Hair & beauty

Kulitmu Sensitif? Yuk, Kenali 7 Ciri-Cirinya!

By : Her World Indonesia - 2023-04-27 17:10:02 Kulitmu Sensitif? Yuk, Kenali 7 Ciri-Cirinya!

Setiap orang, memiliki tipe kulit yang berbeda-beda. Nah, salah satu ciri kulit yang sering terjadi di kalangan wanita yakni kulit yang sensitif. Lalu, seperti apa sih kulit yang sensitif? Menurut dari beberapa sumber bahwa kulit yang sensitif merupakan kulit yang rentan mengalami iritasi setelah terpapar dari berbagai zat tertentu seperti paparan sinar matahari, suhu udara yang ekstrem, hingga kandungan pada produk kosmetik yang sedang kamu pakai.


Perlu kamu ketahui bahwa kulit yang sensitif sering timbulnya jerawat dan gatal. Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati dalam merawat kulit dan juga memilih produk seperti skincare dan kosmetik dengan kandungan yang aman seperti non-alcohol dan juga non-perfume. Sebelum itu, kamu harus kenali ciri-ciri kulit yang sensitif agar kamu bisa merawatnya dengan baik dan benar. Yuk, simak ulasannya.


1. Kering dan Bersisik


(Kulit sensitif akan terasa kering dan terlihat bersisik. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/ Pexels.com)


Ciri-ciri kulit sensitif akan terasa kering dan terlihat bersisik. Biasanya, kulit yang kering, memiliki kadar kelembapan yang cukup rendah sehingga kulitmu akan mudah kering dan juga bersisik. Akan lebih berbahaya, jika kulitmu terlupas. Hal ini akan memberikan rasa sakit yang luar biasa. Kamu juga harus menghindari udara panas atau dingin karena kulit yang sensitif akan mudah memburuk.


2. Timbulnya Ruam Merah

(Kulit yang sensitif akan timbul ruam merah seperti benjolan atau beruntusan. Foto: Dok. Yaroslav Shuraev/ Pexels.com)


Kulit yang sensitif akan timbul ruam merah seperti benjolan merah atau beruntusan. Tak perlu khawatir, biasanya ruam merah pada kulitmu akan memudar dengan sendirinya jika kamu menghindari zat yang memicu munculnya iritasi. Maka dari itu, kamu perlu mengenali tipe kulitmu agar kamu bisa langsung mengatasinya. Hindari produk kecantikan yang mengandung alkohol ya!


3. Sering Munculnya Jerawat

Ciri-ciri kulit sensitif lainnya yakni sering munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan bahwa kulit yang kering dan sensitif dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak yang berlebih. Selain itu, pori-pori kulitmu akan tersumbat akibat minyak yang berlebih dan mudah menjadi jerawat.


4. Terasa Terbakar Akibat Matahari

Kulit sensitif cenderung mudah terbakar saat kamu sedang terpapar sinar matahari, Lho! Biasanya, kamu akan merasakan sensasi panas yang berlebih hingga terbakar. Hal ini akan membuat kulitmu mudah terkelupas dan menjadi ruam merah. Maka dari itu, untuk kamu yang memiliki tipe kulit yang sensitif, kamu perlu menghindari kulitmu dari paparan sinar matahari secara langsung dengan gunakan sunscreen.


5. Gatal


(Selain ruam, kulit sensitif juga akan timbul rasa gatal akibat reaksi alergi dari kandungan pada produk. Foto: Dok. cottonbro studio/ Pexels.com)


Selain itu, kulit yang sensitif juga akan mudah gatal-gatal setelah membersihkan wajah. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan adanya reaksi alergi pada kulit akibat kandungan yang ada pada pembersih muka. Oleh karena itu, kulitmu akan terasa gatal dan juga panas. Jika memburuk, kamu dapat membilasnya dengan air hangat secukupnya hingga gatal-gatal hilang. Lalu, hindari garuk pada kulit yang gatal karena akan menyebabkan luka, infeksi, serta iritasi.


(Baca Juga: Kering & Iritasi, Kenali 5 Ciri Kulit Wajah Sensitif)


6. Cepat Bereaksi

Setelah kamu menggunakan berbagai macam produk kecantikan, kulit yang sensitif akan cepat bereaksi dengan menimbulkan alergi secara langsung. Biasanya, akan timbul dalam 10 menit setelah pemakaian. Kandungan yang langsung menimbulkan reaksi yaitu parfum. Fragrance atau parfum, biasanya sering menimbulkan reaksi yang cepat pada kulit. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan produk kecantikan yang tidak memiliki kandungan fragrance.


7. Kulit Kemerahan

Berbeda dengan ruam, kulit sensitif akan mengalami kemerahan seperti peronaan dan pembuluh darah yang melebar yakni telangiectasias. Perawatan yang ringan, dapat mengurangi kemerahan pada kulitmu. Terkadang, kulit kemerahan yang bertahan lama, juga perlu menggunakan perawatan laser melalui dokter.


(Baca Juga: 4 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Untuk Kulit Sensitif)


Maka dari itu, kamu perlu mengetahui tujuh ciri-ciri kulit yang sensitif. Selama kamu merawat kulit sensitif dengan baik dan benar, tentunya kulitmu akan menjadi lebih sehat. Kamu juga harus memastikan bahwa produk yang digunakan untuk kulitmu, tidak akan memicu reaksi yang berlebihan. Keep your skin healthy!


(Penulis: Sania Zelikha)


Hair & beauty