Sex & relationship

4 Tanda-Tanda Kamu Sudah Move On dari Mantanmu

By : Vanessa Masli - 2023-05-15 11:00:02 4 Tanda-Tanda Kamu Sudah Move On dari Mantanmu

Sudah pasti, misi setelah kamu putus dari sebuah hubungan adalah menemukan berbagai cara untuk pelan-pelan move on dan kembali fokus pada diri sendiri. Mungkin prosesnya terasa panjang dan berat, apalagi kalau hubungan kamu dan dia sudah terjalin bertahun-tahun pasti butuh proses untuk bisa move on.


Namun, proses yang panjang (dan mungkin rumit) tentu bisa kamu jalani. Tanpa sadar, mungkin kamu sekarang sudah berhasil move on dari dia dan ada tanda-tanda yang bisa dikenali. Penasaran apa saja? Simak rangkuman Her World di bawah ini!


1. Nyaman berkumpul dengan temanmu dan dia


Mungkin kamu menjalin hubungan dengannya karena bergabung dalam satu kelompok pertemanan atau memang dikenalin oleh salah satu mutual friend kalian berdua. Bisa jadi setelah putus, kamu pun berusaha menjaga jarak dengan orang tersebut untuk fokus move on dari mantanmu.


Saat kamu sudah kembali berkumpul dengan temanmu dan dia, lalu mulai merasa nyaman, mungkin ini sinyal bahwa kamu sebenarnya sudah mulai move on dari hubunganmu sebelumnya. Apalagi, kalau kamu sama sekali enggak berusaha mencari tahu tentang mantanmu dari dia, itu sudah jelas tandanya.


2. Mulai menikmati hidup tanpa dia


Banyak cara yang mungkin kamu lakukan untuk melepaskan pikiran tentang dia dari kepalamu. Entah mencoba hobi baru di ruang terbuka atau memusatkan perhatian pada diri sendiri saat bergerak di atas matras, apapun yang membuat kamu bisa nikmati hidup tanpa ada bayang-bayang dia.


Berusaha membiasakan diri jalani hidup tanpa mengandalkan dia, setelah sekian lama melakukan berbagai hal bersama. Nah, kamu bisa mengatakan diri sudah move on saat sudah mulai bisa menikmati hidup tanpa dia.



(Kamu sudah menikmati hidup sendiri tanpa dia. Foto: Dok. Matheus Bertelli/Pexels)


(Baca Juga: Kamu Bisa Lakukan Ini Ketika Sedang “Break” Dengan Pasangan)


3. Enggak lagi membandingkan dengan mantan


Mungkin enggak sedikit teman-temanmu yang berusaha memperkenalkan kamu dengan orang lain untuk melepas bayang-bayang mantan dari kepalamu. Mungkin juga kamu mengikuti kencan buta yang temanmu rancang.


Kamu bisa tahu tanda-tanda kalau sudah move on dari mantan saat kamu enggak lagi membandingkan setiap pria yang ditemui dengan mantanmu. Kamu akan lebih menikmati momen bersama orang tersebut tanpa memikirkan mantanmu.


4. Enggak lagi membicarakannya dengan sahabatmu


Pasti ada masa-masanya ketika kamu enggak berhenti membicarakan mantanmu, entah penuh kerinduan atau diselimuti amarah. Kamu bisa tahu dan menyadari kalau kamu sudah bisa melanjutkan hidup tanpa bayang- bayang mantan saat kamu enggak lagi membicarakan tentang dia dengan sahabatmu. Itu tandanya kamu sudah mulai melupakannya juga.


(Baca Juga: Wajib Tahu! 6 Tanda Breadcrumbing Dalam Hubungan)


Itu dia beberapa tanda kalau kamu ternyata sudah move on dari mantanmu.



Sex & relationship