Sex & relationship

Kamu Bisa Lakukan Ini Ketika Sedang “Break” Dengan Pasangan

By : Her World Indonesia - 2023-05-10 21:00:01 Kamu Bisa Lakukan Ini Ketika Sedang “Break” Dengan Pasangan

Biasa kita tahu bahwa kata “break” dalam bahasa Inggris memiliki arti pecah, memecahkan, melanggar, atau merusak. Namun, berbeda dengan istilah break yang sering digunakan dalam konteks hubungan asmara. Break dalam hubungan percintaan memiliki makna istirahat sementara. Di mana masing-masing pihak dalam sebuah hubungan memerlukan waktu untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi. Ingat! Break tidak sama artinya dengan putus.


Sebenarnya penyebab terjadinya break dalam hubungan bisa beragam. Mulai dari rasa jenuh yang mulai muncul hingga sebuah masalah yang cukup serius. Tujuan yang ingin dicapai dengan melakukan break adalah memberi kesempatan bagi masing-masing pihak untuk fokus dengan dirinya terlebih dahulu agar ketika kembali bersama lagi, hubungan akan menjadi lebih sehat dan harmonis. Agar hal tersebut dapat tercapai, berikut empat hal yang bisa kamu lakukan ketika sedang break dengan pasangan.


1. Instrospeksi diri


(Gunakan kesempatan break untuk melakukan introspeksi diri dalam hubunganmu selama ini. Foto: Dok. Anastasia Shuraeva/Pexels)


Break menjadi kesempatan kamu untuk melihat lebih jauh ke dalam dirimu sendiri. Mungkin ketika dalam hubungan, kamu menjadi terbawa emosi dan selalu mencari-cari kesalahan yang dibuat oleh pasanganmu. Ketika sedang sendiri seperti ini, kamu bisa mencoba dengan tenang mengintrospeksi diri, melihat hal-hal yang telah kamu lakukan selama ini dalam hubungan. Melihat kontribusimu dalam hubungan tersebut, apa yang sudah kamu berikan, bagaimana sikapmu kepadanya selama ini.


(Baca Juga: Apakah Wajar Merasa Bosan Dalam Hubungan?)


2. Lepaskan emosi


(Melepaskan dan membiarkan emosi mengalir dapat membuat diri lebih tenang. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)


Gunakan kesempatan ini untuk membiarkan emosimu mengalir, apa pun perasaan dan emosi tersebut, kesedihan, ketakukan, kemarahan. Hal ini menjadi penting karena ketika emosi diabaikan, di lain waktu emosi tersebut datang kembali, akan lebih intens. Maka dari itu, biarkan dirimu mengangis jika diperlukan, agar emosi-emosi tersebut bisa mengalir dan kamu akan merasakan perasaan lega dan tenang, siap untuk menjalani hubungan yang lebih sehat ketika kembali dengan pasanganmu.


3. Berkumpul dengan support system-mu


(Berkumpul dengan support system dapat membantu melepas penas. Foto: Dok. Askar Abayev/Pexels)


Dukungan dari orang-orang sekitarmu menjadi hal yang penting dan dapat sangat membantu ketika kamu berada di situasi break. Berkumpul dan bertukar pikiran dengan mereka dapat menjadi aktivitas yang memberi kamu perasaan lega atau bahkan menerima masukan-masukan bermanfaat untuk mengembangkan hubunganmu nanti ke arah yang lebih baik. Kamu juga bisa melakukan hal-hal yang kamu suka dengan mereka untuk melepas penat atau kejenuhan yang kamu rasakan akhir-akhir ini.


(Baca Juga: Saat Pacar Bosan Chat, Ini Cara Yang Bisa Kamu Lakukan)


4. Merawat diri


(Merawat diri dapat membantu menenangkan pikiran dan mengembalikan fokus. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


Ini menjadi salah satu hal yang tidak boleh kamu sepelekan. Ketika berada dalam hubungan atau situasi bermasalah, biasanya kamu cenderung merasa bingung ketika menjalani rutinitas. Salah satu cara untuk mengembalikan fokus adalah dengan merawat diri agar kamu memeroleh perasaan yang lebih baik. Kamu bisa mulai dengan makan makana sehat, berolahraga, minum air putih yang cukup, atau bahkan beristirahat dengan tidur yang cukup. Kamu juga boleh memanjakan diri dengan pergi spa atau mandi busa agar merasa lebih tenang.


Berikut empat hal yang bisa kamu lakukan ketika berada dalam fase break dengan pasanganmu. Break bisa menjadi momen yang tepat untuk kamu meningkatkan kualitas dirimu agar ketika kamu kembali menjalani hubungan dengan pasanganmu, kamu sudah merasa siap dengan versi diri yang lebih baik.


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Sex & relationship