Fashion

Perayaan Ulang Tahun ke-150 dari Jeans Ikonis Levi's 501

By : Girah Ababyl M.K. - 2023-05-23 14:00:01 Perayaan Ulang Tahun ke-150 dari Jeans Ikonis Levi's 501

Sebagai wujud perayaan ulang tahun yang ke-150, Levi’s menyelenggarakan berbagai rangkaian aktivasi di berbagai negara termasuk Indonesia yang bertajuk “501 Experience”. 501 jeans sendiri merupakan salah satu seri dari merek jeans populer Levi’s yang diciptakan pada tahun 1873 lalu oleh Levi Strauss dan seorang penjahit bernama Jacob Davis.


"501 Experience" telah sukses digelar pada tanggal 19 – 20 Mei 2023 lalu, berlokasi di Original Levi’s Store Grand Indonesia East Mall lantai 2. Serangkaian kegiatan mulai dari 501 History Exhibition, 501 Future Wearer Customization, 501 Experience Photo Booth, 501 Local Immersive Exhibition, 501 Fans Icons Photobook Launch hingga DJ Performances dapat dinikmati oleh para pengunjung yang hadir.



(Perayaan ulang tahun ke-150, Levi's hadirkan "501 Experience". Foto: Dok. Levi's)


(Baca juga: Melissa 23, Koleksi Fun dan Penuh Warna dari Melissa Shoes)


Di momen spesial ini, Levi’s juga berkolaborasi dengan tiga seniman muda Indonesia, yaitu Angela Judiyanto, Indriya Jalu (Loudeath), dan Studio Koneki (Mar Kristoff). Pengunjung dapat bereksperimen untuk menghias denim dengan karya mereka melalui bentuk patches, live screenprint dan paint marker.



(Perayaan ulang tahun ke-150, Levi's hadirkan "501 Experience". Foto: Dok. Levi's)


Hary Prasetyo selaku Country Manager PT Levi Strauss Indonesia menjelaskan, 501 jeans telah berevolusi dari sebuah celana yang hanya dikenakan oleh pekerja tambang hingga menjadi ikon jeans dunia. 501 hadir secara konsisten bagi banyak orang untuk mengekspresikan diri dengan melampaui batas budaya dan kelas sosial. “Oleh sebab itu, kami mengajak seluruh penggemar 501 untuk bersama-sama merayakan pencapaian ini dan menjadi bagian dalam sejarah fashion dunia dengan membagikan “Kisah Hebat yang Pernah Dipakai,” ungkapnya.



(Perayaan ulang tahun ke-150, Levi's hadirkan "501 Experience". Foto: Dok. Levi's)


Selain 501 Experience, Levi’s Indonesia juga berkolaborasi dengan delapan anak muda untuk merepresentasikan penggemar 501 di Indonesia yang memiliki cerita hebat dan pengalaman sentimental yang berbeda-beda. Latar belakang dari delapan anak muda tersebut sangat beragam, mulai dari penyanyi, pencipta lagu, entrepreneur, musisi, aktor hingga hip hop artist. Mereka terdiri dari Abdul, Adrian Khalif, Arswandaru, Danilla Riyadi, Michael Killian, Morad, RamenGvrl, dan Sammy Bramantyo.


Untuk mengabadikan momen para ikon bersama celana favorit mereka, Levi’s pun turut bekerja sama dengan tiga photographer muda yaitu Hilarius Jason, Vicky Tanzil, dan Vony Wong. Nantinya, seluruh hasil pemotretan akan dikemas dalam satu photobook limited edition dan dipamerkan hanya pada acara 501 Experience di Jakarta.



(Perayaan ulang tahun ke-150, Levi's hadirkan "501 Experience". Foto: Dok. Levi's)


(Baca juga: Ikut 4 Tips Berpakaian Ini Agar Terlihat Tinggi)


Selain sejalan dengan visi dan misi Levi’s untuk selalu relevan dari generasi ke generasi, melalui kolaborasi bersama delapan ikon anak muda ini Levi’s berharap dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk mulai mengukir cerita dan mengekspresikan diri bersama 501 jeans. Bersamaan dengan perayaan ini pula, Levi’s juga menghadirkan koleksi spesial yaitu 501 Original Birthday Selvedge dan 501 Original Banner Print yang terinspirasi dari banner Levi’s tahun 1930-an dengan desain yang berbeda dari satu piece dengan piece yang lain.



(Perayaan ulang tahun ke-150, Levi's hadirkan "501 Experience". Foto: Dok. Levi's)


Puncak acara dari 501 Experience akan berpusat di kota kelahiran 501, tepatnya di lokasi historis San Francisco Skylight at the Armory pada tanggal 19 - 27 Mei 2023. Di dalam 501 Experience San Francisco terdapat beberapa area yang dimulai dari ‘Chapters’, instalasi yang penuh dengan cerita di balik jeans ikonis ini dan terdapat arsip dari 501 jeans tertua dan jeans yang dikenakan oleh beberapa ikon pop kultur dunia.


Selain itu juga terdapat ‘501 Factory’, yaitu bentuk sederhana dari tempat yang menampilkan alat-alat yang lengkap seperti laser customizations, washes, dan arcade finishes. Terakhir, terdapat ‘Denim Workshop’, yang merupakan bagian dari 501 Factory dimana seluruh produk Levi’s dapat diperbaharui, direparasi, bahkan dikustomisasi.


Sebagai peringatan yang dirayakan secara mendunia, Levi’s juga telah mengumumkan kerjasamanya dengan New Jeans, sebuah girl group dari Korea Selatan global ambassador sepanjang tahun ini, dan mereka juga akan merayakan 501 Day di Seoul dengan pertunjukan langsung.


Fashion