Fashion

Tas Kamu Jamuran? Ikuti 5 Cara Ini Untuk Membersihkannya!

By : Her World Indonesia - 2023-05-04 13:00:01 Tas Kamu Jamuran? Ikuti 5 Cara Ini Untuk Membersihkannya!

Tas merupakan salah satu produk fesyen pelengkap penampilan kamu sehari-hari. Tidak hanya cantik, tetapi tas juga tentunya bermanfaat. Tas yang cantik akan menambah daya tarik penampilanmu. Maka dari itu, biasanya orang-orang memiliki lebih dari satu tas, dengan model maupun warna yang berbeda, untuk disesuaikan dengan pakaian yang dikenakan.


Namun tidak jarang, ketika kita sedang sering menggunakan sebuah tas, tas-tas yang lain hanya disimpan di dalam lemari dan lupa untuk dirawat atau dibersihkan secara berkala. Alhasil, ketika baru ingat dan ingin digunakan kembali, tas-tas itu telah memiliki bercak-bercak putih yang merupakan jamur. Tasnya jadi terlihat usang dan kotor, tetapi sayang sekali jika harus dibuang. Maka dari itu, menurut beberapa sumber terdapat lima cara yang bisa kamu coba untuk membersihkan tasmu yang berjamur.


1. Gunakan cuka putih


(Kandungan asam pada cuka ampuh basmi jamur pada tas. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)


Cuka putih menjadi salah satu bahan yang biasanya dipakai untuk memasak. Ternyata, cuka putih juga memiliki manfaat lain sebagai pembersih yang ampuh untuk membersihkan tas yang berjamur. Cuka putih memilki kandungan asam yang menjadi kunci membasmi jamur yang tumbuh di permukaan tas.


Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan satu gelas air matang, lalu tuang dua sendok teh cuka putih ke dalamnya.

2. Jangan lupa gunakan sarung tangan ketika membersihkan jamur pada tasmu.

3. Ambil lap kering yang bersih, lalu celupkan ke dalam larutan cuka putih.

4. Usap lap yang telah dicelup tersebut ke permukaan tas yang ditumbuhi jamur.

5. Jika jamur sudah hilang, kamu dapat melanjutkan dengan memcuci tasmu.

6. Setelah mencuci, pastikan kamu menjemur tasmu sampai benar-benar kering.


Proses mencuci tas setelah kamu mengaplikasikan cuka putih untuk membasmi jamur sangatlah penting. Tidak hanya untuk membersihkan ulang tas, tetapi juga bermanfaat untuk menghilangkan aroma cuka yang menyengat akibat cuka putih.


(Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Noda Di Sepatu Putih Paling Ampuh)


2. Pakai alkohol


(Alkohol bisa bersihkan tas yang berjamur. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


Alkohol menjadi salah satu bahan kimia yang banyak digunakan untuk membasmi noda atau kotoran. Alkohol juga ternyata ampuh untuk menghilangkan jamur yang tumbuh pada tas. Namun, kandungannya yang keras membuat kamu harus berhati-hati karena tidak semua tas bisa dibersihkan menggunakan alkohol. Jika tidak hati-hati, bukannya tasmu bersih dari jamur, malahan akan merusak bahannya.


Berikut tahapannya:

1. Campurkan satu cangkir air dengan satu cangkir alkhol.

2. Aduk air dan alkohol hingga merata.

3. Ambil dan basahi spons cuci piring dengan larutan alkohol.

4. Gosok bagian tas yang berjamur menggunakan spons yang telah dibasahi tersebut.

5. Tidak perlu dicuci, kamu bisa langsung menjemur tas di tempat yang berangin selama 24 jam.


Berbeda dengan cuka putih, alkohol tidak meninggalkan aroma menyengat. Maka dari itu, kamu bisa langsung menyimpan tasmu setelah dijemur. Namun, jika kamu merasa masih kurang bersih, tidak masalah jika kamu mau mencucinya setelah proses pembersihan jamur menggunakan alkohol ini.


3. Gunakan soda kue


(Soda kue ampuh bersihkan dan cegah pertumbuhan jamur pada tas. Foto: Dok. Kaboompics .com/Pexels)


Bahan masak lainnya yang ternyata ampuh untuk membasmi jamur pada tas adalah soda kue. Selain membasmi, soda kue juga mampu untuk mencegah jamur kembali tumbuh pada tasmu. Mau tahu bagaimana caranya?


