Fashion

Intip Gaya Raline Shah Hadiri Cannes Film Festival 2023

By : Her World Indonesia - 2023-05-24 12:00:02 Intip Gaya Raline Shah Hadiri Cannes Film Festival 2023

Cannes merupakan salah satu festival film bergengsi dunia yang paling dinantikan. Memasuki tahun ke-76, Cannes Film Festival 2023 menjadi perlehatan yang sangat istimewa. Tidak hanya film-film dari seluruh dunia yang telah masuk seleksi yang akan bersaing untuk memperebutkan piala pengahargaan, tetapi juga terdapat berbagai kegiatan menarik sepanjang acara berlangsung sepanjang 16-27 Mei 2023.



(Raline Shah wakili Chopard, Bvgari, dan Artist International Group di Cannes Film Festival 2023. Foto: Dok. @gersonlirio)


Tahun ini menjadi kali kedua bagi pekerja seni film dan filantropis Raline Shah menghadiri Cannes Film Festival. Tahun ini dirinya hadir untuk memenuhi berbagai undangan dari beberapa pihak, di antaranya untuk mewakili Chopard, merek perhiasan global yang menjadi salah satu sponsor Cannes Film Festival 2023, Bvgari, serta manajemen artis yang berbasis di Los Angeles dan menaungi dirinya di Amerika Serikat yaitu Artist International Group.


“Bagi saya, Cannes Film Festival adalah sebuah ajang yang tak hanya memberikan keriaan festival saja, tapi juga penting untuk profesional di bidang film seperti saya untuk me-recharge diri, belajar hal-hal baru, ber-networking serta berbagi pengalaman dengan banyak orang dari berbagai bidang. Festival ini juga menerapkan arti inklusif dalam arti kata sesungguhnya, di mana tidak hanya para pelaku industri film yang menjadi bagian dari festival tapi juga berbagai industri yang memiliki ketertarikan tinggi dengan salah satu industri terbesar dan tertua ini. Menjadi bagian dari Cannes merupakan kegembiraan yang luar biasa bagi saya,” ujar Raline Shah tentang alasannya kembali menghadiri festival ini.


(Baca Juga: Pesona Gaun Mewah Raline Shah di Festival Film Cannes 2022)



(Raline Shah berkolaborasi dengan desainer Indonesia, Cacal Baker dan Diaz Patria dari Maison Baaz Couture. Foto: Dok. @gersonlirio)


Di samping kedua merek perhiasan tersebut, Raline bekerja sama dengan para desainer tanah air, terutama desainer asal Sumatera Utara, tanah kelahirannya. Cacal Baker dan Diaz Patria merupakan para desainer busana dan aksesoris dari Maison Baaz Couture yang telah mempersiapkan gaun-gaun berbeda untuk berbagai kegiatan. Raline menyebutkan bahwa dirinya ingin memperkenalkan berbagai talenta muda dan berbakat yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat luas melalui kesempatan ini. Ia juga ingin mengangkat daerah asalnya sendiri, Medan, Sumatera Utara yang memiliki banyak talenta kreatif, muda, dan berbakat untuk menampilkan karya bersama dirinya.



(Perhiasan dari Chopard yang mempercantik keseluruhan look kebaya Raline Shah. Foto: Dok. ralineshah/Instagram) 


Raline Shah menggunakan kebaya yang didesain oleh Cacal Baker dan Diaz Patria dari Maison Baaz Couture pada pemutaraan perdana film berjudul “Firebrand” yang diperankan oleh Alicia Vikander dan Jude Law pada Cannes Film Festival 2023 di hari kedua festival ini berlangsung, Minggu, 21 Mei 2023. Busana tersebut dilengkapi juga dengan perhiasan dari Chopard yang membuat tampilannya semakin elegan.



(Kebaya dari Maison Baaz Couture yang terinspirasi dari Dewi Citrawati, tokoh wayang perempuan dan Gunungan Wayang. Foto: Dok. @gersonlirio)


Dibuat khusus untuk kebutuhan Cannes, Maison Baaz Couture menciptakan kebaya yang terinspirasi dari Dewi Citrawati, tokoh wayang perempuan, serta Gunungan Wayang, simbol kehidupan manusia, yang menginspirasi siluet `train’ atau ekor kebaya yang begitu cantik. Kebaya tersebut Raline padukan dengan kain batik pribadi milik ibunya yang berasal dari Batik Palembang. Raline menjelaskan, “Saya ingin memperkenalkan kecantikan kebaya Indonesia di Cannes Film Festival melalui tangan para desainer muda berbakat, Cacal Baker dan Diaz Patria untuk Maison Baaz Couture.”



(Busana karya desainer Georges Hobeika. Foto: Dok. @gersonlirio)


Pada pemutaran film Perancis “Club Zero” yang dibintangi oleh aktris Mia Wasikowska, pada hari Senin, 22 Mei 2023, Raline mengenakan busana karya desainer asal Libanon, yaitu Georges Hobeika. Tidak ketinggalan busana tersebut dipadukan dengan perhiasan berupa kalung Radiant Harvest yang merupakan koleksi Wheat Field dari Adelle Jewellery yang melengkapi keseluruhan look hari itu. Adelle Jewellery merupakan perhiasan produk lokal, lho.


(Baca Juga: Ini Film Indonesia yang Tampil di Cannes Film Festival 2023)


Tak lupa Raline juga mewakili Artist International Group. Raline terpilih untuk menghadiri Cannes dan mewakili manajemen ini bersama banyak talenta lainnya. Salah satu ajang terbesar yang dinantikan untuk dihadiri adalah amfAR Gala Cannes 2023 yang merupakan kegiatan tahunan Cannes untuk meningkatkan kesadaran akan HIV/AIDS sekaligus membantu penggalangan dana. Selain pemutaran film bergengsi dan pembagian penghargaan, terdapat juga banyak kegiatan sosial yang dilakukan sepanjang acara.


Melalui acara ini, Raline berharap dapat berinteraksi dengan pekerja seni film Indonesia lainnya yang juga menghadiri Cannes Film Festival 2023. Ia berharap bahwa Indonesia dapat lebih aktif mengikuti festival film ini baik sebagai peserta maupun yang keryanya terpilih di ajang festival.


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Fashion