Hair & beauty

7 Cara Efektif Menghilangkan Bau Apek di Rambut Secara Alami

By : Her World Indonesia - 2023-05-25 19:00:01 7 Cara Efektif Menghilangkan Bau Apek di Rambut Secara Alami

Terkadang, keramas dengan sampo saja tidak cukup untuk menghilangkan bau apek pada rambut. Rambut apek pada rambut bisa disebabkan karena berbagai faktor, mulai dari paparan polusi, keringat berlebih, perubahan hormon, hingga adanya infeksi jamur di rambut. 

Tenang…kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara menghilangkan bau apek secara alami yang bisa kamu lakukan. Bagaimana caranya? Coba cara menghilangkan bau apek di rambut secara alami berikut ini. 


1. Menggunakan kulit jeruk

(Kulit jeruk efektif menghilangkan bau apek. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Kulit jeruk yang wangi efektif untuk mengusir bau apek tidak sedap di rambut. Selain itu, kandungan vitamin C yang bersifat asam dalam kulit jeruk juga bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab bau apek di rambut. 

Kamu cukup mengiris-iris kulit jeruk, dan tumbuh hingga halus. Kemudian, peras menggunakan kain bersih untuk memisahkan airnya dengan serat atau sari-sari kulit jeruk.

Barulah, oleskan air perasan kulit jeruk ke kulit kepala secara merata, lalu pijat-pijat dengan lembut. Bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Terakhir, bilas rambut dengan air hingga bersih.


2. Masker lidah buaya


Satu cara yang gampang dan murah untuk menghilangkan bau apek di rambut, yaitu dengan menggunakan masker lidah buaya. Lidah buaya terbukti memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah rambut, yang mungkin jadi penyebab bau apek di rambut. Kedua sifat itu akan membuat kulit kepala lebih bersih dan sehat, sehingga rambut bebas dari bau apek.

Kamu bisa buat sendiri masker lidah buaya dengan mengambil sebagian gel lidah buaya, lalu aplikasikan ke kulit kepala dan rambut secara merata.

Pijat-pijat lembut dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Gunakan masker lidah buaya ini dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


3. Tomat


(Tomat memiliki kandungan pH yang cukup tinggi dan dinilai efektif menghilangkan bau apek di rambut. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


Kandungan pH yang cukup tinggi dalam tomat diyakini efektif untuk menghilangkan bau apek di rambut. Caranya, potong tomat menjadi beberapa bagian. Lalu, peras untuk memisahkan air dan sari-sarinya. Kemudian, oleskan sari-sari tomat itu ke kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat lembut.


Sementara air tomatnya bisa kamu oleskan di tiap-tiap bagian helai rambut dari akar hingga ke ujungnya. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.


4. Lemon


Lemon adalah bahan alami lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut apek di rambut. Buah dengan cita rasa masam ini memiliki sifat antimikroba yang bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab bau apek di rambut.

Untuk mendapatkan manfaatnya, potong buah lemon menjadi dua bagian, lalu peras untuk mengeluarkan airnya. Setelah itu, oleskan air perasan lemon pada kulit kepala dan tiap-tiap helai rambut secara merata. Lakukan pijatan lembut di kulit kepala yang bertujuan agar air perasan lemon dapat meresap lebih dalam dan bekerja secara maksimal. Diamkan selama beberapa menit. 

Barulah bilas rambut dan kulit kepala menggunakan air hingga bersih.

Note: Hati-hati saat menggunakan air perasan lemon, karena sifat asamnya bisa membuat kulit kepala lebih sensitif. Dan pastikan, tidak ada luka terbuka di kulit kepala, karena bisa menimbulkan rasa perih dan memperparah luka.


(Baca Juga: 8 Model Rambut Agar Terlihat Lebih Muda, Bisa Dicoba!)


5. Cuka sari apel


(Cuka sari apel dikenal baik untuk mengatasi bau apek pada rambut. Foto: Dok. Towfiqu Barbhuiya/Unsplash)


Cuka sari apel ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi rambut bau apek. Hal ini berkat Basifat anti mikrobanya yang dapat melawan bakteri di kulit kepala penyebab bau. Namun, penggunaan cuka sari apel harus dilakukan secara hati-hati, terutama pada penderita eksim karena bisa menyebabkan iritasi. 

Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit cuka sari apel ke bagian kulit lainnya, tangan, misalnya, lalu tunggu reaksinya selama 24 jam. Apabila tidak ada reaksi di kulit, itu artinya kulit kepala kamu cukup aman untuk bersentuhan dengan cuka sari apel. 


Masukan sedikit cuka sari apel ke dalam botol spray, lalu semprotkan ke rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit agar cuka sari apel meresap ke kulit kepala sebelum kamu membilasnya dengan air. 


6. Essential oil


Cara menghilangkan bau apek di rambut berikutnya yaitu dengan memanfaatkan essential oil. Minyak yang bersifat antimikroba ini dinilai cukup efektif untuk menghilangkan bakteri penyebab bau tidak sedap di rambut dan kulit kepala. Bahkan, essential oil juga dipercaya mampu membantu mengurangi masalah ketombe. 

Kamu bisa mengoleskan essential oil secara merata sambil dipijat-pijat lembut sebelum keramas, atau campur sedikit essential oil dengan sampo yang biasa kamu pakai. Setelah itu, bilas rambut dengan air hingga bersih. Essential oil akan membantu membersihkan kulit kepala dan helai rambut dari kotoran-kotoran yang menempel, yang bisa menyebabkan bau apek di rambut. 


7. Baby powder



Satu lagi cara gampang dan efektif untuk mengatasi bau apek di rambut, yakni dengan menggunakan baby powder atau bedak bayi. Wangi bedak bayi dipercaya cukup efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap pada rambut, sekaligus mengurangi minyak berlebih pada rambut yang bisa menyebabkan rambut lepek.


Caranya, kamu bisa menaburkan bedak bayi secukupnya ke kulit kepala dan helai rambut. Gosok-gosok menggunakan telapak tangan secara perlahan agar bedak merata dan terserap. Ini akan membuat rambut kamu terlihat lebih ber-volume dan tentunya tidak ada lagi bau apek pada rambut. 


8. Gunakan Sampo dengan Kandungan Parfum


Salah satu trik yang bisa kamu praktikkan untuk menghilangkan bau apek di rambut adalah dengan menggunakan sampo yang memiliki kandungan parfum. Produk dari Rejoice satu ini memiliki kandungan parfum lembut sepanjang hari.

Tak hanya membuat rambut terasa wangi dan bebas bau apek, namun produk satu ini menjaga agar setiap helaiannya senantiasa lembut. Keharuman peony yang diracik oleh ahli parfum internasional menjadikan aromanya begitu berkelas. Saat keramas, basahkan seluruh rambut, kemudian ambil produk Rejoice Parum Lembut lalu pijat dengan lembut dan bilas hingga bersih. 


(Baca Juga: Tiru 10 Model Rambut Top Knot Ala Idol Korea Agar Stylish)


Nah, itulah beberapa cara alami untuk menghilangkan bau apek di rambut yang bisa kamu coba di rumah. Mudah bukan? Bahan-bahannya pun tidak sulit untuk didapatkan dan harganya murah.



Hair & beauty