua Lipa mengacu pada kedamaian ketika mengetahui suatu hubungan telah berakhir, mampu dengan percaya diri melepaskan, move on, dan memulai hidup baru tanpa penyesalan.


7. New Rules – Dua Lipa



Kita semua mungkin pernah ada di posisi ini: Membiarkan seseorang kembali hadir dalam hidup (lagi dan lagi) setelah membuat keputusan untuk berpisah. Dalam lagu ini, Dua Lipa membuat new rules untuk benar-benar melepaskan dan melupakan seseorang: “One: Don't pick up the phone. You know he's only callin' 'cause he's drunk and alone. Two: Don't let him in, you'll have to kick him out again. Three: Don't be his friend. You know you're gonna wake up in his bed in the mornin'. And if you're under him, you ain't gettin' over him.”


8. Someone You Loved – Lewis Capaldi



Banyak orang yang mungkin akan merasa “relate” dengan lagu “Someone You Loved” milik Lewis Capaldi ini, yang sering menganggap remeh orang tersayang dan saat akhirnya orang itu pergi, sudah terlambat untuk menyadarinya. Ketika hubungan itu berakhir, kita akan merasa sangat hampa dan saat itulah kita mulai mengingat semua hal yang kita rindukan tentang orang itu.


Lagu ini menggambarkan tentang menginvestasikan seluruh waktu dan energi untuk orang tersayang dan terasa betapa sulitnya melanjutkan hidup saat orang itu telah pergi. 


9. Falling – Harry Styles



Dilihat dari liriknya, salah satu single hit dari album “Fine Line” milik Harry Styles yang berjudul “Falling” ini adalah tentang lagu perpisahan. “I’m in my bed and you’re not here and there’s no one to blame but the drink and my wandering hands / Forget what I said it’s not what I meant / What am I now? What am I now? What if I’m someone I don’t want around? / And I’m well aware I write too many songs about you / And I get the feeling that you’ll never need me again / What if I’m someone you won’t talk about?”.


10. Someone Like You – Adele



Lagu “Someone Like You” milik penyanyi bersuara merdu dan khas asal Inggris, Adele, terinspirasi dari kisah patah hati sang penyanyi sendiri. Ini adalah lagu putus cinta dari point of view seorang wanita yang dihadapkan pada kenyataan bahwa si mantan kekasih telah move on dan melanjutkan hidupnya dengan wanita baru, sedangkan si wanita masih belum bisa melepaskannya. 


Meskipun lirik bagian refrain terdengar cukup ironic, “Never mind, I’ll find someone like you”, tetapi si wanita tetap mendoakan yang terbaik untuk si mantan kekasih dan pasangannya, “I wish nothing but the best for you, too.”


11. Happier – Ed Sheeran



Mengacu pada liriknya, “Walking down 29th and Park / I saw you in another's arms / Only a month we've been apart / You look happier”, jelas ini adalah lagu 

putus cinta yang bercerita tentang seorang pria yang baru saja putus cinta dengan pasangannya sebulan lalu. Kini, dia melihat si mantan kekasih dengan pria lain dan memperhatikan betapa bahagianya wanita itu. 


12. We Don’t Talk Anymore – Charlie Puth dan Selena Gomez 



Lagu “We Don’t Talk Anymore” milik Charlie Puth yang dinyanyikannya bersama Selena Gomez merupakan lagu tentang dua orang tidak saling berkomunikasi lagi seperti sebelumnya setelah keduanya berpisah. Meskipun si pria rindu saling berkomunikasi seperti dahulu, tetapi tidak ada yang bisa ia lakukan karena si wanita sudah move on dan menjalin hubungan dengan pria baru. 


13. Somebody That I Used To Know – Gotye ft Kimbra



Lagu putus cinta yang dinyanyikan oleh Gotye featuring Kimbra yang berjudul “Somebody That I Used To Know” adalah lagu yang membahas bagian yang tersulit dari sebuah perpisahan yaitu ketika menyadari bahwa yang sebelumnya menjadi sepasang kekasih, namun kini hanya dua orang asing. 


14. When I Was Your Man – Bruno Mars




Ini adalah lagu patah hati sekaligus ungkapan penyesalan yang dirasakan Bruno Mars karena membiarkan kekasihnya pergi, dan harapannya bahwa pria barunya akan memberinya semua cinta dan perhatian yang gagal dia berikan. “Mm, too young, too dumb to realize / That I should have bought you flowers / and held your hand / Should have gave you all my hours / When I had the chance / Take you to every party 'cause all you wanted to do was dance / Now my baby's dancing / But she's dancing with another man.”


15. All Too Well (10 minutes version) – Taylor Swift



Satu lagu lagu putus cinta, sekaligus salah satu lagu masterpiece dari Taylor Swift, yang bisa kamu dengar saat patah hati, yaitu All Too Well (10 minutes version). Ini adalah versi lain dari lagu “All Too Well” yang pernah dirilis sebelumnya pada tahun 2012. Lagu ini memberikan detail spesifik tentang hubungan singkat Taylor Swift dengan sang mantan kekasih. Lirik lagu ini ditulis dengan sangat indah tentang kenangan memilukan dari cinta yang sangat ia hargai. 




Life & health