Hair & beauty

Bisa Obati Jerawat, Ini Manfaat Masker Oatmeal Untuk Kulitmu

By : Natasha Fitrand - 2023-05-02 12:00:02 Bisa Obati Jerawat, Ini Manfaat Masker Oatmeal Untuk Kulitmu

Jika muncul pertanyaan makanan ringan favorit yang sehat sekaligus cocok untuk diet, jawabannya sudah pasti oatmeal. Yup, kamu pasti sudah pernah mencoba makanan satu ini. Umumnya, oatmeal dikonsumsi untuk sarapan di pagi hari dan sebagai makanan pengganti saat menjalani diet karena memiliki kalori yang rendah dan rasa yang menyenangkan. Oatmeal juga banyak digemari karena makin lezat saat dikonsumsi bersama makanan lainnya, seperti buah-buahan, cereal, bahkan biskuit.


Oat sendiri mengandung karbohidrat, dan serat yang tinggi, membuatnya cocok untu menurunkan berat badan, menjaga nutrisi seimbang, meningkatkan kesehatan, dan memelihara pencernaan yang sehat. Selain manfaat bagi tubuh, oatmeal juga terkenal dengan beragam manfaatnya untuk kulit wajah, lho. Manfaat oatmeal bagi kulit wajah bisa kamu rasakan ketika membuat masker oatmeal dan menggunakannya secara rutin.


Tertarik? Simak di bawah ini manfaat masker oatmeal dan cara membuatnya!


Manfaat Oatmeal Untuk Kulit


(Manfaat masker oatmeal. Foto: Dok. AnnaPustynnikova/iStock)

Di dunia kecantikan, sudah bukan hal yang asing lagi untuk menggunakan masker oatmeal. Banyak orang sudah menggunakan masker oatmeal dalam rutinitas kecantikan mereka sehari-hari dan merasakan perbedaannya pada kulit. Selain manfaatnya, saat digunakan masker oatmeal memiliki tekstur yang lembut serta tidak memiliki wangi yang mengganggu, membuatnya menjadi salah satu favorit para beauty enthusiast! Berikut adalah manfaat masker oatmeal untuk kulit yang bisa kamu dapatkan.


1. Membuat Kulit Tampak Awet Muda


Oat memiliki kandungan senyawa saponin yang berfungsi sebagai pembersih alami sekaligus menghilangkan kotoran dan minyak dari pori-pori. Berkat saponin dalam oat, hal ini juga bisa membantu menghilangkan sel kulit mati di permukaan terluar kulit, membuat kulit terlihat lebih segar, bercahaya, dan tampak awet muda.


2. Mencerahkan Wajah


Oat memang terkenal dengan manfaatnya yang dapat mencerahkan wajah. Bahkan, cara kerjanya dipercaya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan masker buah-buahan atau produk perawatan kulit yang mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA). Berkat khasiat ini, selain untuk wajah masker oat juga banyak digunakan untuk mengobati bekas kulit hitam akibat luka atau penyakit cacar, lho.


3. Melembapkan Wajah


Oat juga memiliki kandungan beta-glukan yang berfungsi untuk membentuk lapisan halus pada permukaan kulit sehingga mampu memberikan kelembapan yang dibutuhkan kulit. Hal inilah yang memberikan oat julukan sebagai pelembap alami.


4. Mengobati Jerawat


Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering dialami oleh banyak orang. Hal ini mampu diatasi dengan menggunakan masker oatmeal, mengingat oat mengandung berbagai mineral seperti magnesium, fosfor, mangan, selenium, dan zinc yang memiliki manfaat untuk membantu menyeimbangkan hormon penyebab jerawat. Selain mengobati jerawat, masker oatmeal juga mampu meredakan jerawat radang dan membandel, bahkan mencerahkan bekas jerawat yang menghitam di wajah.


(Baca Juga: Bikin Kulit Glowing, Kenali 4 Manfaat Chia Seed Untuk Wajah)


Cara Membuat Masker Oatmeal


(Cara membuat masker oatmeal. Foto: Dok. Nebasin/iStock)

Kamu sudah mengetahui berbagai manfaat masker oatmeal. Kini, saatnya kamu membuat masker oatmeal sendiri di rumah! Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa membuat masker oatmeal dengan campuran madu atau susu. Berikut adalah cara mudah membuat masker oatmeal.


1. Campurkan oatmeal dan susu putih atau tambahkan dengan madu.

2. Aduk merata hingga menjadi tekstur pasta atau krim yang kental, lalu dinginkan campuran masker di kulkas selama 20 menit (opsional).

3. Oleskan masker pada permukaan wajah yang bersih.

4. Diamkan selama 20 menit atau sampai masker mengering.

5. Bersihkan masker dengan air hangat.


(Baca Juga: Masker Ketan Hitam Untuk Kecantikan, Ini Cara Membuatnya!)


Nah, itu dia manfaat masker oatmeal dan cara membuatnya. Selamat mencoba!


Hair & beauty