Ciri Hubungan Tanpa Status


  • Ciri Hubungan Tanpa Status
    Awas sakit hati, ini ciri hubungan tanpa status. (Foto: Dok. Daniel Xavier/Pexels)

    Fenomena hubungan tanpa status alias HTS rasanya sudah jadi sesuatu yang sangat wajar dan normal di masyarakat. Biasanya sih alasannya karena takut mengutarakan cinta atau belum siap berkomitmen sehingga tak sedikit orang yang memilih untuk menjalani hubungan tanpa status ini.


    Ironisnya, enggak sedikit juga lho orang yang terjebak dalam hubungan macam ini tanpa menyadarinya. Well, apakah kamu sedang berada dalam situasi ini? Simak ciri hubungan tanpa status berikut untuk mencari tahu.


    1. Anti membahas komitmen

    Ingat ya, hubungan yang serius itu biasanya memerlukan komitmen dari kedua belah pihak. Jadi, kalau pasanganmu enggak pernah bahkan kelihatannya anti banget untuk membahas soal komitmen, kamu wajib mempertanyakan kejelasan hubungan kalian. Apalagi kalau setiap kamu ingin membahasnya, si dia langsung menjawab dengan kalimat sakti, "Udah, jalanin aja dulu".

    Umumnya sih pasangan yang serius akan langsung paham ke mana sebuah hubungan harus dibawa. Kalau hubungan kalian memang serius, pasti punya satu tujuan yang pasti juga. Inilah kenapa alasan "menjalani dulu" bisa jadi rambu merah.


    (Baca Juga: Kenapa Pria Berbohong, Ini Jawabannya)


    2. Hanya sebatas fisik


    (Ciri hubungan tanpa status. Foto: Dok. Edward Eyer/Pexels)

    Memang bukan hal munafik saat seseorang menyatakan bahwa rasa cintanya juga dipengaruhi oleh fisik. Tapi biasanya sih itu hanya jadi pemanis di awal saja, bukan hal utama yang jadi prioritas dalam menjalani hubungan.

    Umumnya, hubungan yang serius akan mengedepankan hubungan emosional, sosial, bahkan spiritual yang memang jauh lebih penting dari sekadar fisik. Nah, kalau pasanganmu justru hanya mementingkan hubungan fisik saja, kamu wajib mempertanyakan keseriusannya dalam hubungan kalian. Bisa jadi kamu memang berada dalam hubungan tanpa status.

    Sebenarnya hal ini sih kembali lagi ke dirimu. Kalau kamu memang senang dan nyaman menjalaninya, sah-sah saja untuk meneruskannya. Tapi jangan harap, ya, si dia akan tiba-tiba "sadar" dan keluar dari siklus hubungan tanpa status ini.


    3. Hilang tanpa kabar


    (Ciri hubungan tanpa status. Foto: Dok. Ike Louie/Pexels)

    Salah satu ciri utama yang paling kuat dalam hubungan tanpa status adalah saat si dia sering menghilang tanpa kabar. Mungkin beberapa minggu pertama, komunikasi kalian bisa dibilang cukup intens. Tapi, si dia mendadak hilang tanpa kabar beberapa hari kemudian.

    Kamu enggak tahu kapan ia kembali atau ke mana ia pergi. Nah, dalam hubungan tanpa status seperti ini, kamu enggak bisa memaksanya untuk selalu meminta izin atau memberikan kabar. Tentu beda kalau kalian memang menjalani status pacaran yang serius.

    Wajar banget kalau kamu merasa resah dengan sikapnya yang seenaknya. Well, kalau ini yang terjadi, segera minta kejelasan dari pasangan daripada hatimu semakin sakit.


    4. Bertemu seperlunya

    Bisa dibilang ini masih berhubungan dengan poin di atas. Setelah lama menghilang tanpa kabar, si dia tiba-tiba datang menghampiri. Hatimu sudah kepalang senang, ternyata ia hanya membutuhkan dirimu untuk suatu keperluan. Setelah urusan tersebut usai, ia pun kembali menghilang dalam kegelapan.

    Mungkin ia datang karena perlu akan suatu hal penting, tapi bisa juga hanya karena sedang haus kasih sayang dan perhatian. Duh, males banget, bukan? Coba deh, kamu ingat lagi, seberapa sering pasanganmu melakukan hal ini?


    (Baca Juga: Cara Membuat Mantan Menyesal)


    5. Kamu selalu jadi pihak yang berusaha lebih

    Jika kita ingin memiliki hubungan yang sehat dan harmonis, kedua pihak di dalamnya harus sama-sama berkomitmen dan saling berusaha untuk membahagiakan satu sama lain. Nah, biasanya sih teori ini enggak akan bisa dipraktikkan dalam sebuah hubungan tanpa status. Berdasarkan pengalaman, umumnya hanya salah satu pihak saja yang memberikan effort lebih sedangkan pihak lain hanya menerima.

    Mungkin kamu enggak akan menyadarinya di awal hubungan, tapi percaya deh, lama-kelamaan kamu akan mulai merasa lelah. Lelah berjuang untuk orang yang mungkin tidak begitu menyayangimu.


    6. Kamu tak mengenal keluarga atau temannya


    (Ciri hubungan tanpa status. Foto: Dok. Keenan Constance/Pexels)

    Jika pasangan memang mencintaimu, pasti ia tak sabar untuk mengenalkanmu dengan orang-orang di dalam hidupnya. Berbeda dengan hubungan tanpa status yang biasanya lebih sering disembunyikan dari keluarga atau teman-temannya. Mungkin baginya, hubungan ini hanya sebatas main-main, jadi enggak perlu dibawa terlalu serius.

    Coba kamu pikir lagi, apakah ia sering membahas soal keluarga atau teman-temannya di hadapanmu? Atau justru selalu menghindar setiap topik tersebut dibicarakan?


    Nah, itulah beberapa ciri hubungan tanpa status yang wajib kamu ketahui. Pada akhirnya, hanya kamu yang bisa menentukan apakah kamu ingin mengakhiri hubungan itu atau tidak. Semoga berhasil!

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles