Sex & relationship

6 Cara Sederhana Untuk Mencintai Diri Sendiri

By : Vanessa Masli - 2023-05-16 18:00:02 6 Cara Sederhana Untuk Mencintai Diri Sendiri

Sudah banyak cinta yang mungkin kamu berikan, termasuk pada orang yang seharusnya enggak menerima cintamu. Sekarang, saatnya kamu memberikan lebih banyak cinta untuk diri sendiri, apalagi bulan Mei ini diperingati sebagai Mental Health Awareness Month sehingga jadi momen yang cocok untuk kamu kembali berkomunikasi dengan diri sendiri.


Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan cinta pada diri sendiri. Enggak perlu dibalut kemewahan, justru bisa kamu nikmati dari hal-hal sederhana. Kalau bingung harus melakukan apa, simak cara-cara yang sudah Her World rangkum untuk dicoba. Penasaran?


1. Habiskan waktu di alam terbuka


Saat berbagai mal sudah kamu jajaki, sudut kota sudah enggak bisa lagi dieksplorasi, bentuk cinta pada diri sendiri bisa hadir saat kamu dekat dengan alam. Saat weekend tiba, pergi menginap di area pegunungan atau hiking ke curug terdekat. Bahkan, kamu bisa habiskan waktu di alam dengan jalan pagi ke taman kota terdekat. Sebab, angin segar bisa menjadi terapi yang kamu butuhkan untuk sejenak fokus pada diri sendiri.



(Habiskan waktumu sendiri dekat dengan alam. Foto: Dok. Rachel Claire/Pexels)


2. Lepaskan diri dari gadget


Untuk bisa menumbuhkan cinta pada diri sendiri, kamu harus lebih dahulu mengenal diri lebih baik. Kehadiran gadget dan media sosial yang bikin kamu rutin scrolling, justru melepaskan fokus yang seharusnya dipakai untuk mengenal diri lebih baik. Apapun distraksi, baik media sosial maupun notifikasi chatting bisa kamu matikan dan nikmati ketenangan yang terasa untuk belajar lebih dalam tentang diri sendiri.


3. Isi hunianmu dengan hal-hal yang bikin happy


Entah tiap sudut rumah, kamar tidur, atau bahkan kos, tempat tersebut harus menjadi sanctuary untukmu. Dekor dan isi ruangan tersebut dengan hal-hal yang bikin kamu bahagia atau minimal tersenyum setiap kali masuk. Mungkin tembok yang penuh dengan foto-foto bersama orang tersayang atau sudut ruangan yang kamu khususkan untuk area santai. Pastikan kamu masuk ke hunianmu dan mendapati suasana bahagia di dalamnya.


(Baca Juga: Mengenal Pottery dan 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental)


4. Belajar untuk bilang ‘tidak’


Kamu enggak bisa menyenangkan semua orang, apalagi kalau kamunya sendiri enggak bahagia. Dengan belajar bilang ‘tidak’, bukan berarti egois, tapi kamu memperjelas batas yang bisa dilakukan sesuai kemampuanmu agar orang lain pun bisa memahami. Tentu, saat kamu harus menyanggupi tanggung jawab, penolakan bukan solusi. Namun, pastikan kebahagiaan dan kondisi mental diri sendiri menjadi prioritas.


5. Nikmati waktu sendiri


Entah pergi ke restoran favorit atau nonton bioskop, tapi lakukan sendirian. Kalau kamu enggak nyaman pergi sendiri, penting untuk melatih diri agar bisa menikmati diri sendiri sebagai kawan. Sebab, cara ini yang membuatmu lebih mindful dalam melakukan berbagai hal.


Mulai dari lebih menikmati makanan yang kamu santap hingga lebih aware dengan situasi sekitar karena enggak ada orang lain yang mengalihkan perhatianmu. Ruang sendiri inilah yang mendorong kamu untuk bisa bangun hubungan lebih dekat dengan diri sendiri.



(Sekali-kali nikmati makan sendiri enggak ada masalahnya. Foto: Dok. Adrienn/Pexels)


6. Luangkan waktu untuk olahraga


Entah yoga atau jalan pagi, mungkin selama 30 menit atau satu jam, luangkan waktu untuk berolahraga. Bentuk cinta pada diri sendiri bisa dilakukan dengan cara merawat tubuh, olahraga bisa jadi salah satu opsinya. Sebab, riset menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan mood dan membuat kamu jadi pribadi yang lebih optimis sehingga baik untuk mengatasi momen-momen yang bikin hati kehilangan motivasi.


(Baca Juga: 4 Tips Paling Realistis Untuk Temukan Pasangan di Tahun Ini)


Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk lebih mencintai diri sendiri. So, use this Mental Health Awareness Month to reconnect with yourself.


Sex & relationship