Life & health

Asal Indonesia, Ini 5 Jenis Jamu & Manfaatnya Bagi Kesehatan

By : Her World Indonesia - 2023-04-06 12:00:01 Asal Indonesia, Ini 5 Jenis Jamu & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sejak lama, jamu dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan ciri khasnya untuk kesehatan seperti membantu dalam menjaga daya tahan tubuh kamu. Biasanya, jamu sering dijual dengan cara digendong untuk menggambarkan budaya Indonesia. Jamu, sejak zaman nenek moyang, menjadi warisan yang perlu dijaga kelestariannya.

Nah, jamu juga memiliki peran yang berbeda di bidang kesehatan sehingga kamu perlu mengetahuinya. Berdasarkan dari beberapa sumber, bahwa salah satu peran dari jamu yakni dapat meningkatkan energi vital hingga melancarkan peredaran darahmu. Bermanfaat sekali ya! Maka dari itu, kamu perlu mengonsumsi jamu agar sehat. Lalu, apa saja jamu yang bermanfaat bagi kesehatan? Yuk, simak ulasannya.


1. Beras Kencur

(Jamu beras kencur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan seperti mencegah dan meredakan otot yang kaku, serta menghilangkan batuk. Foto: Dok. Vie Studio/ Pexels.com)


Biasanya, beras kencur sering diminum oleh kalangan remaja karena dapat mencegah dan meredakan otot yang kaku, serta menghilangkan batuk. Maka dari itu, bagi kamu yang menyukai olahraga, beras kencur dapat dikonsumsi setiap hari. Untuk bahan utama dari jamu beras kencur sendiri adalah kencur, jahe, dan padi.


2. Kunyit Asem


(Jenis jamu seperti kunyit asem, sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti menyegarkan tubuh dan meredakan nyeri haid. Foto: Dok. Marta Branco/ Pexels.com)


Pastinya, kamu sering mendengar jamu kunyit asem di berbagai tempat. Kunyit asem sendiri terdiri dari kunyit dan asam Jawa yang bermanfaat bagi kesehatan seperti menyegarkan tubuh. Untuk para wanita, jamu ini juga dapat meredakan nyeri haid, Lho! Untuk lebih nikmat, kamu dapat mengonsumsinya saat hangat.


3. Kudu Laos


Jenis jamu lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan yakni kudu laos. Jamu ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengatur siklus menstruasi sehingga cocok untuk wanita. Lalu, jamu ini memiliki bahan utamanya seperti mengkudu dan lengkuas. Minumlah saat kamu sedang haid.


(Baca Juga: Ini 11 Manfaat Berendam Air Hangat Untuk Kesehatan)


4. Cabe Puyang

(Cabe puyang dapat meredakan otot, persendian, serta meringankan demam, dan flu sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Foto: Dok. Repinka Cornelia/ Pexels.com)


Memiliki nama yang unik, jamu cabe puyang ini dapat meredakan nyeri otot dan persendian. Tak hanya itu, jamu ini juga bisa meringankan demam dan flu. Maka dari itu, jika kamu sedang tidak enak badan, kamu dapat mengonsumsinya saat panas atau hangat sehingga dapat menghangatkan tenggorokan saat demam. Cabe puyang ini dibuat dengan berbagai bahan seperti cabai Jawa, cengkeh, kunyit Jawa, dan temu hitam.


5. Pahitan


Untuk jamu pahitan, bisa membuatmu meredakan masalah pencernaan dan menambah nafsu makan. Lalu, pahitan juga dapat menghilangkan rasa gatal hingga mengurangi bau badan. Bahan yang digunakan juga terdiri dari brotowali, sambiloto, lengkuas, pulai, meniran hijau, cengkeh, temu hitam, dan temulawak.


(Baca Juga: Heavenly Blush Rayakan Hari Kesehatan Pencernaan Sedunia)


Inilah lima jenis jamu beserta manfaatnya bagi kesehatan. Selamat mencoba!


(Penulis: Sania Zelikha)


Life & health