6 Cara Menghilangkan Noda Tinta Dengan Bahan Alami


  • 6 Cara Menghilangkan Noda Tinta Dengan Bahan Alami
    (Menghilangkan noda tinta dengan bahan alami. Foto: Dok.FotoDuets/iStock)

    Apakah kamu sering meletakkan pulpen di saku bajumu? Ketika pulpen itu bocor saat diletakkan di saku baju atau celana dapat menyebabkan masalah, karena kamu harus membersihkannya. Apapun jenis noda tinta yang mengotori pakaian, akan lebih baik untuk menghilangkan noda tersebut secepatnya agar tidak membekas dan semakin sulit dihilangkan.


    Menghilangkan noda tinta dari pulpen yang membekas di baju tersebut adalah sebuah pekerjaan yang cukup sulit, jika kamu tidak memahami triknya. Ada tantangan tersendiri dalam menghilangkan noda tinta, sebab tidak semua jenis tinta dan kain adalah sama, sehingga beberapa noda tinta akan lebih mudah dihilangkan daripada yang lain. 




    Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara menghilangkan noda tinta di baju yang bisa dilakukan sendiri dirumah. Yuk simak beberapa bahan alami untuk menghilangkan noda tinta berikut ini. 


    1. Garam 

    Menghilangkan noda tinta dengan bahan alami

    (Noda tinta bisa dihilangkan dengan garam. Foto: Dok.Detry26/iStock)


    Cara menghilangkan noda tinta di baju yang pertama adalah dengan menggunakan garam. Ini adalah salah satu cara paling umum dan termudah untuk menghilangkan noda tinta dari pakaian. Bahan yang satu ini pasti selalu ada di dapurmu. 


    Caranya mudah, kok. Kamu cukup menaburkan garam secukupnya pada noda tinta yang masih basah. Kemudian usap garam dengan tisu basah atau bisa juga kamu basahkan bajumu sedikit, lalu sikat garam yang tersisa. Ulangi proses tadi sampai noda tinta benar-benar terangkat dan pakaian jadi bersih kembali. 


    2. Pasta Gigi 


    Selain untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan, pasta gigi juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda tinta pada pakaian. Caranya, cukup oleskan pasta gigi yang bukan berbentuk gel pada noda tinta, lalu gosok menggunakan sikat gigi bekas. Pastikan kamu tidak menggosoknya terlalu keras agar warna baju tidak memudar.


    Setelah itu, bilas pasta gigi dengan air. Kalau noda tinta masih ada, ulangi menggosok pasta gigi pada noda tinta sampai noda tinta hilang. 


    (Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Noda Di Sepatu Putih Paling Ampuh)


    3. Tepung Maizena 

    Menghilangkan noda tinta dengan bahan alami

    (Noda tinta karena pulpen yang menempel dibaju bisa hilang dengan tepung maizena. Foto: Dok.PicturePartners/iStock)


    Ternyata selain sebagai bahan makanan, tepung yang satu ini juga bermanfaat untuk menghilangkan noda tinta. Kamu tpasti dapat dengan mudah menemukan tepung maizena di dapur.


    Cara menggunakan tepung maizena untuk menghilangkan noda tinta di baju cukup mudah. Kamu cukup mencampurkan tepung maizena dengan sedikit susu hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta maizena ke noda tinta dan tunggu hingga kering. Setelah kering, hilangkan atau bilas maizena lalu cuci baju seperti biasa. 


    4. Susu 


    Minuman yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh ini ternyata mampu menghilangkan noda tinta yang ada di bajumu. Sebab tinta terdiri dari pelarut organik yang mudah menguap saat dipindahkan di atas kertas, maka tinta cukup larut dengan elemen lipofilik. Unsur lipofilik adalah unsur yang dapat melarutkan unsur lain dalam lemak dan cairannya. 


    Hal yang bisa kamu lakukan adalah merendam pakaian yang terkena noda ke dalam susu. Lalu biarkan selama semalaman, kemudian pada esok hari noda tinta akan menghilang. Kamu bisa mencuci bajunya seperti biasa dengan sabun. 


    5. Mentega 

    Menghilangkan noda tinta dengan bahan alami

    (Mentega sebagai olesan roti bisa digunakan untuk membersihkan baju dari noda tinta. Foto: Dok.funkybg/iStock)


    Siapa yang menyangka kalau mentega dapat membersihkan noda di baju akibat tinta yang bocor? 


    Kamu hanya perlu mengusapkan mentega pada noda tinta, kemudian jemur pakaianmu di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Jika noda tinta sudah menghilang, kamu dapat mencuci baju dengan sabun dan bilas hingga bersih.


    (Baca Juga: 15 Cara Merawat Pakaian Putih)

    6. Aseton atau nail polish remover


    Cara menghilangkan noda tinta di baju yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aseton atau pembersih cat kuku. Ternyata, selain berfungsi untuk menghapus cat kuku, aseton juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan noda tinta di baju. 


    Caranya kamu usapkan bagian baju yang terkena tinta menggunakan sedikit aseton. Gunakan cotton bud atau kapas untuk mengoleskan aseton pada noda. Setelah noda tinta hilang, kamu bisa mencuci baju seperti biasa untuk memastikan bahwa baju benar-benar telah bersih dari noda.  Baju kamu akan bersih dari noda tinta dan menjadi tidak luntur.


    Nah, demikianlah beberapa cara menghilangkan noda tinta di baju dengan bahan alami yang mudah untuk kamu coba sendiri dirumah. Cara tersebut memang harus dilakukan berulang kali agar hasilnya maksimal. Jadi kamu tertarik coba cara yang mana nih?


    (Penulis: Tiara Kandida E)






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below