Berikut panduannya:

1. Jemur tasmu terlebih dahulu selama 24 jam dalam kondisi kering.

2. Pada bagian yang berjamur, taburkan bubuk soda kue. Bila perlu, kamu boleh menaburkan bubuk soda kue ke seluruh bagian tas.

3. Letakkan tasmu di ruangan yang kering dan tertutup selama semalaman.

4. Basahi spons cuci piring dengan air, lalu gosok seluruh bagian tas, terutama bagian yang ditumbuhi jamur.

5. Bilas sisa soda kue jika masih ada yang tertinggal, lalu cuci tas sampai bersih.

6. Jemur tas di tempat yang berangin dan simpan tas kamu dalam kondisi yang kering.


Mungkin terlihat menghabiskan waktu yang lama dalam proses pembasmian jamur di tas menggunakan soda kue ini. Namun, proses pendiaman soda kue selama semalanan ini yang bermanfaat untuk membiarkan soda kue bekerja mematikan jamur dan mencegahnya untuk tumbuh kembali. Dengan sekali menjadi proses yang cukup panjang ini, tasmu akan bertahan cukup awet untuk tidak ditumbuhi jamur kembali.


(Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Noda Tinta Dengan Bahan Alami)


4. Gunakan detergen cair


(Detergen bisa digunakan untuk membersihkan tas berbahan kain dan plastik yang berjamur. Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)


Detergen memang dikenal sebagai bahan pembersih untuk mencuci baju atau barang dengan bahan kain lainnya. Seperti yang kita ketahui, jamur bisa tumbuh pada tas dengan bahan yang berbeda-beda. Selain tas berbahan kulit, jamur mungkin saja tumbuh di tas dengan bahan kain atau plastik. Kamu bisa mencoba menggunakan detergen cair untuk membersihkan tasmu yang berbahan dasar kain atau plastik.


Berikut langkah-langkahnya:

1. Basahi tasmu yang berjamur dengan air.

2. Tuang detergen cair secukupnya pada tas, khususnya pada bagian yang ditumbuhi jamur.

3. Ambil sikat berbulu lembut, bisa gunakan sikat gigi bekas, gunakan untuk menggosok bagian yang berjamur.

4. Selain bagian yang ditumbuhi jamur, kamu bisa juga menyikatnya dengan sikat berbulu lembut tersebut juga atau spons cuci piring yang lebih halus.

5. Bilas tas hingga tidak ada sisa detergen yang tertinggal.

6. Jemur tas di tempat terbuka hingga kering sepenuhnya.


Penggunaan detergen cair memiliki sifat yang minim residu terhadap tasmu. Dengan minimnya residu, detergen cair dinilai lebih aman untuk membersihkan tas berbahan dasar kain atau plastik yang berjamur.


5. Pakai sabun pembersih tas kulit (saddle soap)


(Saddle soap, sabun khusus pembersih tas dan barang berbahan kulit. Foto: Dok. leprevoleather/Instagram)


Barang-barang berbahan dasar kulit biasanya memang memiliki cara dan bahan-bahan pembersihnya sendiri. Ternyata, memang ada sabun yang dirancang khusus untuk membersihkan tas kulit bernama saddle soap. Sabun ini berbentuk krim yang cukup padat. Saddle soap cukup aman untuk digunakan sebagai pembasmi jamur pada tas.


Berikut caranya:

1. Ambil kain lap bersih, lalu celupkan kain ke dalam air.

2. Gosokkan kain ke saddle soap.

3. Gosok tasmu yang berjamur dengan kain yang berlumur saddle soap. Gosok hingga berbusa.

4. Ambil kain lap bersih lain dan basahi dengan air. Gunakan kain bersih tersebut untuk menggosok tas dan menghilangkan sisa sabun yang masih tersisa.

5. Jemur tas di tempat berangin sampai seluruh bagian tas, luar maupun dalam, kering sepenuhnya.


Saddle soap memang merupakan sabun khusus untuk membersihkan tas. Oleh karena itu, kamu tidak perlu begitu khawatir bahan tersebut dapat merusak tasmu.


Itu dia lima cara ampuh yang bisa kamu coba untuk membersihkan tasmu yang berjamur. Tidak hanya membasmi, kamu juga harus bisa mencegah agar jamur tidak tumbuh pada tasmu sejak awal. Kamu bisa membiasakan diri untuk membersihkan tas secara teratur dan mengimpannya di tempat yang kering serta bersih. Selamat mencoba!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Fashion