Sex & relationship

4 Istilah Dalam Hubungan Asmara Yang Perlu Kamu Tahu

By : Vanessa Masli - 2023-04-04 10:00:01 4 Istilah Dalam Hubungan Asmara Yang Perlu Kamu Tahu

Dalam lingkup romansa, ada banyak kata maupun frasa yang bisa gambarkan berbagai aspek yang kamu alami saat menjalin hubungan asmara dengan pasangan. Mulai dari perasaan yang dialami saat masa PDKT hingga berbagai situasi atau fase dalam hubunganmu, termasuk masalah yang dihadapi.


Mungkin kamu enggak lagi asing dengan istilah ghosting, gaslighting, atau red flag yang jadi gambaran masalah dalam suatu hubungan. Namun, ada banyak istilah dalam hubungan asmara yang perlu kamu tahu dan sudah Her World rangkum beberapa diantaranya, jadi simak terus sampai akhir ya.


1. Breadcrumbing


Ibarat remah-remah roti yang ditaburkan, istilah breadcrumbing muncul untuk gambarkan seseorang yang gemar menebarkan kode pada lawan jenis. Perhatian-perhatian kecil yang diberikannya bisa membuatmu penasaran atau langsung tertarik, padahal sebenarnya dia belum tentu sepenuhnya serius ingin menjalin hubungan denganmu. Bisa jadi, dia menebarkan kode untuk menjawab rasa penasarannya saja.


2. Orbiting


Selain ghosting, ketika dia yang (seolah-olah) ingin jalin hubungan serius mendadak hilang tanpa, juga ada istilah orbiting. Mungkin kamu sudah sempat merasakan hubungan dengannya atau hampir sebelum tiba-tiba dia memutus kontak denganmu.


Namun, istilah yang secara harafiah berarti mengorbit itu menggambarkan dia yang sudah memutuskan hubungan denganmu masih sering menjalin komunikasi, entah melalui media sosial maupun chatting. Jadi, dia yang mengakhiri kontak tapi dia juga yang enggak bisa melepaskannya.



(Mantan yang kembali mengitari hidupmu. Foto: Dok. Charlotte May/Pexels)


(Baca Juga: 4 Red Flags Pada Pasangan Yang Enggak Bisa Kamu Abaikan)


3. Haunting


Istilah dalam hubungan asmara ini mungkin muncul saat kamu dan dia enggak lagi bersama. Dia yang sudah meraih gelar sebagai mantan dan kalian berdua sudah menjalani hidup masing-masing. Sampai mantan kekasih mulai ‘menghantui’ kehidupanmu lagi, itulah istilah haunting bisa muncul.


Mungkin dia mulai menghubungimu lagi, entah meninggalkan komentar di unggahan media sosialmu. Mungkin dia merasa lebih berani atau bahkan lebih percaya diri akan adanya peluang untuk mendekatimu, dia bisa mengajak ketemuan. Situasi haunting ini muncul dari satu sisi dengan maksud untuk memancing reaksimu saat dia kembali mendekat.


4. Stashing


Kalau kamu menjalin hubungan dengan seseorang tapi dia enggak mau ada satu orang terdekatnya pun yang tahu, itu dikenal sebagai stashing. Mungkin situasi ini enggak asing dalam hubungan, ketika salah satu pasangan masih merasa berat untuk mempublikasikan hubungan tersebut.


Ada banyak alasan mengapa dia memilih untuk stashing. Mungkin dia merasa ini masih tahapan awal dalam hubungan jadi biarkan kalian berdua saling mengenal tanpa interupsi, atau memang kamu jadi bahan permainannya atau sebenarnya dia menjadikanmu pelarian selagi menanti orang lain. Apapun alasannya, saat dia mulai stashing, mungkin kamu perlu menyiapkan hati.


(Baca Juga: 3 Tanda Orang Tua Enggak Merestui Hubunganmu, Apa Saja?)


Itu dia beberapa istilah dalam hubungan asmara yang kamu perlu tahu. Kira-kira ada istilah yang familier untukmu?


Sex & relationship