Hair & beauty

5 Cara Jaga Kulit Wajah Terhidrasi di Ruangan Ber-AC

By : Her World Indonesia - 2023-05-06 11:00:01 5 Cara Jaga Kulit Wajah Terhidrasi di Ruangan Ber-AC

Pasti banyak dari kita yang sering menghabiskan banyak waktu di rumah maupun kantor dalam ruangan yang ber-AC. Berada di dalam ruangan ber-AC yang sejuk memang terasa nyaman, jika dibandingkan dengan berada di tempat yang panas dan lembab. Namun, ternyata berada di dalam ruangan ber-AC terlalu lama dapat menyebabkan kulit wajah kering dan dehidrasi. Bagaimana bisa?


AC menyebabkan kadar air dalam udara berkurang. Ruangan dengan kadar air rendah dapat menyebabkan kandungan air di dalam kulitmu mudah menguap. Kandungan air dalam kulit kita ternyata dapat terlepas ke udara begitu saja ketika udara sekitar kita kering. Namun, jika sudah menjadi kewajiban kita, bekerja di ruangan ber-AC setiap hari selama berjam-jam, apa yang harus kita lakukan? Menurut beberapa sumber, ini dia lima cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hidrasi kulit di ruang ber-AC.


1. Minum air putih yang cukup


(Minum air putih yang cukup akan menjaga kulit terhidrasi. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


Salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan air putihmu. Di kantor biasanya tersedia dispenser untuk minum. Kamu bisa membawa botol minum setiap hari ke kantor, lalu biasakan untuk mengisinya hingga penuh di pagi hari, agar kamu dapat minum disela-sela waktu kerja. Orang dewasa membutuhkan air sebanyak delapan gelas berukuran 230 mililiter per hari atau total dua liter.


(Baca Juga: Waspada! Inilah Penyebab Kulit Kering di Sekitar Hidung)


2. Letakkan humidifier di meja kerja


(Humidifier jaga keseimbangan kadar kelembapan udara dalam ruang kering. Foto: Dok. doTERRA International, LLC/Pexels)


Pelembap udara yang satu ini bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Uap air ini nantinya akan mengikat bakteri, virus, dan menjatuhkan radikal bebas. Humudifier juga akan membantu menyeimbangkan kadar kelembapan udara dalam ruangan yang kering, seperti ruang ber-AC. Selain bermanfaat, terdapat berbagai bentuk dan desain humidifier yang bisa sekaligus menjadi hiasa meja kerja yang lucu.


3. Gunakan pelembap yang tepat


(Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. Foto: Dok. Greta Hoffman/Pexels)


Untuk menyiapkan kulit terpapar udara kering di ruangan ber-AC, kamu perlu menggunakan pelembap terlebih dahulu untuk menghidrasi kulit. Selain menjaga kulit lembap, produk ini juga menjaga lapisan sel kulit tetap terhidrasi. Ketika kulitmu kekurangan cairan, sel kulit akan lebih mudah rusak dan muncul permasalahan seperti jerawat dan irirtasi. Sedikit tips, pakailah pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk perlindungan dan manfaat yang maksimal.


(Baca Juga: Ada 10 Sunscreen Yang Bisa Dicoba Untuk Kulit Kering)


4. Semprotkan face mist


(Semprotkan face mist secara berkala di ruang ber-Ac untuk jaga kulit tetap terhidrasi. Foto: Dok. RDNE Stock project/Pexels)


Salah satu produk andalan yang perlu kamu bawa ketika berkegiatan di ruang ber-AC adalah face mist. Produk ini tidak hanya mengandung air yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, tetapi juga diperkaya dengan zat-zat seperti gliserin dan hyaluronic acid yang bekerja melembapkan kulit. Kamu cukup untuk menyemprotkan sedikit pada wajah, lalu ditepuk-tepuk dengan lembut agar produk menyerap dan kulit terasa lebih lempab dan kenyal.


5. Makan buah-buahan


(Konsumsi buah-buahan agar kulit selalu terhidrasi dari dalam. Foto: Dok. Anete Lusina/Pexels)


Asupan dari dalam tentunya juga menjadi kunci yang penting. Air belum cukup menjadi asupan dari dalam untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, kamu juga perlu untuk mengonsumsi buah-buahan. Buah-buah yang dapat kamu konsumsi untuk menjaga hidrasi kulit adalah stroberi dan pisang karena dua buah tersebut mengandung mineral sebanyak 92% dan 74%. Selain akan menjaga hidrasi kulitmu, vitamin yang terkadung di dalamnya juga akan membuat kulitmu cerah dan sehat.


Berikut lima cara yang akan menjadi solusi kamu untuk menjaga kulit wajah terhidrasi walau bekerja dan menghabiskan banyak waktu di ruangan ber-AC. Selamat mencoba!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Hair & beauty