Hair & beauty

Mau Lipstik Kamu Tahan Lama? Coba 5 Tips & Trik Ini!

By : Her World Indonesia - 2023-05-02 18:00:02 Mau Lipstik Kamu Tahan Lama? Coba 5 Tips & Trik Ini!

Lipstik menjadi salah satu riasan wajah yang wajib ada di dalam tas kebanyakan wanita. Saat tidak memiliki banyak waktu untuk merias wajah, kebanyakan wanita akan memilih untuk menggunakan lipstik agar wajah tidak terlihat pucat dan segara seketika. Maka dari itu, lipstik jadi salah satu alat kosmetik andalan banyak wanita.


Namun, setiap lipstik memiliki daya tahannya yang berbeda. Terkadang melakukan touch up lipstik berkali-kali dalam sehari, terasa sangatlah tidak praktis. Selain tidak praktis, penggunaan lipstik juga menjadi boros. Lalu bagaimana solusinya? Menurut beberapa sumber, berikut lima tips and tricks yang bisa kamu coba agar lipstik kamu tahan lama. Yuk dicoba!


1. Eksfoliasi bibir


(Emina Lip Sugar Rush Lip Scrub. Foto: Dok. Emina Cosmetics)


Kulit bibirmu merupakan bagian yang berkontak langsung dengan udara. Hal ini menyebabkannya bibir sering kering, pecah-pecah, bahkan terlihat kurang segar jika banyaknya tumpukan sel kulit mati. Bibir yang kering dan pecah-pecah tentu membuat pengaplikasian lipstik tidak bertahan lama. Maka dari itu, melakukan eksfoliasi bibir menjadi penting hal yang penting.


Cara melakukannya sangatlah mudah. Pastikan bibirmu dalam kondisi yang cukup lembap. Setelah itu, eksfoliasi bibir dengan scrub alami maupun scrub khusus bibir yang lembut, salah satunya yaitu Emina Lip Sugar Rush Lip Scrub. Kemudian, kamu tinggal membilas bibir menggunakan waslap basah yang lembut atau dibasuh langsung menggunakan air.


Walau proses eksfoliasi ini baik dalam membantu pengangkatan sel kulit mati pada bibir, kamu tidak perlu melakukannya setiap hari. Cukup lakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu, sebelum menggunakan lipstik atau malam sebelum tidur. Terlalu sering mengeksfoliasi bibir malah akan mengakibatkan kulit bibirmu semakin tipis dan sensitif.


(Baca Juga: Atasi Bibir Kering, Ini 7 Rekomendasi Lip Balm Untuk Remaja)


2. Gunakan lip balm


(NIVEA Lip Care Soothe & Protect. Foto: Dok. Female Daily)


Masih berkaitan dengan tips yang pertama, setelah mengeksfoliasi bibir, jangan sampai lupa untuk menjaga kelembapannya. Cara paling sederhana yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengaplikasian lip balm. Lip balm bermanfaat untuk menutrisi kulit bibir, membuatnya kenyal, dan tentunya membuatnya lembap dengan cepat. Gunakan produk yang menutrisi sekaligus membuat bibir tidak mudah pecah-pecah.


Pengaplikasian lip balm ini dapat kamu lakukan sebelum menggunakan lipstik. Hal ini dapat membantu produk lipstik untuk lebih mudah menempel, tidak mengikuti tekstur bibir, dan tentunya tidak mudah kering. Penggunakan lip balm ini hukumnya wajib bagi kamu yang suka menggunakan lip matte yang memang memiliki efek membuat bibir gampang kering dan pecah-pecah.


Untuk hal yang lebih maksimal, kamu bisa mendiamkan bibirmu selama 15 - 30 menit terlebih dahulu, sebelum melanjutkan langkah berikutnya. Dengan mendiamkannya untuk beberapa waktu, akan membuat lipstik yang nanti diaplikasikan tidak gampang pudar dan menempel lebih awet. Salah satu produk lip balm yang kamu bisa coba adalah NIVEA Lip Care Soothe & Protect yang bahkan sudah dilengkapi dengan SPF15 untuk menjaga bibir dari efek negatif matahari.


3. Aplikasikan concealer sebagai primer bibir


(Y.O.U. NoutriWear+ Complete Cover Concealer. Foto: Dok. Female Daily)


Setelah mengaplikasikan lip balm dan mendiamkannya beberapa saat, kamu bisa masuk ke tahap ini. Penggunakan concealer ini sebenarnya bersifat opsional. Manfaatnya adalah membuat warna asli lipstik lebih keluar dan terlihat lebih tegas. Untuk pengguna lip matte, tahap ini menjadi solusi untuk menjaga ketahanan warna pada bibir.


Namun, untuk pengguna lip tint maupun jenis riasan bibir lainnya, juga sangat direkomendasikan untuk menggunakan concealer sebagai primer agar warna produk dapat lebih nyata dan tidak terserap begitu saja pada bibir. Bagi kamu yang masih bingung mencari concealer, kamu bisa coba gunakan Y.O.U. NoutriWear+ Complete Cover Concealer.


Jangan takut penggunaan concealer akan membuat bibirmu menjadi pucat dan terasa berat. Tipsnya adalah gunakan secara tipis-tipis sambil diratakan. Jika kamu menggunakannya terlalu tebal, selain terlihat berat, bibirmu juga akan mudah kering.


(Baca Juga: Deretan Lip Balm Untuk Bibir Hitam Kamu)


4. Gunakan lip liner


(NYX Slim Lip Pencil. Foto: Dok. Female Daily)


Ternyata, selain digunakan untuk mempertegas bentuk bibir, lip liner juga berguna dalam membuat lipstik tahan lama. Jika biasanya lip liner digunakan di ujung bibir saja, untuk membuat warna lipstik tahan lama, lip liner dapat gunakan untuk mengisi bibir sebelum mengaplikasikan lipstik.


Tekstur lip liner yang lebih kering akan menjadi lapisan yang baik agar warna lipstik lebih terpancar dan terjaga. Agar hasilnya natural dan tidak mengubah warna lipstik yang kamu gunakan, gunakan lip liner dengan warna yang semirip mungkin dengan warna lipstikmu. Bagi kamu yang belum memiliki lip liner, kamu bisa coba produk NYX Slim Lip Pencil yang memiliki 32 pilihan shades, untuk kamu cari warna yang paling mendekati dengan lipstik kesukaanmu.


5. Gunakan bedak tabur untuk set lipstik


(Make Over Silky Smooth Translucent Powder. Foto: Dok. Female Daily)


Tidak hanya untuk mengunci riasan wajah, bedak tabur atau translucent powder juga dapat kamu gunakan untuk mengunci warna lipstik. Namun, jangan aplikasikan langsung bedak pada bibir. Lapisi bibirmu menggunakan selembar tisu terlebih dahulu, baru aplikasikan bedak tabur dengan kuas secara merata.


Selain mengunci warna lipstik pada bibir, cara ini juga dapat membuat lipstik kamu tampak lebih matte. Satu satu rekomendasi loose powder yang bisa kamu coba adalah Silky Smooth Translucent Powder dari Make Over. Formulanya yang ringan dan mampu membuat kulit terhidrasi akan cocok juga untuk membantu kamu set lipstik pada bibir.


Itu dia lima tips and tricks yang bisa kamu coba untuk membuat lipstik tahan lebih lama. Selain bibir tampak cantik setiap saat tanpa perlu sering-sering touch up, kamu juga bisa menghemat karena lipstik tidak cepat abis. Selamat mencoba!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Hair & beauty