Hair & beauty

Ini Cara Pakai Highlighter Makeup Untuk Tonjolkan Wajahmu

By : Natasha Fitrand - 2023-05-12 17:00:02 Ini Cara Pakai Highlighter Makeup Untuk Tonjolkan Wajahmu

Highlighter memang dikenal sebagai produk makeup andalan untuk memberikan glow instan yang natural. Baik itu riasan meriah untuk pesta atau riasan simple, penggunaan highlighter bisa membuat wajahmu terlihat lebih segar dan bersinar tanpa banyak effort. Selain itu, highlighter juga terkenal dengan fungsinya yang mampu menonjolkan area wajah yang diinginkan, seperti tulang pipi, hidung, garis rahang, bibir, dan lainnya. Menggunakan highlighter pada beberapa area wajah ini bisa memberikan kesan wajah yang lebih naik dan tirus, lho.


Selain banyak fungsinya untuk wajah, highlighter juga memiliki banyak jenisnya. Namun, umumnya highlighter dikenal dengan tiga jenis, yaitu powder highlighter, liquid highlighter, dan highlighter stick.


1. Powder Highlighter


(Charlotte Tilbury Hollywood Superstar Glow Highlighter. Foto: Dok. Charlotte Tilbury)

Jenis highlighter satu ini selalu menjadi favorit dan paling banyak digunakan oleh para peminat makeup karena penggunannya yang mudah terutama untuk pemula. Sama seperti blush on pada umumnya, powder highlighter diaplikasikan menggunakan brush dengan ujung yang lebih tipis atau runcing untuk hasil maksimal. Kamu bisa menyesuaikan hasil yang diinginkan, misal satu layer untuk hasil natural, atau tambahkan dua-tiga layer untuk hasil lebih on-point.


2. Liquid Highlighter


(Rare Beauty Positive Light Liquid Luminizer Highlighter. Foto: Dok. Rare Beauty)

Keunggulan utama liquid highlighter adalah formulanya yang jauh lebih pigmented jika dibandingkan dengan jenis highlighter lainnya. Oleh karena itu, dianjurkan untuk hanya menggunakan satu-dua titik produk saja di area wajah yang diinginkan. Untuk hasil yang lebih natural, kamu bisa coba menggunakan liquid highlighter sebelum foundation untuk memberikan kesan “shine from within” yang sedang ngetren. Liquid highlighter paling cocok dipakai pada kulit yang cenderung berminyak.


3. Highlighter Stick


(Luxcrime Seamless Highlighter Stick. Foto: Dok. Luxcrime)

Walau jenis satu ini tidak terlalu umum, highlighter stick juga memiliki peminatnya tersendiri, lho. Highlighter stick cocok bagi kamu yang ingin makeup sat-set, praktis, dan bisa kamu bawa kemanapun tanpa mebawa aplikator tambahan. Selain itu, highlighter stick juga dapat menjangkau area kecil di wajah yang mungkin susah dijangkau oleh brush makeup atau jari.


(Baca Juga: Ini 4 Liquid Blush Yang Wajib Kamu Punya, Apa Saja?)


Cara Pakai Highlighter Makeup


(Cara pakai highlighter makeup. Foto: Dok. beautyblender.com)

Sudah tentukan jenis highlighter mana yang kamu inginkan? Sekarang waktunya kamu mengetahui cara pakai highlighter makeup yang benar. Sebelum itu, kamu juga perlu mengingat untuk memakai highlighter dengan shade yang cocok dengan warna kulitmu. Tipsnya, jika kamu memiliki kulit yang terang maka pilih highlighter dengan warna pink atau champagne. Jika kamu memiliki kulit yang sedang maka pilih highlighter dengan warna emas atau bronze. Lalu, jika kamu memiliki kulit gelap maka pilih highlighter dengan warna copper atau bronze.

Berikut adalah cara pakai highlighter makeup yang bisa kamu coba!


1. Pakai highlighter di tulang pipi untuk memberikan kesan glow natural dan menonjolkan tulang pipi untuk kesan lebih tirus dan uplifting. Pakai highlighter dengan garis naik dan memanjang, dari area pipi hingga mendekati pelipis.

2. Pakai highlighter di ujung mata untuk memberikan atensi pada mata kamu, atau untuk menghighlight eye makeupmu. Pakai kuas tipis dan runcing, lalu tepukkan di area ujung mata dengan lembut agar tidak berlebihan.

3. Pakai highlighter di area pangkal hidung dan tambahkan di ujung hidung, untuk memberikan kesan wajah yang lebih panjang serta hidung yang mancung.

4. Pakai highlighter di area cupid’s bow untuk memberikan kesan bibir yang manis, segar, dan plump. Atau, jika kamu merasa lebih fancy kamu juga bisa berikan highlighter di bagian tengah bibir bawahmu untuk berikan kesan seperti menggunakan lip gloss.


(Baca Juga: Rekomendasi Highlighter Cair untuk Tampil Lebih Glowing)


Itu adalah cara pakai highlighter makeup yang benar. Tambahkan highlighter ke makeup routine kamu sehari-hari untuk penampilan yang segar, natural, dan effortless.


Hair & beauty