Hair & beauty

Ini 7 Makanan Untuk Jaga Kulit Terhidrasi, Termasuk Kuaci!

By : Vanessa Masli - 2023-05-05 19:00:01 Ini 7 Makanan Untuk Jaga Kulit Terhidrasi, Termasuk Kuaci!

Kalau berbicara tentang penampilan wajah, kesehatan kulit menjadi elemen penting dan menentukan kondisi wajahmu setiap harinya. Tentu, kulit wajah yang terjaga hidrasinya adalah salah satu hal yang terus diupayakan hampir setiap wanita dengan berbagai perawatan maupun produk skincare yang dilakukan.


Namun, perawatan kulit yang baik, tak hanya dari berbagai krim dan serum yang diaplikasikan ke wajah, tapi juga asupan makanan untuk menjaga hidrasi kulit. Buat kamu yang ingin menjaga kulit agar tetap terhidrasi, Her World sudah merangkum beberapa asupan makanan yang bisa kamu konsumsi. Penasaran apa saja?


1. Alpukat


Lemak tak semuanya jahat. Ada beberapa lemak baik yang justru tubuh dan kulitmu butuhkan untuk menjaga kondisinya tetap baik. Alpukat, salah satu superfood yang menyimpan lemak baik untuk menutrisi tubuh secara menyeluruh. Kandungan antioksidan dan asam lemak yang ada dalam alpukat terbukti bisa menjaga hidrasi kulit. Plus, minyak alpukat bisa juga membantu kulit tampak awet muda.


2. Matcha



(Matcha jadi salah satu asupan makanan yang bisa jaga hidrasi kulit. Foto: Dok. Nataliya Vaitkevich/Pexels)


Lama menjadi salah satu pilihan sumber kafein pengganti kopi untuk orang-orang yang memiliki asam lambung, matcha rupanya memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kulit dan bisa menjaga kondisinya tetap terhidrasi. Bubuk teh hijau yang populer di Jepang ini mengandung gula, vitamin, dan mineral untuk membantu kulit dalam menjaga kelembapan.


Konsumsi matcha, yang bisa kamu campur dengan air atau susu hangat ini, ternyata mampu memberikan tampilan wajah yang lembap dan cerah. Plus, untuk para pemilik kulit berminyak, mengonsumsi matcha bisa menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa membuat wajah terlihat “glowing” karena minyak berlebih.


3. Hati sapi


Vitamin A menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit dan bisa juga kamu dapatkan dari protein hewani, salah satunya hati sapi. Dalam tiga ons hati liver dapat memenuhi kebutuhan vitamin A bagi tubuhmu yang juga membantu pemenuhan nutrisi untuk jaga kulit tetap hidrasi.


Kandungan retinoid dan karotenoid yang ada di dalam vitamin A melembapkan kulit kering. Plus, vitamin A dapat memperbaiki kulit yang alami kerusakan akibat paparan sinar UV dan melindungi kulitmu.


4. Kiwi



(Kiwi menyimpan vitamin C yang tak kalah banyak dengan buah jeruk. Foto: Dok. Any Lane/Pexels)


Tak hanya buah jeruk yang memiliki vitamin C yang kaya, tapi juga buah kiwi. Buah satu ini menyimpan kandungan vitamin C yang baik untuk mengurangi kekeringan di area kulit serta menjaga hidrasi setiap lapisannya. Vitamin yang juga disebut sebagai asam askorbat ini mengunci kandungan air dalam tubuh sehingga menjaga kondisi kulit wajah tetap terhidrasi.


Selain menghidrasi kulit, vitamin C juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jadi mengonsumsi buah kiwi, kamu membantu tubuh dalam menjaga kondisi kesehatannya secara menyeluruh, termasuk kulit.


(Baca Juga: Mau Lipstik Kamu Tahan Lama? Coba 5 Tips & Trik Ini!)


5. Biji bunga matahari


Kalau kamu termasuk salah satu orang yang suka nyemil di tengah-tengah hari, mungkin camilanmu juga bisa bantu jaga hidrasi kulit. Biji bunga matahari atau mungkin lebih familier dengan kuaci adalah sumber vitamin E yang juga jadi salah satu vitamin penting bagi kulit.


Vitamin E sendiri adalah antioksidan yang dapat membantu kulit untuk menghindari efek kerusakan akibat sinar UV, seperti kulit kering dan hiperpigmentasi. Dengan memadukan vitamin E dan vitamin C, kamu membantu kurangi peradangan sekaligus menjaga kondisi kulit terhadap terhidrasi.


6. Semangka



(Bisa lepas dahaga sekaligus menghidrasi kulit, semangka bisa jadi opsi. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Di cuaca yang sangat panas akhir-akhir ini, semangka mungkin jadi salah satu opsi untuk melepas dahaga saat air dingin tak cukup menyegarkan. Sebagian besar buah semangka mengandung air (mencapai kira-kira 90 persen) dan menyimpan berbagai mineral seperti lycopene, vitamin C, dan beta karoten yang juga mendukung kondisi kulit yang sehat sekaligus terhidrasi.


7. Tiram


Kamu bisa menemukan nutrisi untuk menjaga hidrasi kulit dari tiram atau oysters. Sebab, tiram memiliki kandungan seng yang tinggi. Untuk melindungi kulit dari sinar UV dan menjaga hidrasinya, selain vitamin, seng juga merupakan nutrisi yang esensial. Lalu, konsumsi tiram juga melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang memiliki andil atas kulit kering jadi kulit wajahmu tetap terhidrasi dengan baik.


(Baca Juga: Bisa Obati Jerawat, Ini Manfaat Masker Oatmeal Untuk Kulitmu)


Itu dia asupan makanan yang wajib kamu konsumsi untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Semoga bermanfaat!


Hair & beauty