Sex & relationship

Ini 4 Solusi Untuk Keluar Dari Hubungan Tanpa Status

By : Her World Indonesia - 2023-04-26 19:00:01 Ini 4 Solusi Untuk Keluar Dari Hubungan Tanpa Status

Hubungan tanpa status (HTS) adalah fenomena yang sudah tidak asing lagi terjadi di zaman sekarangi. Ketika dua orang berada di dalam suatu hubungan, saling mencintai, tetapi tidak saling berkomitmen dalam sebuah status yang jelas. Sebenarnya ada beragam alasan yang menyebabkan sebuah pasangan memilih HTS, mungkin karena merasa hubungannya terlalu cepat, belum merasa sepenuhnya selesai dari masa lalu, dan masih banyak lagi.


Untuk beberapa orang, hubungan seperti ini terasa lebih menarik karena mereka dapat saling mencintai tanpa terikat dalam sebuah komitmen. Mereka tidak saling terikat dan bisa menjalani hubungan yang lebih bebas. Namun, tidak jarang hal itu tidak dirasakan oleh salah satu pasangannya karena hubungan terasa tidak jelas arahnya ke mana dan tujuannya apa. Lantas, apa yang harus dilakukan? Menurut beberapa sumber, berikut empat solusi untuk kamu yang ingin keluar dari hubungan tanpa status.


1. Tanyakan komitmen dan hubungan kalian


(Tanyakan komitmen pasanganmu dalam menjalani hubungan. Foto: Dok. Dmitriy Ganin/Pexels)


Pasti sering mendengar kalau solusi dari hubungan yang baik adalah komunikasi yang baik. Itu juga berlaku dalam HTS, untuk mendapat kejelasan, kamu perlu tanyakan dan pastikan status hubunganmu. Kamu bisa memulainya dengan bertanya pandangannya terkait posisi atau harapan dia dalam hubungan ini.


Jika dia menjawabnya dengan ragu atau kurang kejelasan, berarti kamu yang harus mengambil langkah yang lebih jelas dan pasti. Kamu arahkan hubungan ini mau dibawa ke mana dan dengan komitmen apa. Di sisi lain, mungkin ini waktunya kamu keluar dari hubungan tersebut karena mungkin bagi pasanganmu, mungkin dia tidak pernah menganggap hubungan ini serius.


(Baca Juga: Ciri Hubungan Tanpa Status)


2. Ungkapkan keinginanmu dalam hubungan


(Ungkapkan keinginanmu dan harapanmu kepada pasanganmu. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)


Kalau kamu sudah tau posisi hubungamu, kamu bisa mulai mengungkapkan hal-hal yang kamu inginkan dalam hubungan tersebut. Kamu bisa menjelaskan ekspektasimu kepadanya selama ini. Hal ini penting karena, jika kamu tidak pernah mengungkapkan keresahan atau harapanmu terhadapkan, dia tidak akan pernah tahu perasaan dan keinginanmu dalam hubungan ini.


Kamu bisa memulai dengan menjelaskan tujuan masa depanmu. Misalnya, kamu merasa sudah hidup cukup stabil dan merencanakan untuk menjalin hubungan yang serius. Hal-hal seperti itu mungkin dapat menyadarkan pasanganmu atau dirinya melakukan introspeksi diri untuk merenungkan hal-hal yang dia lakukan dan berikan padamu dalam hubungan ini.


3. Tentukan batas waktu terhadap hubungan


(Tentukan batas waktu hubunganmu dengan jelas agar kamu tidak buang-buang waktu pada hubungan yang tidak ada kejelasan. Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)


Jika setelah berbincang dengannya kamu merasa hubungan ini sudah tidak bisa dilanjutkan atau kurang kejelasan, hal yang kamu harus lakukan adalah mengambil langkah serius. Menghilangkan perasaan kepada orang yang kamu cintai tidak mungkin secepat itu. Maka itu, berilah dirimu batas waktu.


Beri waktu untuk dirimu dan pasanganmu berintrospeksi diri. Mungkin masih ada hal-hal yang ingin kalian bicarakan untuk menentukan kejelasan hubungan kalian. Namun, jika batas waktu tersebut sudah lewat dan kalian masih terperangkap dalam masalah yang sama, itu adalah pertanda untuk kamu meninggalkan orang tersebut. Tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin.


(Baca Juga: Cara Keluar Dari Hubungan Tanpa Status)


4. Buat batas hubungan yang jelas


(Jika keinginanmu dan pasanganmu sudah tidak sejalan, buatlah batas yang jelas antara kamu dan dia. Foto: Dok. Keira Burton/Pexels)


Selain memberi batasan waktu, setelah kamu selesai mengungkapkan hal yang terpendam, kamu juga perlu membuat batasan yang jelas dengan hubunganmu. Terutama, jika dia masih merasa nyaman untuk menjalani hubungan kalian seperti ini, tetapi kamu ingin sebaliknya. Berilah batas yang jelas pada hubungan kalian.


Bukan berarti kamu egois, tetapi memperjuangkan hubungan yang sepihak tidak akan membawamu kemana-mana. Dengan memberi batasan dirimu kepadanya, itu akan membuatmu lama-kelamaan terbiasa untuk menjalani hari-harimu tanpa dirinya. Walaupun kamu sayang dengan dirinya, jangan sampai kamu mengorbankan dirimu untuk orang lain.


Berikut empat cara yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari hubungan tanpa status. Ingat! Komunikasikan keinginanmu dan jangan merasa egois untuk mengungkapkan harapan dan tujuanmu. Jika hubungan tersebut sudah tidak bisa diperjuangkan, lebih baik kamu keluar dan tinggalkan dia.


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Sex & relationship